[Short Review] Durarara!!x2 Shou - Meski Agak Kurang dari Musim Pertama, Namun Tetap Memuaskan

Gambar: Aniplex USA/ Shuka
Skor MAL: 8.11
Anifanscore: 77% (222/288) - Menarik
Perilisan: Musim Dingin 2015
Penayangan: 10 Jan. - 25 Mar. 2015
Side Story: Durarara!!x2 Shou: Watashi no Kokoro wa Nabe Moyou
Prekuel: Durarara!!
Sekuel: Durarara!!x2 Ten
Studio: Shuka
Adaptasi: Light Novel
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 Episode (24 men.)
Rating: D(18+) Dewasa

Pasca meredanya berbagai peristiwa yang terjadi, Ikebukuro kembali sebagaimana biasanya, hal-hal aneh juga kini menjadi pemandangan umum di sekitar kota. Salah satu contohnya adalah aksi kejar-kejaran antara Celty Sturluson (Sawashiro Miyuki), sang Pengendara Tanpa Kepala dengan anggota kepolisian. Tak hanya polisi, berbagai anggota geng motor juga ikut mengincar Celty mengingat adanya bounty besar ketika berhasil menangkapnya. Sementara itu, Ryuugamine Mikado (Toyonaga Toshiyuki) mulai didekati oleh juniornya yang misterius, Aoba Kuronuma (Shimono Hiro), entah niat apa yang ada dibalik dirinya yang mengaku tahu identitas asli Mikado.


Namun ternyata, kedamaian yang didapatkan Ikebukuro hanya bersifat sementara, kini muncul ancaman baru berupa seorang pembunuh berantai yang dikenal dengan sebutan "Hollywood" dikarenakan topeng yang ia kenakan selalu berbeda di setiap aksinya. Karena berbagai peristiwa yang kini terjadi terbukti memiliki kaitan antara satu dan yang lain, Ikebukuro dilemparkan kembalik ke sebuah konflik lain yang membuat kota ini terancam kembali kepada kekacauan.

Review Singkat

[AWAS SPOILER] - Lebih dari 5 tahun untuk kembali dengan musim keduanya, Durarara!! masih mampu mempertahankan kualitas cerita yang menakjubkan bagi para penikmatnya. Tetap dengan timeline cerita yang berantakan namun dengan development yang luar biasa mampu menjadikannya sebuah senjata yang mampu meningkatkan hebatnya kisah yang diberikan bila dibandingkan dengan anime-anime lain. Pada cerita di musim keduanya ini, banyak hal yang terjadi yang berkembang dari sebelumnya, seperti Dollar, kini prinsip mereka akan kebebasan itu dipertaruhkan, karena hal tersebut telah menjadi dua sisi pedang yang sangat tajam yang cukup berbahaya bagi penggunanya. Dollar bisa saja menjadi sebuah perkumpulan rahasia yang banyak dikagumi orang-orang, namun dia juga dapat hanya menjadi seperti geng-geng jalanan lain yang hanya tampak seperti sampah masyarakat. Di sini pula kesadaran Ryuugamine akan Dollar diuji, apa yang akan dia lakukan untuk itu, apakah pilihannya ada sesuatu yang tepat atau hanya mencerminkan kegoblokannya semata? Entahlah...

Meski admin kurang suka Izaya, tapi untuk dua orang ini....

Dan lagi-lagi, tentu dalang dibalik semua ini tak lain adalah si Izaya sialan. Meski porsinya kali ini terlihat lebih sedikit, tetapi perannya sebagai pemicu kerusuhan memang tak bisa dianggap remeh. Berbeda dengan sang Sleepy Hollow kita, Celty aka. Pengendara Tanpa Kepala, fokus yang ia dapatan kali ini cukup banyak, ia banyak menjembatani hubungan ataupun interaksi para karakter antara yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, musim kali ini juga banyak kedatangan karakter-karakter baru yang memiliki peran cukup besar, dan tentu saja mereka-mereka ini berhasil didevelopt dengan sangat baik sehingga langsung terasa menyatu dengan cerita yang ada.

Masih ada beberapa hal kecil lain yang admin kagumi dari seri ini, seperti banyaknya referesensi ataupun cameo anime ataupun manga lain yang muncul di sini. Bahkkan Miyuki dari 'Mahouka Koukou no Rettousei' terpampang jelas di pintu mobil Togusa yang selalu menjadi rumah bagi Dotachin dkk. Satu lagi, adegan breaking the 4th wall yang dilakukan Shinra juga menjadi bumbu penyedap anime ini.

Shinra the 4th Wall Breaker

Namun, dengan berbagai kelebihan di atas, jika dibandingkan musim pertamanya, 'Durarara!!x2 Shou' ini agak kurang dari segi kualitas cerita ataupun animasi. Yap animasi, meski para staff dari studio Shuka tak jauh beda dengan Brain's Basse, tetap saja ada sebuah jurang yang memisahkan kualitasnya meski sudah dibuat semirip mungkin. Hal ini terlihat pada design karakternya yang kali ini tampak agak sedikit memanjang, khususnya pada adegan yang menyorot dari sudut pandang sedikit jauh, dan karena hal itu pula proporsionalnya pun jadi sedikit kacau dan kualitasnya agak menurun dibanding sebelumnya.

Kesimpulan

Pada intinya, 'Durarara!!x2 Shou' tetaplah sebuah sekuel anime yang sangat bagus. Kualitas cerita yang diberikanpun tak jauh beda dari seri pertamanya. Pengembangan cerita dan karakter benar-benar memuaskan, yah meski disayangkan kenapa cuman 12 episode. Karena endingnya itu benar-benar bikin nagih dan menuntut kita untuk terus melanjutkan ke musim berikutnya. Design karakternya tetap memanjaan mata, dan Erika tetap menjadi the best girl admin dari serial ini. Hahahaha...

Karisawa Erika, tetap menjadi karakter favorit admin

Baiklah, berikut penilaian admin untuk 'Durarara!!x2 Shou': Storyline (8.1), characters (7.9), art (8.3), sound (8.3) dan enjoyment (7.9). Dengan begitu rata-rata yang didapatkan sekuel ini adalah sebesar 8.1. Sama dengan skor MAL memang, yah intinya anime ini tetap admin rekomendasikan kepada kalian, khususnya bagi yang sudah menonton  musim pertamanya. Dan terakhir, jika kalian punya pendapat lain, jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar!

Durarara!!x2 Shou (8.1)
⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/080718)

Comments