[Anime Review] Sora yori mo Tooi Basho - Anime Petualangan dengan Ceritanya yang Kuat dan Menyentuh

Gambar: Madhouse

Judul Alternatif: A Place Further Than The Universe (Tempat yang Lebih Jauh dari Alam Semesta)
Skor MAL: 8.61 (#71)
Anifanscore: 79% (172/218) - Menarik
Perilisan: Musim Dingin 2018
Penayangan: 2 Jan. - 27 Mar. 2018
Studio: Madhouse
Adaptasi: Original
Jenis: Animasi TV
Episode: 13 episode (23 men.)
Genre: Adventure, Seinen.
Rating: R(13+) Remaja

Karena rasa ingin tahu yang luar biasa akan dunia di sekelilingnya, Tamaki Mari (Minase Inori), seorang gadis yang selalu memimpikan tentang sesuatu yang lebih jauh dari alam semesta ini. Namun, meski didorong oleh rasa penasaran yang besar tadi, ketakutan, kecemasan serta keterbatasan pengetahuan tentang petualangan membuat dirinya selalu menahan segala keinginannya tersebut. Tapi sekarang, di saat dia sudah menginjak kelas dua SMA, Mari menjadi lebih bertekad dan tidak ingin membiarkan masa mudanya sia-sia, tapi tetap saja rasa takutnya mencegahnya untuk bertindak. Sampai suatu saat dia bertemu dengan seorang gadis aneh bermimpi besar yang memberikannya sebuah kesempatan.


Kobuchizawa Shirase (Hanazawa Kana) namanya, didorong akan rasa kehilangan ibunya membuatnya selalu bekerja keras agar dapat pergi ke Antartika. Meskipun ia selalu diejek dan dihina semua orang, tekad shirase untuk menemukan ibunya di tempat yang lebih jauh dari alam semesta ini tidaklah pudar. Dan hal inilah yang Mari terinspirasi, semakin bersemangat dan ikut bergabung bersamanya. Tindakan mereka inipun akhirnya menarik perhatian Miyake Hinata (Iguchi Yuka), gadis yang selalu ingin terlihat menonjol dan juga Shiraishi Yuzuki (Hayami Saori), seorang gadis sopan dengan latar belakang yang tak terduga. Bersama-sama, mereka berlayar menuju ujung selatan dunia yang beku...

Storyline

[AWAS SPOILER] - Ingin menemukan arti dari sebuah petualangan dan pertemanan secara mendalam, 'Sora yori' adalah jawabannya. Berbentuk slice of life, anime petualangan ini memiliki narasi santai yang begitu baik dan menarik dan juga memiliki fokus yang berbeda tiap episodenya, jadi tidak terlalu membuat bosan meski seharusnya tampak begitu. SoL yang menarik ini juga memiliki sisi komedi yang lumayan ngena, joke-nya pas dan membuat kita semakin terhibur, tingkah laku 4 orang gadis SMA ini akan membuat kita terbahak-bahak. Oh iya, disini kita juga punya kesempatan sedikit mempelajari ilmu bumi loh.

Persahabatan yang dimulai dari tujuan yang sama

Namun, hal-hal di atas bukan satu-satunya yang menjadi alasan penting mengapa 'Sora yori' merupakan salah satu anime menarik pada tahun ini. Hal lain itu apalagi kalau bukan tentang perjuangan mereka untuk pergi ke Antartika dengan saling bahu membahu satu sama lain. Meski berbagai macam rintangan muncul dihadapan mereka hingga tujuan sebenarnya dari ekspedisi yang ditutup-tutupin oleh orang dewasa dari mereka, usaha mereka yang tak kenal menyerah untuk tetap pergi ke ujung dunia ini akan mempengaruhi kita.

Pertemanan yang ditampilkan disini juga menjadi faktor penting yang mempengaruhi petualangan mereka serta cerita itu sendiri. Dimulai dengan momen pertemuan di antara mereka berempat yang hancur banget, konyol dan pas aja begitu. Meski mereka baru saling bertemu, namun karena memiliki tempat tujuan yang sama, membuat hubungan mereka ini begitu erat. Arti pertemanan yang dikatakan Kimari-pun juga menyentuh, kutipannya ini sesuatu banget, membuat kita berpikir akan diri kita sendiri. Pertemanan ini juga tak terbatas pada 4 orang gadis tadi, pertemanan si Kimari dengan temannya Megumi juga tak kalah mengena-nya.

"Meskipun kita tidak bersama, kita tetap bisa bersama."
- Kimari

Selain pertemanan, kekeluargaan juga kunci penting dalam anime ini. Jika tidak ada hubungan kekeluargaan yang kuat, mungkin cerita dalam anime ini tidak terbangun. Seperti kita tahu, bahwa kunci dari perjalanan ini adalah Shirase, andaikata dia tidak memiliki perasaan yang kuat kepada ibunya, 3 gadis lain tadi mungkin tidak akan menginjakkan kakinya di tempat yang lebih jauh dari alam semesta. Dan yah, seperti kita tahu, adegan ribuan pesan tak terbalas, adegan yang sudah dibangun dari awal cerita ini akan menguras air mata kita sekena-kenanya.

