[Anime Review] SSSS.Gridman - Sepupunya Ultraman yang Nyasar di Anime

Gambar: Funimation, Trigger

Skor MAL: 7.50 (#1699)
Anifanscore: 78% (402/516) - Menarik
Perilisan: Musim Gugur 2018
Penayangan: 7 Okt. - 23 Des. 2018
Studio: Trigger
Adaptasi: Original
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 episode (23 men.)
Genre: Action, Sci-Fi, Mecha.
Rating: R(13+) Remaja


"Kau tidak sendirian, kapanpun itu..."

Hibiki Yuuta (Hirose Yuuya), seorang siswa kelas satu SMA yang tinggal di Tsutsujidai terbangun di suatu hari tanpa mengingat apapun akan dirinya. Kejadian ini membawa Yuuta bertemu dengan Hyper Agent GRIDMAN yang muncul di dalam sebuah komputer tua. GRIDMAN memberitahu Yuuta untuk membantunya dalam menyelesaikan tujuanya. Dengan bantuan dari teman-teman sekelasnya, Utsumi Shou (Saitou Souma), Takarada Rikka (Miyamoto Yume), dan Shinjou Akane (Ueda Reina), tugas Yuuta untuk memahami makna di balik kata-kata GRIDMAN serta menemukan kembali ingatannya-pun dimulai. Tetapi...

Tiba-tiba saja hari-hari yang semulanya damai dan tentram ini hancur tanpa ampun ketika seekor monster muncul secara misterius.

Storyline

Hal yang paling mendasar yang membedakan antara serial anime dengan live-action SSSS.Gridman mungkin terletak pada keluwesan cerita serta visualnya, kekakuan yang terkadang kita temukan pada serial-serial live-action-nya Tsuburaya tidak kita temukan di sini. Seperti halnya kelebihan sebuah anime, segala macam khayalan tertuang dengan baik tanpa adanya rasa gap yang memisahkan antara fantasi dan realita. Berbagai macam aksi yang disuguhkannya terbilang lumayan seru, dengan kaiju-nya yang cukup variatif yang selalu berbeda tiap episodenya sebagaimana juga yang muncul pada Ultra Series membuat anime ini terlihat cukup epik, terlebih pada pertarungan melawan bos terakhir.

Sepupunya Ultraman yang nyasar jadi Anime

Oh iya, untuk sebuah anime aksi yang sedikit berlatar sekolah, 'SSSS.Gridman' bisa dibilang baik untuk penempatannya, kesannya terasa entah itu dari pergaulan karakternya yang terasa hangat atau yang lainnya. Dan lagi, endingnya yang paling akhir, itu sesuatu banget.

Namun sayangnya seri ini juga memiliki berbagai macam kekurangan dan juga plot hole pada ceritanya. Mulai dari penjelasan akan kotanya yang sedikit masih terasa kurang, lalu fungsi sebenarnya komputer tua Gridman, bagaimana ia bekerja dan bisa mengubah sesuatu yang digital menjadi wujud fisik yang bahkan belum dijelaskan sama sekali hingga berbagai macam penokohan yang sangat kurang yang akan kami jelaskan kemudian. Semua ini tampak membuat kita sebagai penonton harus menyimpulkannya sendiri atau setidaknya ada musim lanjutan yang menjelaskan akan hal-hal tersebut.

Character

Mungkin ini bagian yang paling kurang dari 'SSSS.Gridman', penokohannya masih belum bisa dibilang baik dengan berbagai macam kekurangan yang didapati pada karakter-karakternya. Seperti halnya Akane, dia mungkin yang paling menonjol, terlihat cukup baik di awal dengan muka dua yang dimilikinya namun makin ke sini penokohannya semakin hancur, dimulai dari saat terkuaknya identitas aslinya sebagai tuhan alias musuh utama yang menjadi penyebab hancurnya kota akibat para kaiju yang bemunculan, yang mana sikap-sikap para protagonistnya itu terkesan sangat bodoh, mereka hanya membiarkannya begitu saja tanpa mengambil suatu tindakan yang pasti. Sikap yang diperlihatkan Rikka untuk lebih melindunginya sebagai teman, yang sebenarnya bagus dan bahkan menjadi senjata utama juga memiliki eksekusi yang agak jelek, terlalu dibuat-buat dan terkesan setengah-setengah. Masih banyak yang perlu dijelaskan sebenarnya dari Akane ini, mulai dari konsep 'tuhan' sebenarnya di sini, lalu hubungan sebenarnya dia dengan Alexis dan ending paling akhir itu.

