[Anime Review] Hataraku Saibou - Belajar Biologi Jadi Lebih Menyenangkan

Gambar: Aniplex of America, David Production
Skor MAL: 7.90 (#696)
Anifanscore: 91% (369/406) - Terbaik!
Perilisan: Musim Panas 2018
Penayangan: 8 Jul. - 30 Sep. 2018
Studio: David Production
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 13 Episode (23 men.)
Genre: Comedy, Shounen.
Rating: R(13+) Remaja


Ketahuilah, bahwa anime ini berkisah tentang diri kalian. Tentang segala apa yang terjadi di dalam tubuh kalian. Menurut sebuah penelitian baru, tubuh manusia terdiri dari sekitar 37 triliun sel. Sel-sel ini bekerja keras setiap hari di dunia yang merupakan tubuh kalian ini. Dari sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh hingga sel darah putih yang melawan bakteri, kenali para pahlawan tanpa tanda jasa dengan berbagai drama yang menyertai mereka ini di dalam diri kalian!

Storyline

Sebagai sebuah anime anthropomorfik pada tahun 2018 ini, 'Hataraku Saibou' boleh kami katakan yang terbaik dengan ceritanya yang menarik, cerdas serta begitu akurat. Hal ini terbukti dengan banyaknya pujian dan komentar positif dari berbagai dokter sungguhanan, entah itu di Youtube, Twitter atau media sosial lain. Lalu anime ini juga kami katakan menarik karena alur yang diberikan tidaklah membosankan, konflik yang selalu ada di hampir tiap episodenya menjadi sajian utama yang dihidangkan dengan sebaik mungkin, bahkan mampu merubah pandangan kita tentang bagaimana tubuh ini bekerja, atau bahkan kepada sel kanker yang merupakan penyakit yang menakakutkan bagi sebagian dari kita. Dan tentu saja ending ceritanya menjadi puncak dari semua konflik ini, kisah yang diberikan begitu luar biasa serta tak disangka-sangka dan mampu memberikan ketegangan kepada kita, para penonton.

Perubahan kondisi tubuh yang digambarkan dengan dramatis dan menarik pastinya.

Lalu, komedi yang merupakan salah satu genre utamanya juga ditampilkan dengan begitu baik, mampu membuat kita tersenyum dari awal hingga akhir cerita. Romantisme konyol para sel juga menjadi nilai tambah yang mampu membuat anime ini terasa lebih menghibur lagi, seperti melihat para sel yang malu-malu terhadap perasaan yang ada dalam dirinya salah satunya.

Character

Dari segi penokohan, seri ini cukup berhasil, setiap sel digambarkan dengan karakteristik tertentu yang berbeda antara satu dan lainnya. Cukup menarik, apalagi ciri khas tiap sel tergambarkan dengan jelas dengan penokohan yang hebat ini. Ada Kesshouban (Trombosit) yang kawai, Macrophage yang baik serta keibuan atau bahkan Sel Kanker yang kami sebut sebelumnya adalah beberapa contoh dari menarik dan hebatnya penokohan anime ini. Lalu kehadiran si Kohai pada episode 12 sebagai karakter tambahan juga berguna banget, selain membantu penjelasan berbagai cara kerja sistem sel di dalam tubuh, penokohannya juga sangat bagus, menambah hiburan dan juga pengertahuan.

Flashback menjadi salah satu aspek mengapa penokohannya terbilang baik

Namun sayangnya, untuk villain-villain kecilnya masih sangat kurang dalam penokohannya, dari sekian banyaknya bakteri, kuman atau sel penyakit lainnya hanya satu menarik, yaitu sel kanker tadi, selain itu tidak ada sama sekali yang berarti, yang masuk kenangan para penonton.

Art

Untuk sebuah anime yang memiliki ciri khas pada animasinya, maka 'Hataraku Saibou' masuk ke dalam salah satunya. Dengan gaya animasinya yang menarik ini kualitas animasi yang sebenarnya biasa saja, terlihat menjadi lebih bagus dan baik. Desain karakternya juga sangat pas, tiap-tiap sel digambarkan dengan ciri khas tersendiri yang berbeda antara satu sama lain, lalu dilengkapi dengan penokohan yang juga begitu, menjadi lebih sempurna bukan?

Kualitas biasa yang berciri khas

Dan sedikit tambahan, di anime ini banyak adegan yang memperlihatkan darah-darah berceceran, meski begitu bukan berarti ini adalah anime gore, bukan, anime ini masih aman ditonton sesuai dengan rating yang diberikan.

Sound

Dari segi sound effect ataupun background music, 'Hataraku Saibou' tidak memiliki hal istimewa di dalamnya, terkesan biasa dan dirasa cukuplah untuk kelas anime shounen yang diusungnya, tidak tampak kecacatan pada scene pertarungan yang dimunculkan di dalamnya. Namun, untuk soundtrack, 'Hataraku Saibou' adalah yang terbaik di musimnya. Entah itu opening maupun ending, semuanya enak banget untuk didengarkan, dan untuk opening-nya pun terasa sangat cocok untuk anime yang bertemakan pekerjaan ini.

Kesimpulan

Menjadi sebuah fenomena di musimnya, tentulah seri 'Hataraku Saibou' ini sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Apalagi jika kalian adalah pecinta anime-anime berjenis anthropomorfik atau sslice of life dunia kerja seperti 'Houseki no Kuni', 'Kentai Collection', 'Shirobako' atau mungkin 'Working'. Selain terhibur, dengan menonton anime ini juga memungkinkan kalian menjadi lebih tahu lagi tentang berbagai pengetahuan yang menyangkut anatomi tubuh manusia yang dengan cerita menarik yang tersajikan.

Dan untuk penilaian, inilah yang didapat 'Hataraku Saibou' dari kami: Storyline (8.0) karena ceritanya yang menarik serta akurat, character (7.2) karena cukup berhasil dengan penokohan yang diberikan, art (7.8) untuk coloring serta style-nya yang menarik, sound (7.3) untuk sundtrack-nya yang menarik serta enjoyment (8.5) karena mampu menghibur dari awal hingga akhir dan memiliki efek nagih tiap akhir episodenya. Dengan begitu nilai rata-rata yang diraih olehnya adalah sebesar 7.8. Dan tentu dengan nilai segitu, 'Hataraku Saibou' masuk kedalam anime yang kami rekomendasikan. Tonton segera, jangan dilewattkan!!

Hataraku Saibou (7.8)
⭐⭐⭐⭐


(Bekaa/011118)

Comments