[Anime Review] Durarara!! - Anime yang Akan Membuatmu Tampak Keren Jika Menontonnya

Gambar: Aniplex/ Brain's Base
Skor MAL: 8.29 (#245)
Perilisan: Musim Dingin 2010
Penayangan: 8 Jan. - 25 Jun. 2010
Side Story: Durarara!! Specials
Sekuel: Durarara!!x2 Shou
Studio: Brain's Base
Adaptasi: Light Novel
Jenis: Animasi TV
Episode: 24 Episode (24 men.)
Genre: Action, Mystery, Supernatureal.
Rating: D(18+) Dewasa

Durarara!!, anime ini mengambil latar di sebuah distrik pusat kota Tokyo, Ikebukuro. Di tengah banyaknya rumor aneh serta peringatan akan bahaya wilayah tersebut, keberadaan "Sang Pengendara Hitam" tanpa kepala adalah yang paling menonjol di antara semuanya. Ia yang konon selalu terlihat mengendarai sepeda motor hitam tanpa suara, melalui jalanan kota menjadikannya salah satu urban legend paling terkenal di kota ini.


Ceritanya sendiri berpusat pada Ryuugamine Mikado (Toyonaga Toshiyuki), seorang remaja yang selalu merindukan kesenangan hidup di perkotaan. Dan undangan dari teman masa kecilnya menambah keyakinannya untuk segera pindah ke Tokyo. Di hari pertamanya saja, banyak hal yang telah ia impikan selama ini terkabul, dan yang paling membuatnya senang tak lain adalah karena bertemu sang Pengendara Hitam di hari pertamanya di kota tersebut. Namun, ketika serangkain peristiwa supernatural mulai terjadi, ia harus merelakan kehidupannya sebagai warga biasa beserta para penduduk Ikebukuro yang beraneka ragam tercampur aduk dalam sebuah keributan yang terjadi di kota mereka.

Storyline

[AWAS SPOILER] - Untuk orang yang pertama kali menonton anime ini, mungkin akan menemukan sedikit kebingungan akan cerita yang ada. Kita sebagai penonton akan dibuat penasaran bahwa ini kisah apa sih? Apa hubungannya tiga orang anak SMA itu dengan semua yang terjadi di Ikebukuro ini. Yap, memang pada anime ini pacing di episode-episode awal ceritanya sangatlah lambat, sekitar 10 episode berlalu tanpa ada perkembangan yang berarti bagi inti cerita. Jadi, jikalau kita memang kurang niat untuk menontonnya atau memang kurang suka dengan genre seperti ini mungkin bakal drop di tengah jalan. Namun, jika kita bersabar dan terus mengikuti dengan baik episode yang ada, semua pertanyaan di dalam kepala kita akan terjawab dengan kualitas kisah yang semakin bertambah dan menakjubkan dari anime ini. 

3 serangkai penguasa Ikebukuro?

Selain itu, apa yang menarik dari anime ini sangatlah banyak menurut admin. Seperti plot yang maju mundur sehingga menghilangkan rasa bosan ketika menonton anime ini. Kita sebagai penonton juga dituntut untuk lebih teliti pada jalan cerita yang ada jika tidak ingin melewatkan detail-detail kecil ceritanya agar tidak bingung jika sewaktu perubahan alur ini terjadi. Dan yang paling mencengangkan dari semua itu adalah plot twist-nya, ini akan kami bahas lebih lanjut dibawah. Dan yang terakhir yang menarik bagi admin adalah narasi ceritanya, dengan Narator yang selalu berubah tiap episodenya, kita sebagai penonton diberikan pula dengan berbagai sudut pandang karakter tersebut yang sedang bernarasi, apa yang ada dalam pikiran Kida yang enerjik hingga Celty yang misterius serta tanggapan mereka dengan berbagai kejadian yang ada dapat kita ketahui berkat narasi yang menakjubkan ini.

Characters

Dari semua hal yang menakjubkan yang dapat admin temukan dari keseluruhan isi cerita 'Durarara', penokohan karakternya itu adalah yang paling sesuatu banget. Hubungan antar karakternya selain menakjubkan, juga begitu cerdas, hebat, profesional banget deh pokoknya. Semua karakter yang muncul di sini punya koneksi satu sama lain, hingga hampir tidak ada celah yang menutupi. Bagaimana Anri punya hubungan dengan pencurian kepala Celty, kepala Celty yang ujung-ujungnya ada di tangan Izaya hingga Izaya yang ternyata dulunya satu SMA dengan Shizuo dan Dotachin juga terbilang menakjubkan. Dan yap, untuk Izaya, dia ini adalah seseorang yang bukan karakter 'utama' namun memiliki pengaruh paling besar dalam keseluruhan cerita. Selain itu, karena karakternya yang selalu tampak keren menjadi alasan kenapa banyak anifans yang menjadikannya idola ketimbang karakter utama yang lain.