Asal-usul mereka juga masih menjadi pertanyaan

Selain Akane, karakter-karakter lain juga memiliki penokohan yang tak jauh lebih baik dari dia. Seperti Utsumi yang dari keseluruhan cerita terlihat gak ngapa-ngapain atau Rikka yang merupakan karakter kunci namun tampak seperti pemanis doang. Penokohan Anti alias Gridknight juga begitu, mulai dari bagaimana dia yang berbeda dengan kaiju-kaiju lain tercipta hingga motivasinya untuk membantu Gridknight yang terlalu simpel dan sederhana. Dan terakhir, Kaiju Girl, siapa dia? (Butuh season 2)

Art

Apa di sini ada yang tak suka Rikka, pemanis pada seri ini?
Bertema mecha maka hal yang paling penting dalam animasi seri ini adalah kualitas penggambaran pada sosok raksasa yang muncul di dalamnya, entah itu robot, kaiju ataupun sosok raksasa yang lain. Dan di sini, Gridman digambarkan dengan sangat apik, mulai dari desain yang lebih artistik dari seri live-action-nya ataupun koreo pertarungannya yang begitu mulus seperti apa yang sudah kami katakan sebelumnya. Kaiju-kaiju yang variatif juga memiliki desain yang sangat baik dengan 3DCG yang mumpuni. Untuk desain karakter manusianya-pun begitu, bahkan sangat baik boleh dibilang. Terlihat sendiri dari bagaimana 2 heroine utama serial ini langsung melejit tatkala animenya baru saja dirilis, gaya dan kepribadian mereka yang tampak bertentangan terbilang berhasil untuk mencuri perhatian para fans. Belum lagi yang Trigger lakukan pada mata karakternya itu, wow, sesuatu banget.

Sound

Sama halnya dengan kualitas animasinya, kualitas suara anime ini juga terbilang sangat bagus. Sfx mampu membuat pertarungan antara Gridman dengan Kaiju lebih terasa. Gedung yang hancur, suara injakan kaki para raksasa hingga laser beam-nya, semuanya dihasilkan dengan cukup maksimal. Hal lain yang menarik dari seri ini juga terletak pada obrolan para karakternya yang tidak monoton dua arah saja, terkadang ada yang hanya menjadi latar dengan efek suara jauh atau efek terpatah-patah kayak youtuber indo. Selain itu, untuk soundtrack juga lumayan, opening-nya bahkan menggambarkan semangat Aliansi Gridman dengan baik.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Gridman adalah anime yang sangat menarik dengan cerita ala tokusatsu namun lebih luwes lagi karena khayalannya yang tampak tidak terlalu dipaksakan. Meski memang masih ada kekurangan di sana sini namun hal itu masih bisa diwajarkan karena episodenya yang terbatas. Desain karakter yang memanjakan mata serta animasi Gridman yang keren tidak boleh kita lewatkan begitu saja. Maka dari itu, boleh kami bilang 'SSSS.Gridman' adalah anime musim gugur 2018 yang wajib untuk kalian tonton dengan segera.

Untuk nilai, berikut dari kami untuk 'SSSS.Gridman': storyline (7.6) karena cukup menarik meski ada yang terasa kurang, character (6.5)  karena kurang banget dan masih butuh penjelasan lebih, art (8.7) untuk desain karakter yang wow, sound (7.9) karena mampu menghidupkan suasana pertarungan dan enjoyment (8.4) karena lumayan enak dan seru untuk diikuti tiap episodenya, sedikit bikin nagih. Dengan begitu nilai rata-rata yang diperoleh oleh anime ini adalah sebesar 7.8, dengan nilai segini sudah cukup bagi kami untuk memasukkannya ke dalam anime yang kami rekomendasikan. Jadi, tunggu apalagi, ayo tonton!

Punya penilaian lain mengenai anime ini, jangan lupa untuk meninggal komentar di bawah yak!

SSSS.Gridman (7.8)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/281218)

Comments