Character

Untuk hubungan ataupun interaksi antar karakternya seperti yang kami sudah jelaskan, sangat-sangat baik, karena ini yang menjadi bintang utama yang membuat 'Sori yori' menarik. Dan untuk penokohan juga tak jauh beda, sama bagusnya, hampir setiap karakter memiliki kepribadian yang kompleks yang digambarkan dengan sangat rasional, jujur apa adanya. Contohnya saja tentang sikap Megumin, meski terlihat lebay tapi sikapnya ini cukup masuk akal, lalu para karakter orang dewasa juga begitu, tentang alis gak adalah terus istilah gadis legal-lah dan yang lainnya.

Keceriaan mereka bersama yang menghibur

Untuk kekompleks-kan tadi, bisa kita lihat dari 4 karakter utamanya yang diceritakan dengan keren dan juga konyol. Dimulai dari Kimari, karakter yang paling pertama kali diperlihatkan ini sebenarnya agak tidak berguna alias useless, namun keberadaannya yang selalu memberi aura dan kesan positif ke teman-temannya yang lain membuatnya terlihat dibutuhkan di sini. Lalu Shirase, sebagian besarnya mungkin sudah terjelaskan tadi, selain tentang sifat lalai dan konyolnya hingga lupa saat memaksa menggunakan uang Yen di Singapura. Berikutnya Hinata, dia mungkin yang paling kompleks, orang yang selalu pura-pura kuat, pura-pura bahagia, tetapi pada kenyataannya dialah yang memiliki alasan yang paling menyedihkan di antara 3 orang lain. Dan yang terakhir si Yuzuki, si polos yang penuh akan drama pertemannya yang membuatnya patut dikasihani.

Art

Terlihat lumayan bagus dengan kualitas animasinya yang memukau, 'Sora yori' juga memiliki detail yang cukup untuk menggambarkan keseluruhan latar dan setiingnya. CG yang dimilikinya pun tak begitu buruk, penggambaran kapal ekspekdisi dari jarak jauh sudah lumayan bagus. Desain karakter yang dimilikinya juga memiliki ciri khas dari anime-anime lain. Melihatnya saja sudah sedikit lucu dan menarik, terlebih pada adegan saat karakternya menangis, air matanya yang digambarkan se-anime mungkin itu lucu banget. Yah meski begitu ada saja yang digambarkan tak terlalu jauh beda dari kebanyakan, terlebih pada karakter pria-nya.

Sound

Yang terbaik pada segi ini mungkin ada pada para voice actress-nya, diisi oleh beberapa nama besar seperti Kana Hanazawa atau Inori Minase. Siapa yang tak kenal mereka berdua? Setiap karakternya benar-benar diperankan semaksimal mungkin, dialek pada karakter-karakternya sebagai contoh. Pada intinya semua seiyuu-seiyuu ini, memerankannya dengan sangat pas, cocok juga konyol banget. Untuk sfx sama bgm, mungkin tidak terlalu menonjol, tapi secara keseluruhan ini cukup baik. Begitu pula soundtrack-nya yang juga enjoy listening, yang membuat waktu kita tidak terlalu terbuang percuma aat tidak melewati begitu saja opening atau ending-nya.

Kesimpulan

Mewakilkan anime sebagai salah sati dari 10 tontonan terbaik versi majalah NY Times tentu menjadi pencapaian terbesar 'Sora yori'. Dan ini tentunya tak akan terjadi jika cerita yang dimilikinya pas-pasan tanpa ada suatu pengaruh besar kepada penontonnya. Meski terlihat santai, anime ini memang memiliki kualitas cerita yang begitu hebat dan begitu dalam yang mana tak akan membuat kita bosan untuk terus menontonnya. Jadi jika kalian belum pernah menontonnya, jangan pernah ragu untuk memulai, sangat sayang anime ini untuk dilewatkan.


Penilaian dari kamin sendiri adalah sebagai berikut: storyline (8.5) dengan petualangan yang memukau dan menyentuh, character (8.6) karena kekompleksitas yang cukup realistis yang dimilikinya, art (7.8) cukup baik di CG dan desain karakternya, sound (8.3) dengan para seiyuu-nya yang memukau serta enjoyment (7.9) cukup bagus untuk mengisi waku kosong. Dengan begitu, rata-rata yang diperolehnya adalah sebesar 8.2. Tanpa nilai ini-pun sebenarnya sudah kami rekomendasikan anime ini kepada kalian.

Sora yori mo Tooi Basho (8.2)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/131218)

Comments