Chat room, daya tarik lain dari anime ini

Melanjutkan dari apa yang kami katakan sebelumnya, untuk plot twist. Pada awal cerita, siapa yang akan menyangka bahwa tiga orang anak SMA yang terlihat tidak memiliki pengaruh ternyata adalah pusat dari semua yang terjadi di Ikebukuro. Siapa yang ada dibalik Syal Kuning, Dollar dan Saika serta pengaruh Izaya dibalik semua itu tidak akan kita ketahui jika kita masih kurang menikmati anime ini hingga drop di tengah jalan. Belum lagi mengenai rahasia-rahasia lain yang disimpan oleh tiap karakternya ke karakter lain. Yaa, selain kepemimpinan  tiga grup besar tadi, ruang chat mereka itu adalah hal menarik lain bagi admin pribadi.

Art

Dengan lebih menonjolkan karakter yang sedang berperan dan membiarkan karakter figuran hanya dengan satu warna biasanya akan menjadi pedang bermata dua bagi anime-anime yang melakukan hal tersebut, bisa jadi hal ini adalah sesuatu yang baik bagi mereka atau hanya akan menurunkan kualitasnya, semua ini tergantung dari bagaimana anime itu dikemas. Dan yah, beruntungnya 'Durarara' adalah hal tersebut tidak menjadi masalah besar untuk mereka hadapi. Dengan cerita serta narasi yang sangat baik, kita sebagai penonton akan menganggap hal tersebut bukanlah suatu kesalahan yang besar, bahkan menjadikan kita lebih fokuss terhadap cerita yang ada.

Admin's Favorite Character

Lanjut ke desain karakter. Ada hal yang kami sayangkan di sini yaitu kenapa mereka rada-rada mirip sih. Potongan rambut yang sama, serta bentuk wajah yang begitu mirip banyak terjadi pada kerakternya. Sebagai contoh adalah desain dari Izaya dan Mikado, bagi awam mungkin mereka ini terlihat seperti saudara karena penampilan mereka yang hanya berbeda pada matanya saja. Dan yah, itu terjadi pada sebuah Doujinshi yang menceritakan bahwa Mikado adalah adik laki-laki dari Izaya. Namun, meski begitu, admin tidak dapat menyangkal bahwa desain karakter 'Durarara!' sangat keren dan menarik, tidak ada rasa bosan melihat karakter-karakternya. Dan ditambah dengan penggunaan warna pastel pada mata tiap karakternya yang tidak seperti anime-anime lain saat ini yang terlalu menonjolkan pewarnaan pada mata, cukup dengan hal tersebut penampilan karakternya saja sudah keren, dan jika ditambah dengan pewarnaan yang mencolok seperti pada mata Saika, ya sudah deh, membuat admin ini semakin jatuh cinta. Hahaha

Sound

Dengan tema gangster yang dibawakan anime ini, soundtrack yang dibawakan oleh beberapa Band Rock berhasil menjadi pelengkap yang menyatu dengan baik dengan keseluruhan inti cerita. Dan menurut admin pribadi, selain ending kedua anime ini, ketiga soundtrack yang lain sangat enak di telinga, jadi sayang jika menonton anime ini jika soundtrack-soundtrack di-skip begitu saja. Selain soundtrack, background music-nya juga tidak kalah bagusnya. Mulai dari yang suasananya gembira seperti saat Mikado pertama kali tiba di Ikebukuro, hingga suasan santai yang ditemani dengan alunan musik jazz adalah contoh yang paling menonjol dari hal ini, yah tentu saja untuk bgm adegan pertarungan tak kalah menarik.

Kesimpulan

Durarara!, adalah sebuah anime dengan jalan cerita yang keren tapi tidak semua orang bakal paham dan menikmatinya. Namun banyak difavoritkan oleh orang-orang, entah karena mereka memang paham akan makna dalam ceritanya, atau hanya sekedar ingin dibilang keren karena memiliki selera yang cukup tinggi dengan menonton anime ini, meski apa yang ia paham sedikit hanya terbatas pada karakter-karakter yang keren atau entahlah apapun itu.

Salah satu anime cameo, ada yang sudah nonton?
Hahaha, lupakan hal di atas. Durarara! memanglah tipe anime yang bisa disukai oleh semua orang, karena bagi admin sendiri ketika awal-awal menonton itu sulit rasanya untuk menikmati isi cerita. Namun, seperti yang kami katakan sebelumnya, kenikmatan ini akan terus bertambah seiring berjalannya cerita yang semakin berkembang tiap episodenya. Oh iya, banyaknya cameo anime-anime lain juga menjadi daya tarik tambahan bagi 'Durarara!'.

Dan langsung saja, berikut penilaian kami untuk 'Durarara!': Storyline (9.1), characters (9.7), art (8.8), sound (8.6) dan enjoyment (8.9). Dengan begitu nilai rata-rata yang didapatkan oleh anime ini sendiri adalah sebesar 9.0. Nilai yang sangat besar, dan tentu jika sudah begini, 'Durarara' menjadi salah satu dari anime-anime yang kami rekomendasikan. Segera masukin ke dalam watching list kalian! Terakhir, jika kalian punya pendapat tersendiri mengenai anime ini jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar yak!

Durarara! (9.0)
⭐⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/290618)

Comments