[Short Review] Working'!! - Komedi Sedikit Lebih Asyik dari yang Pertama

Gambar: NIS America, A-1 Pictures

Skor MAL: 7.95 (#633)
Anifanscore: 83% (209/252) - Menarik
Perilisan: Musim Gugur 2011
Penayangan: -
Prekuel: Working!!
Sekuel: Working!!!
Studio: A-1 Pictures
Adaptasi: 4-koma Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 13 episode (24 men.)
Genre: ComedyRomanceSeinenSlice of Life.
Rating: R(13+) Remaja

Keseruan dan kehebohan dari berbagai insiden konyol kembali terjadi di Wagnaria. Selain ikatan persahabatan antar penghuninya yang semakin dalam, kini benih-benih cinta juga perasaan semakin bersemi. Orang-orang aneh baru-pun bergabung bersama keluarga restoran ini, ada Haruna (Iwao Junko), istri dari Otoo-san (Nakata Jouji) yang selalu hilang, kebiasaan anehnya ini membuatnya bisa tersesat hingga ke gorong-gorong saluran pembuangan, lalu juga ada Yamada Kirio (Hino Satoshi), kakak dari Aoi yang mampu menahan pukulan mematikan Inami-san (Fujita Saki) serta ada pula si kembar Mashiba Youhei (Nakamura Yuichi) dan Mitsuki (Tomatsu Haruka), dua orang berandalan bawahan Kyouko-san (Watanabe Kumiko).

Intinya, ketidak jelasan, kisah percintaan dan kegembiraan semuanya bercampur tersaji menjadi menu utama dari restoran keluarga Wagnaria!

Review Singkat

My Innocent Popura
Setelah musim sebelumnya yang kami anggap sedikit garing, musim keduanya ini berhasil menjadi pelipur lara dari rasa agak kecewanya kami itu. Kali ini ada peningkatan yang cukup dari segi ceritanya dan tentu komedinya. Jokes pada musim kedua ini feel-nya lebih dapat, tidak garing dari sebelumnya, narasi atau penyampaian yang lebih cerdasnya berhasil memaksimalkan komedi yang ada menjadi jauh lebih baik lagi. Membuat kita terpingkal-pingkal saking gak habis pikirnya akan kelakuan para karakter anime ini. Contohnya saja kesalah pahaman Nazuna dan kakak-kakaknya akan orang yang menjadi "kekasih" Souta, atau tentang cerita-cerita kecil namun dengan kekompleksitas yang lumayan sempurna seperti perut karet si manajer, Yamada yang selalu pengen dimanja dan juga si anak hilang pada episode 5.

My Favorite of Takanashi's Siblings

Dari segi penokohan juga, anime ini mengalami peningkatan. Seperti pada sinopsisnya, penambahan pasukan di keluarga Wagnaria membuat ceritanya lebih berwarna, karena dengan hadirnya mereka cerita menjadi lebih luas dengan penggalian sumber-sumber baru yang cukup menarik. Selain itu, tokoh-tokoh lama juga tidak ketinggalan kehilangan taringnya di sini, dan yang paling menonjol tentulah dari si Todoroki dan Takanashi, kekurang pekaan mereka di saat mereka yang menjadi pusat dari dua kisah romansa menjadikan kisah lebih seru dan hidup, komedinya juga terbawa disitu.

Untuk art, tidak banyak perubahan terjadi, selain pada desain Takanashi Izumi, kakak kedua Souta, desainnya kini tidak terlalu pucat seperti sebelumnya, dia terlihat lebih berwarna sekarang. Dan untuk sound, tetap enjoy listening seperti sebelumnya.

Kesimpulan

Karakter favorit admin bareng si Izumi
Jika musim pertama terasa belum cukup untuk menghibur kalian, maka sudah wajib untuk kalian melanjutkan kisah dari anime ini ke musim keduanya. Karena secara garis besar, musim kedua ini memiliki peningkatan dari segala segi ketimbang musim pertamanya, jadi sayang jika kalian hanya berhenti sampai di situ.

Dan untuk penilaian, berikut nilai dari kami untuk 'Working'!!': Storyline (7.5), character (7.4), art (7.0), sound (7.2) dan enjoyment (8.0). Dengan begitu, nilai rata-rata yang didapatkannya adalah sebesar 7.4, dan cukup dengan nilai segini untuk menjadikannya sebagai salah satu anime yang kami rekomendasikan, tentunya setelah kalian menonton musim pertamanya.

Working'!! (7.4)
⭐⭐⭐



(Bekaa/121118)

Comments