[Anime Review] Asobi Asobase - Kenapa Nih Anime Konyol Banget Sih?

Gambar: Lerche

Judul Alternatif: Asobi Asobase: Workshop of Fun (Ekskul yang Menyenangkan)
Skor MAL: 8.24 (#285)
Anifanscore: 87% (279/321) - Terbaik!
Perilisan: Musim Panas 2018
Penayangan: 8 Jul. - 23 Sep. 2018
Sekuel: Asobi Asobase OVA
Other: Asobi Asobase Specials
Studio: Lerche
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 episode (23 men.)
Genre: Comedy, School.
Rating: R(13+) Remaja


Hanako (Kino Hina), seorang siswi yang aslinya pintar namun keras kepala dan memiliki selera mode yang aneh, sedang memainkan permainan tradisional dengan siswi transfer dari Amerika, Olivia (Nagae Rika). Keseruan mereka membuat teman sekelas mereka Kasumi (Nomura Kasumi) terganggu, ia tidak suka berbagai macam permainan karena selalu kalah dan diejek oleh kakaknya. Karena sangat buruk dalam bahasa Inggris, Kasumi terpaksa meminta Olivia untuk membantunya. Namun ternyata Olivia tidak bisa sama sekali berbahasa Inggris! Dan begitulah kisah keseruan tiga orang bersahabat ini yang penuh dengan canda tua.

Storyline

Kekocakan dan kekonyolan tumpah ruah meluber-meluber di anime yang rilis pada musim lalu ini. Pujian sebagai anime komedi sehat terbaik admin berikan deh untuk 'Asobi Asobase'. Nichijou versi kurus ini memiliki joke yang keterlaluan dengan bermacam-macam parodi yang kocak serta breaking 4th wall-nya yang juga kadang bikin guling-guling. Sedikit saran buat kalian yang mau menontonnya, mungkin sebaiknya dilakukan jauh dari orang-orang, karena ditakutkan jika kalian terlihat ketawa-ketawa sendiri sama orang lain nanti dikira gila lagi. Apalagi pada episode 10, pada arc Kasumi x Bencong Aozora, ini yang paling terbaek dan juara deh pokoknya, konyolnya terus-terusan, bikin perut sakit saking gak bisa nahan tawa liat mereka ini.

Mba Harley Quinn *eh Joker
Lagi, yang buat kami kagum ama ini anime selain komedinya adalah ketelitian dalam narasi cerita yang terkesan kuat meski secara keseluruhan ini adalah anime santai, contohnya saat kasus shogi yang laser beam itu, hal yang keliatan remeh ini ternyata udah disinggung pada episode sebelumnya yang mungkin sebagian orang tak sadar akan hal tersebut. Lalu ada pula penggunaan referensi berbagai tokoh dan istilah yang terlalu tinggi untuk sebuah anime, seperti 'Oscar Wilde', seorang sastrawan homo untuk menjelaskan genre yaoi, atau kelenjar Apokris untuk burket.

Namun ada sebuah gap yang agak mengganggu kami, jika mereka bertiga ini baru berteman sekarang (kelas 2 SMA), kalau begitu bagaimana keadaan mereka ketika masih kelas satu, mereka bertemannya dengan siapa, soalnya hal ini gak disinggung sama sekali?

Character

Cerita yang kuat pasti didukung dengan penokohan karakter yang kuat pula. Dan itu hampir terlihat di semua tokoh yang muncul di 'Asobi Asobase' ini, kepribadian yang sangat dalam serta tak terduga bisa membuat kita geleng-geleng kepala, ini bener anime komedi gak sih? Ada Kasumi yang diem-diem ternyata fujo lalu Olivia, bule jadi-jadian yang bau dan agak brocon serta Hanako, bocah tablo padahal aslinya pintar dan juga seorang putri keluarga kaya. Oh iya, gaya rambut yang selalu berubah-rubah di setiap ceritanya adalah hal menarik tersendiri pula pada anime satu ini.

Bule jadi-jadian yang punya banyak gaya rambut, sayang ketiaknya bau.

