[Series Review] Riverdale Season 1 - Drama Remaja Klasik dengan Bumbu Misteri Pembunuhan

Foto: The CW
Skor IMDb: 8.2/10
Audience Score: 82%
Penayangan: 26 Jan - 11 Mei 2017
Kreator: Roberto Aguirre-Sacasa
Network: The CW
Episode: 13 Episode (45 Men.).
Genre: Crime, Drama, Mystery.
Rating: R(13+) Remaja

Kisah dalam serial ini adalah tentang sebuah kota, sebuah kota kecil serta para warga yang tinggal di kota itu. Dari kejauhan kota ini tampak mirip seperti kota-kota kecil yang lainnya di seluruh dunia, aman, layak ditinggali dan begitu tenang. Tapi jika dilihat lebih dekat, mulai tampak bayang-bayang kegelapan yang menyelimuti kota tersebut.


Cerita ini dimulai dari apa yang dilakukan oleh si kembar Blossom pada tanggal 4 Juli, sesaat setelah fajar di musim panas. Jason (Trevor Stines) dan Cheryl Blossom (Madelaine Spetch) pergi ke sungai Sweetwater untuk berdayung di pagi buta. Dan hal pasti berikutnya yang terjadi tidak begitu menyenangkan, Dilton Doiley, yang memimpin para Pandu Putra Riverdale menemukan Cheryl sedang duduk bersedih kedinginan saat sedang dalam ekspedisi pengamatan burung.

Menurut penuturan Cheryl, ketika mereka sedang berdayung di sungai sarung tangan miliknya jatuh dan Jason berusaha mengambilnya namun seketika sampan yang mereka naiki terjungkir, Jason yang panik tidak dapat menyelematkan dirinya sendiri dn tenggelam. Kepolisian Riverdale mencari-cari mayat Jason di sungai Sweetweater, namun mereka tak kunjung menemukannya. Hingga sepekan kemudian, keluarga Blossom mengubur peti yang kosong dan dinyatakan bahwa kematian Jason Blossom sebagai sebuah kecelakaan. Namun hal ini akhirnya ditepis, tatkala mayat Jason ditemukan dengan bekas luka tembakan tepat di tengkoraknya.

Kini Riverdale bukan kota yang sama seperti dulu lagi, yang tenang dan damai. Kini kota ini memiliki bayangan nan pekat serta rahasia yang begitu dalam yang menunggu untuk dikeluarkan.

Cerita berlanjut di SMA Riverdale, di awal masuk tahun ajaran baru dimana pembahasan tentang kematian Jason Blossom belum berakhir, mengingat dirinya adalah seorang murid paling populer di sekolah tersebut dan juga seorang anggota keluarga paling berpengaruh di kota tersebut, menyebabkan banyak orang yang akan dituduh sebagai tersangka atas pembunuhan Jason Blossom.

Archie Andrews (K.J. Apa), Betty Cooper (Lily Reinhart), Veronica Lodge (Camila Mendes) dan Jughead Jones (Coule Sprouse) serta teman-teman mereka yang lain yang penasaran akan kebenaran fakta dibalik kasus ini mulai memecahkan petunjuk-petunjuk serta misteri yang akan menuntun mereka kepada rahasia yang jauh terkubur di bawah permukaan kampung halaman mereka, Riverdale, yang kini telah jauh berbeda sejak kematian Jason Blossom. Meski akhirnya mereka harus menerima kenyataan bahwa orang-orang yang mereka cintai ikut menjadi tersangkut di dalamnya.

Kelebihan

Bumbu misteri yang penuh akan teka-teki dalam menentukan siapa pembunuhnya adalah sesuatu yang sangat menarik. Ketika kita sudah yakin menebak bahwa karakter inilah yang bersalah maka bersiaplah bahwa apa yang kita pilih tersebut adalah sebuah kesalahan. Sang kreator, Roberto Aguirre-Sacasa berhasil menuliskan episode-episode awalnya sebagai langkah kita untuk mengumpulan semua petunjuk, bukan untuk menentukan siapa pelakunya serta penutup episode yang terbilang cukup mengagumkan berkat plot twist-nya yang mind blowing.

Setiap pameran dalam serial ini juga berhasil menggambarkan peran mereka dengan begitu baik, setiap karakter yang ada memiliki peran mereka masing-masing dalam cerita ini. Seperti yang dikatakan bahwa ini adalah cerita tentang sebuah kota dan warga yang hidup di dalamnya adalah benar. Meski Archie Andrews memiliki peran ataupun porsi yang lebih dibandingkan dengan karakter yang lain, tidak menjadikannya sebagai toko sentral dalam serial ini, ia tampak seperti orang yang membimbing kepada petunjuk dari kematian Jason, bukan orang yang memecahkannya.

Banyaknya pertanyaan yang berseliweran di Internet yang menanyakan "Apa judul musik yang saya dengar di Riverdale?" menandakan kualitas penyajiannya terbilang baik. Narasi yang ada di awal dan akhir episode juga menambah list hal-hal menarik dalam serial ini. Narasi yang diambil dari novel yang ditulis Jughead terasa begitu hidup membuat kita menunggu-nungunya untuk mendengarkan narasi tersebut lagi dan lagi.

Kekurangan

Mulai dari pertengahan musim, 'Riverdale' mengalami masa surut kualitas, banyaknya hal yang terlalu melankolis dan drama yang biasa menurunkan kualitas cerita yang sebenarnya. Dan episode-episode ini membuat admin sendiri bertanya-tanya, serial ini makin lama makin seperti Romeo dan Juliet di zaman modern. Untungnya ketika mendekati klimaks, kualitasnya kembali naik jauh hingga menyentuh angka 9.0 di IMDb sendiri. 

Kesimpulan

Langsung saja, berikut penilaian kami mengenai Riverdale: Cerita dan alur (8.7), cast dan karakter (9.0), sinematografi (8.2), visual effect (-) dan sound editing (8.8). Sengaja visual effect tidak kami hitung disini, mengingat memang hampir tidak digunakan dalam serial ini. Dengan begitu rata-rata untuk 'Riverdale' adalah sebesar 8.7, menjadikannya sebagai salah satu dari sekian series terbaik yang pernah admin tonton. Oleh karena itu, jika kalian pecinta misteri ditambah dengan drama, 'Riverdale' adalah yang cocok untuk kalian.

Riverdale - Season 1 (8.7) 
⭐⭐⭐

(Bekaa/210218) 

Comments