[Short Review] Shingeki no Kyojin Season 3 - Terkuaknya Berbagai Misteri dan Konspirasi

Gambar: Funimation, Wit Studio

Skor MAL: 8.53 (#92)
Anifanscore: 86% (351/409) - Terbaik!
Perilisan: Musim Panas 2018
Penayangan: 23 Jul. - 15 Okt. 2018
Prekuel: Shingeki no Kyojin Season 2
Sekuel: Shingeki no Kyojin Season 3 Part 2
Studio: Wit Studio
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 episode (23 men.)
Genre: Action, Drama, Fantasy, Military, Mystery, Shounen, Super Power.
Rating: D18+(Dewasa)


Setelah menjalani pertarungan habis-habisan melawan Titan Kolosal dan Titan Zirah, Eren (Kaji Yuki), Mikasa (Ishikawa Yui) dan rekan-rekan mereka lainnya di Pasukan Penyelidik dari kadet angkatan ke-104 kini bergabung ke regu pasukan khusus yang dibentuk oleh Levi untuk melindungi Eren dan Historia (Mikami Shiori). Tak lama berselang, Pastor Nick (Tomohisa Asao), sosok yang disebut-sebut menyimpan rahasia di balik dinding pelindung dan keluarga kerajaan, ditemukan tewas terbunuh di markas militer distrik Trost. Eren dan Historia ternyata juga diincar oleh regu Polisi Militer Interior Pertama yang melindungi pihak kerajaan. Apa yang sebenarnya terjadi?

[Kaori Nusantara]

Review Singkat

[AWAS SPOILER] - Musim ketiga ini bisa dibilang adalah musim dimana rahasia-rahasia mulai terungkap. Benih-benih misteri yang sudah mulai tumbuh di musim-musim sebelumnya kini mulai terkuak, mengungkapkan kebenaran yang sudah lama menjadi pertanyaan. Memang belum keseluruhan, masih banyak hal lain yang belum kita ketahui, namun tak dapat dipungkiri, musim ini banyak memberikan fakta-fakta yang cukup membuat kita tercengang.

Kehadiran Kenny juga merupakan sebuah awal yang baik

Untuk cerita, arc pertama kita diberikan sebuah konflik sipil, antar sesama anggota militer. Masalah politik yang timbul akibat kesenjangan kesejahteraan antar masyarakat yang hidup dalam tembok hingga bagaimana hubungan antar militer dan warga juga ada di sini. Sesuatu yang tak biasa untuk anime ini jika dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya. Namun itulah yang membuat musim ketiga ini tampak hebat dan menegangkan. Lalu pada arc kedua, konflik yang ada-pun semakin menjadi-jadi, segala aspek yang dibutuhkan untuk kisahnya mengakar kuat. Hal ini juga berhasil karena banyaknya misteri-mister yang terungkap tadi.

The Biggest Titan ever.

Karakter Rod Reiss mungkin yang dapat dikatakan sebagai kunci. Keberpihakannya yang tak jelas dan keegoisannya ini sesuatu banget. Namun, motivasi yang dimilikinya-pun terbilang tidak remeh. Memang sih, karakter ini terlihat agak nyampah, namun saat berubah ke sosok titannya, paradigma kami berubah. Bentuk titan-nya yang melebihi Titan Kolosal, serta keganasannya bikin mata terbelalak, saking tak percayanya kami akan sosoknya ini.

Konflik antar karakter pada musim ini juga sangat kuat, seperti Levi dengan Kenny atau Rod Reiss dengan Historia. Dan akar yang kuat ini tidak akan ada kecuali dengan penggalian latar belakang karakter yang kuat pula. Ini yang kami bilang misteri-mister itu tadi, mulai dari masa lalu Historia Reiss, asal usul keluarga Ackerman hingga Eren, ayahnya dan bagaimana dia mendapatkan kekuatannya.

New Queen, penutup yang cukup bagus untuk part pertama musim ketiganya ini.

Untuk kualitas animasi, jangan ditanya, mengagumkan. Tetap dengan gayanya yang khas, tiap-tiap frame-nya dianimasikan dengan sangat halus. Scene saat para karakternya mengenakan manuver 3D tetaplah menjadi yang paling memorable, belum lagi ditambah fight scene di saat yang sama. Untuk soundtrack-pun kembali dengan musik rock-nya yang menggetarkan. Meski openingnya bukan dengan rock yang keras, dan banyak orang yang di luar sana protes, tapi bagi kami tidak, opening-nya ini terlihat sesuai dengan cerita yang ada, sesuatu yang baru dan berhasil.

Kesimpulan

Dengan ceritanya yang cukup kompleks serta pembangunan karakter dan latar yang sedemikian rupa, maka wajar jika Shingeki no Kyojin masuk kedalam anime terpopuler pilihan para penonton. Dan hal ini-pun terbukti pada musim ketiganya ini. 12 episodenya berasa terlalu cepat meski ditunggu tiap minggu untuk episode terbarunya. Keseruan, ketegangan dan kompleksitas cerita menjadi alasan utama. Bikin nagih, mungkin itu yang dapat kami katakan untuk seri ini.

Untuk penilaian, berikut dari kami untuk 'Shingeki no Kyojin Season 3' ini: storyline (8.5), character (8.6), art (8.7), sound (8.3) dan enjoyment (8.8). Dengan begitu, nilai rata-rata yang didapatkannya adalah sebesar 8.6. Terbaik, masuk ke kategori tersebut. Tentulah kami sangat merekomendasikan anime ini. Ditonton? Harus, sayang sekali jika kalian belum pernah menonton anime ini satu episode-pun.

Shingeki no Kyojin Season 3 (8.6)
⭐⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/281118)

Comments