Karakter tambahan juga memiliki penokohan yang tak kalah baiknya, mereka bikin cerita tak terasa membosankan karena hanya itu-itu aja karakter yang ditampilkan. Ada si Wakil Ketua Osis dengan kepribadiannya yang gal banget, lalu si bencong Aozora yang misterius dan karakter Fujiwara yang merupakan reverse-nya si Olivia. Dan yang paling penting dari seluruh penokohan ini adalah ekspresi para karakternya itu loh, membantu banget untuk membuat perut ini terkocok-kocok.

Art

Jujur, menurut admin dari animasi, 'Asobi Asobase' belum bisa kami katakan baik. Cuman, hebatnya anime ini memiliki kesan tersendiri gitu. Style khas-nya yang terlihat seperti sedikit pudar itu benar-benar cocok banget sama ceritanya. Padahal awalnya admin agak pesimis dengan hal ini, namun ketika menontonnya rasa ini perlahan-lahan terangkat, tergantikan dengan kebahagiaan karena melihat kejenakaan dan kekonyolan cerita yang terpadu dengan baik berkat style-nya ini. Dan jangan lupa ekspresi para karakternya tadi, kebangetan banget memang gambarnya, membuat ini anime bukan lucu di cerita doang, tapi lucu di gambar-gambarnya juga.

Sound

Yang paling admin favoritkan nih, seiyuu aka pengisi suaranya pada keren-keren banget, Olivia dengan logat engrish yang agak-agak namun perubahannya ke logat Jepang asli bikin tercengang begitu, lalu si Hanako yang gaya bicaranya santai dan enak didengar banget, favorit admin banget ini, serta kasumi yang suaranya terkadang terdengar agak mendesah, hahaha. Nah, adalagi yang lebih hebat, perubahan nada dan gaya bicara pada keadaan tertentu seperti marah, kaget, kesel dan semacamnya itu lucu parah, para seiyuu bener-bener maximal effort banget meranin karakternya.

Untuk sound-effect-pun begitu, meski terkadang terkesan rada aneh, namun menarik dan pas banget gitu, luar biasa seperti pada penerapan suara gema, lalu bisa membuat komedinya menjadi lebih "terpacu", ngebantu untuk menonjok penonton lebih keras lagi sampai guling-gulingan nahan ketawa. Background-music-nya juga membantu, seperti pada perubahan yang terjadi menyesuaikan suasana, kondisi cerita atau karakter yang sedang ditampilkan.


Dan jangan lupakan soundtrack-nya, semuanya menarik dan enjoy listening banget. Opening-nya yang santai dan lembut berbanding terbalik dengan ending-nya yang nge-rock abezzz. Pokoknya gak boleh di-skip deh dua hal ini.

Kesimpulan

Kalian suka anime komedi dan juga anime bertema sekolah, mungkin 'Asobi Asobase' boleh dimasukkan ke dalam list anime kalian, menemani Nichijou, DKnN, D-Frag atau yang lainnya. Secara keseluruhan, anime ini benar-benar bikim kita ngakak dan terpingkal-pingkal dengan komedinya. Bahkan mereka seperti membuktikan bahwa gak perlu hal-hal berbau negatif untuk membuat sebuah joke yang pecah seperti yang dilakukan anime-anime lain.

Baiklah, berikut penilaian kami untuk anime 'Asobi Asobase' ini: Storyline (8.0) karena kedalaman dan ketilitian ceritanya yang bikin ngakak ini, character (8.3) berkat bagusnya developer yang diberikan, art (7.4) tidak istimewa memang, namun ini masih berciri khas, sound (8.7) karena maximal effort para seiyuu-nya dan enjoyment (8.5) dengan segala unsurnya yang membuat betah menikmati apa yang disajikan. Dengan begitu, nilai rata-ratanya adalah sebesar 8.2, sepemahaman lagi admin dengan MAL. Nah, dengan nilai segini tentulah 'Asobi Asobase' menjadi anime yang kami rekomendasikan untuk kalian tonton, sayang rasanya kalau melewatkan kejenakaan mereka begitu aja, bisa kecewa nanti.

Asobi Asobase (8.2)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/181118)

Comments

  1. Salah satu anime terlawak sepanjang masa menurut saya T_T

    ReplyDelete

Post a Comment