[Short Review] Boku no Hero Academia 3rd Season - Satu untuk Semua atau Semua untuk Satu

Gambar: Funimation, Bones

Skor MAL: 8.71 (#45)
Anifanscore: 91% (275/301) - Terbaik!
Perilisan: Musim Semi 2018
Penayangan: 7 Apr. - 29 Sep. 2018
Prekuel: Boku no Hero Academia 2nd Season
Side Story: Boku no Hero Academia the Movie: Futari no Hero
Sekuel: Boku no Hero Academia 4th Season
Studio: Bones
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Epiosode: 25 episode (23 men.)
Genre: Action, Comedy, School, Shounen, Super Power.
Rating: R(13+) Remaja


Melanjutkan kisah dari musim sebelumnya dimana Midoriya Izuku (Yamashita Daiki) seorang siswa dari SMA Yuhei, sekolah yang mendidik anak muridnya untuk menjadi pahlawan yang melawan para penjahat,  yang sedang bekerja keras untuk menggapai mimpinya untuk menjadi seseorang yang bisa menyelamatkan orang lain dengan senyuman. Di dunia yang sekitar 80% populasinya memiliki semacam kekuatan super yang sering disebut "Quirk".

Review Singkat

[AWAS SPOILER] - Sebagai sebuah anime shounen yang ceritanya tidak jauh dari perjuangan tokoh utama remaja dalam usahanya menggapai impiannya, tentu tidak ada yang istimewa dari cerita yang diberikan oleh 'Boku no Hero Academia', karena kita sudah banyak mendapatkan cerita yang sejenis. Namun apa yang membuatnya spesial adalah narasi-nya yang tidak terasa membosankan, tidak adanya filler yang mengganggu cerita utama dan langsung menonjok penonton dengan cerita-nya yang seru menjadikannya fenomena di awal kemunculannya, padahal konsep cerita itu tak asing, tapi banyak yang suka, hebat.

Tensi yang sudah tinggi meski di masih bagian awal cerita, fight scene-nya pun mantap 

Nah untuk musim ketiga ini bisa dibilang puncak dari 2 musim sebelumnya, karena di sinilah puncak pertarungan antar dalang dibalik Aliansi Villain dengan Simbol Perdamaian. Musim ketiga ini, kita disajikan pertarungan yang paling epik dari sebelum-sebelumnya, bahkan keseruan cerita sudah dimulai dari arc awal cerita. Perjuangan Deku dan teman-temannya, disajikan dengan begitu mantap, mungkin ini bagian yang paling admin favoritkan dari seri 'Boku no Hero', hampir semua karakter tambahan memiliki porsinya tersendiri. Penokohannya membuat kita menjadi lebih kenal bagaimana karakter tersebut tanpa ada satupun yang terasa dianak tirikan dalam cerita. Upgrade-upgrade kostum mereka yang keren-keren juga tidak boleh kita lewatkan. Lalu penambahan karakter-karakter baru yang dikembangkan dengan cukup baik boleh juga menjadi kelebihan bagi musim ketiganya ini.

Orang yang paling ditunggu kehadirannya dari musim sebelumnya

Dan yang paling penting dalam seri kali ini adalah penokohan karakter utamanya secara personal, mulai dari All Might dengan masa lalunya bersama sang guru serta musuh bebuyutannya One for All yang berhasil membuat kita paham tentang segala rahasia dibalik keadaannya sekarang ini, hingga ke sifat asli Bokugo. Ia yang selalu terlihat terlalu bersemangat dan hanya menampakkan sisi "marah"-nya saja ternyata memiliki sisi yang rentan, yang hampir tak seorang-pun pernah menyentuhnya. Mungkin bisa kami katakan bahwa musim ini menjadi musim terbaik bagi penokohan anime ini.

3 orang yang mencuri perhatian banget di akhir, menunggu aksi mereka di musim selanjutnya.

Untuk art dan animasi, Bones sudah ahlinya dalam anime aksi, penyajian yang maksimal pada tiap fight scene-nya tentu memberikan dampak penting bagi cerita dan kenikmatan kita sebagai penontonnya. Ditambah sound effect yang mumpuni, tiap-tiap fight scene terasa lebih hidup dan membuat kita lebih betah lagi menonton kelanjutan tiap episodenya. Untuk soundtrack-pun, 'Boku no Hero' selalu memiliki yang terbaik bagi seri-nya, bersemangat penuh berapi-api tiap opening-nya dan riang gembira pada ending-nya.

Kesimpulan

Sebagai pewaris legacy dari anime-anime shounen legendaris seperti Dragon Ball dan Naruto yang sudah menamatkan jalannya terlebih dahulu. 'Boku no Hero' memiliki semangat dan pengaruh yang sama kuat bagi penonton-penontonnya. Secara garis besar, ceritanya juga tak pernah membosankan dengan berbagai alasan seperti yang kami katakan di atas. Bagi kalian yang belum pernah menonton anime ini sebelumnya, mungkin sepatutnya kalian lakukan mulai dari sekarang. Cerita, penokohan, animasi, sound, semua terpadu menjadi satuan anime aksi yang sempurna dan gampang untuk dinikmati.

Dan berikut penilaian kami untuk 'Boku no Hero Academia 3rd Season' ini: Storyline (7.9) karena narasinya yang baik dengan cerita yang tak membosankan, character (8.4) untuk penokohannya yang digali cukup dalam dan lebih banyak di sini, art (8.2) kualitas animasi yang begitu baik dengan fight scene yang mempesona, sound (8.0) karena mampu membuat animasinya lebih hidup lagi dan enjoyment (7.8) meski tidak membosankan namun ceritanya masih kurang nagih. Dengan begitu, rata-rata yang diraih olehnya musim ketiga dari seri ini adalah sebesar 8.1, nilai yang besar. Dan dengan nilai ini maka sudah dipastikan kami merekomendasikannya untuk kalian tonton, dan tentunya setelah menonton seri pertama dan keduanya.

Boku no Hero Academia 3rd Academia (8.1)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/141118)

Comments