[Anime Review] Irozuku Sekai no Ashita kara - Drama Romansa Berbumbu Sihir dan Time Travel yang Penuh Warna

P.A. Works

Judul Alternatif: Iroduku: The World in Colors (Iroduku: Dunia dalam Warna)
Skor MAL: 7.68 (#1162)
Anifanscore: 81% (459/565) - Menarik
Perilisan: Musim Gugur 2018
Penayangan: 6 Okt. - 29 Des. 2018
Studio: P.A. Works
Adaptasi: Original
Jenis: Animasi TV
Episode: 13 episode (24 men.)
Genre: Drama, Magic, Romance.
Rating: R(13+) Remaja


Berlatarkan kota Nagasaki, kisah dalam anime ini terjadi di dunia dimana sejumlah kecil sihir tetap ada dalam kehidupan sehari-hari. Tsukishiro Hitomi (Ishihara Kaori) adalah seorang gadis berusia 17 tahun keturunan keluarga penyihir yang tumbuh tanpa emosi ketika ia mulai tak mampu melihat warna di usianya yang sangat muda. Merasa kasihan akan masa depan cucunya, Kohaku (Hondo Kaede), seorang penyihir hebat, mengirim Hitomi ke masa lalu, tahun 2018. Dan bersama dengan neneknya yang masih berusia 17 tahun serta teman-temannya satu klubnya yang lain, Hitomi mulai tumbuh menjadi seseorang yang baru.

Storyline  

[AWAS SPOILER] - Karena dihasilkan oleh salah satu studio yang terkenal dengan jalan cerita dramanya yang khas, maka jangan heran jika kalian menemukan 'Irozuku Sekai' memiliki pola yang sedikit sama tanpa adanya sesuatu yang baru dan terasa agak sedikit membosankan. Ya, P.A. Works kembali bermain perasaan dengan cinta segi banyaknya di sini, untungnya hubungan romansa yang ngeselin ini dikemas dengan baik sehingga masih enak untuk diikuti tiap episodenya. Yang mana drama romansanya ini juga sedikit mengajarkan kepada kita bahwa ikatan persahabatan itu jauh lebih penting ketimbang urusan percintaan.
Oooh cinta segi banyak

Lalu, sihir yang merupakan tema lain dari seri ini juga memiliki pengemasan yang sama baiknya. Agak berbeda dengan sihir-sihir lain yang biasa kita jumpai pada berbagai macam film atau seri, dalam anime ini arti sihir sedikit disederhanakan sebatas untuk membuat orang lain bahagia, tapi di sinilah sisi menariknya selain karena ini juga cocok dengan tema utama yang dibawakan. Penjelasan akan penggunaannya juga cukup kompleks dan nyaris terasa sempurna, bahkan bisa dibilang sihir pada dunia 'Irozuku Sekai' ini memiliki ciri khas tersendiri dengan pasir bintangnya.

Namun dua hal di atas bukanlah hal yang paling menarik pada anime ini, tetapi makna yang sangat dalam yang terkandung dalam cerita serta dialog para karakternya yang penuh akan kata-kata mutiara membuat anime ini terasa lebih spesial. Segala macam konflik dan peristiwa yang dilalui oleh sang tokoh utama hanya semata-mata untuk "melihat warna yang telah terlupakan dalam hidupnya". Puitis dan sangat dalam sekali bukan? Mendengar ini bahkan membuat kami sedikit terhentak akan betapa spesialnya karya P.A. Works satu ini.

Teringat 'NagiAsu'?

Sedikit trivia, ada cameo desa bawah laut dari 'NagiAsu' yang muncul di sini.

Character

Jika kalian merasakan sedikit rasa kekosongan ketika menonton anime ini, mungkin saja yang menjadi penyebabnya adalah karena penokohan karakternya yang terlalu hampa tanpa adanya satupun hal menarik atau spesial yang mampu membekas di ingatan kita, para penonton. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh cerita yang memang terfokus pada karakter Hitomi, karena tanpa penggalian karakter yang cukup pada dirinya maka cerita di anime ini tidak akan terbangun dengan sempurna. Dan penggaliannya ini pun juga hanya sebatas cukup, tak lebih.

Meski masih kurang, interaksi antar karakternya sudah cukup bagus

Untuk karakter-karakter lain, penggambaran yang mereka miliki itu terbilang tanggung. Mau dikatakan sebagai karakter pendukung tapi tidak bisa, dikarenakan peran mereka yang ditampilkan lebih dari itu. Namun, mau dikatakan sebagai karakter utama, penggalian mereka ini juga belum cukup, karena ada tidaknya mereka tidak terlalu berpengaruh besar pada jalan cerita. Belum lagi format "membuat orang lain bahagia" yang terlalu klise yang menjadi tujuan dari hampir semua tokohnya entah itu fotografi atau sihir, dan entah kenapa ini sedikit mencemari inti utama cerita.

Mereka yang memiliki penokohan yang tanggung

Art

Dunia gambar yang menakjubkan

Melihat betapa indahnya animasi yang dimiliki oleh seri ini, bisa dibilang P.A. Works benar-benar serius dalam penggarapannya. Dari desain karakternya saja sudah luar biasa, bahkan dari semua anime yang pernah kami tonton dari studio ini, 'Irozuku Sekai'-lah yang memiliki desain tercantik. Animasi yang halus, penggambaran latar yang memukau serta luar biasa benar-benar memanjakan mata saat menontonnya. Terlebih pada penggambaran dunia di masa depan atau dunia di dalam gambar yang art-nya terlalu kece itu.

Sound

Dari segi suara yang dimiliki 'Irozuku Sekai', kualitasnya sudah cukup untuk mengikuti kualitas animasinya, sama-sama bagus serta cukup detail entah itu di sfx ataupun bgm, meski memang tak terlalu menonjol. Terkecuali pada opening soundrack yang cukup enak didengar khas anime-anime karya drama romansa.

Kesimpulan

Desain karakter yang cakep-cakep

Dengan visualnya yang terlalu memukau, menonton 'Irozuku Sekai' sangat cocok untuk memanjakan mata, khususnya bagi kalian para pecinta keindahan. Memang ceritanya tak terlalu luar biasa, bahkan mungkin bagi sebagian orang terasa sedikit mengecewakan karena bosan dengan formula narasi yang ada. Jangan pula kalian berharap banyak untuk melihat berbagai macam kecanggihan masa depan, karena porsinya hanya segitu-segitu saja, cukup, tak lebih. Tapi untuk pertunjukan sihir, beruntunglah, adegan-adegan yang memukau akan banyak kalian temui dikarenakan unsur ini memiliki peran yang lebih banyak untuk keseluruhan cerita.

Terakhir, berikut penilaian kami untuk 'Irozuku Sekai no Ashita kara': storyline (7.6) untuk makna-makna ceritanya yang dalam, character (6.9) yang disebabkan ketanggungannya, art (8.8) berkat kecantikan karakter dan visual yang memanjakan, sound (7.3) untuk opening-nya serta enjoyment (7.8) karena visualnya yang lebih kami sukai. Dengan begitu rata-rata poin yang didapatkannya adalah sebesar 7.7. Nilai yang cukup untuk menjadikannya salah satu anime yang kami rekomendasikan tapi tidak sangat, cocok untuk menemani waktu senggang kalian jika kalian pecinta visual atau tidak ada anime lain yang ingin kalian tonton.

Dan jangan lupa, jika kalian memiliki pemikiran lain, tulis di kolom komentar!

Irozuku Sekai no Ashita kara (7.7)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/130119)

Comments