[Anime Review] Koutetsujou no Kabenari - Survival Anime dengan Gaya Japanese Steampunk

Poster: Wit Studio

Judul Alternatif: Kabaneri of the Iron Fortress (Kabenari dari Benteng Besi)
Skor MAL: 7.30 (#2472)
Perilisan: Musim Semi 2016
Penayangan: 8 Apr. - 1 Jul. 2016
Sekuel: Koutetsujou no Kabaneri Movie 3: Unato Kessen
Studio: Wit Studio
Adaptasi: Original
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 episode (22 men.)
Genre: Action, Horror, Supernatural, Drama, Fantasy.
Rating: D(18+) Dewasa


Saat dunia berada di tengah-tengah revolusi industri, makhluk-makhluk mengerikan muncul dari virus misterius. Meneror, merusak, dan merobek daging manusia demi memuaskan nafsu mereka yang tak pernah ada habisnya. Satu-satunya cara untuk membunuh makhluk yang dikenal sebagai "Kabane" ini hanyalah dengan menghancurkan jantung mereka yang berlapis baja. Namun, jika digigit oleh salah satu dari mereka, maka korban ditakdirkan untuk bernasib lebih buruk daripada kematian, ia angkat bangkit kembali dan ikut berbaris bersama para Kabane ini.

Hanya peradaban yang paling kuat-lah yang akan selamat dari kekacauan ini, seperti halnya dengan pulau Hinomoto, dimana umat manusia berhasil menciptakan tembok besar untuk melindungi diri mereka dari gerombolan Kabane yang tak ada habisnya. Satu-satunya jalan menuju benteng-benteng raksasa ini adalah dengan menggunakan kereta kuat berlapis baja, yang dirawat dan dibangun oleh para pemuda seperti Ikoma (Hatanaka Tasuku). Setelah menciptakan senjata mematikan yang ia yakini akan dengan mudah menembus jantung Kabane, Ikoma dengan penuh semangat menunggu hari di mana ia dapat bertarung menggunakan penemuan barunya ini. Namun dia tidak tahu, bahwa kesempatannya akan datang lebih cepat dari yang ia harapkan...

Storyline

'Koutetsujou no Kabenari' merupakan sebuah anime survival yang terbilang cukup seru untuk diikuti, ketegangan tiada henti ketika melihat perjuangan manusia dari para makhluk tak berakal itu sungguh luar biasa. Hampir di setiap episodenya jantung kita dibuat berpacu karena takut melihat para tokohnya akan jatuh, kalah dari kabane-kabane ini. Namun, poin sebenarnya bukan saja terletak pada perjuangan hidup tadi, melalui dialog antar karakternya kita dibawa ke sebuah topik yang lebih dalam, dimana pertarungan ideologi para karakternya berlangsung, apa itu arti kepahlawanan sejati itu dipertanyakan di sini, di masa dimana manusia hidup serba kesulitan, bertahan dengan cara apapun namun sulit untuk percaya kepada siapapun. Pengkhianatan akan sangat mudah terjadi di sini, karena kesalah pahaman kecil saja dapat menjadi awal dari perselisihan, yang entah bagaimana nanti akan berakhir.

Konsep Kabane, dan Kabenari cukup bagus sebenarnya

Namun sayangnya tak semua kelebihan tadi berhasil menutupi semua kekurangan anime ini, seperti alur yang terlalu sederhana, mudah ditebak dan terasa klise. World building juga belum begitu baik, penjelasan yang hanya ada pada sinopsi tidak bisa dibilang baik, padahal jika dieksekusi lebih detail lagi dengan episode yang sedikit lebih banyak, mungkin akan menjadi lebih baik. Hal ini juga berlaku pada asal-usul dari zombi-zombi alias kabenari ini, belum ada penjelasan yang bisa dicerna dengan baik, masih hanya sebatas spekulasi yang tidak dapat dijadikan acuan.

Character

Untuk penokohan, 'Koutetsujou no Kabenari' kelihatannya berada di tengah-tengah, cukup bagus dengan kekompleksitas yang dimilikinya namun agak kurang jika melihat secara keseluruhan. Baiknya penokohan anime ini bisa kita lihat pada kepribadian Mumei, dia yang lemah dan mudah dimanupulasi menjadi alasan mengapa karakternya ini menjadi agak kompleks, ia adalah seorang anak polos yang kuat yang mudah dimanfaatkan oleh orang lain jika menemukan titik lemahnya.

Untuk Ikoma, Mumei, dan Biba, penokohan hanya fokus pada mereka

Dan dari karakternya pula kita dapat melihat benih-benih pengkhianatan yang menjadi bumbu utama anime ini. Yap, masalah kepercayaan juga menjadi isu utama di sini, kita akan menyaksikan banyak karakter bermuka dua yang ketika melihat mereka, kelakuan mereka, perasaan marah, dengki, gak suka akan muncul dari diri kita saking cukup baiknya mereka menokohkan para orang-orang jahat ini.

Tapi sayangnya, jika melihat secara keseluruhan, penokohan mereka menjadi sedikit gagal, kelebihan yang dimilikinya tadi jadi percuma, tertutup akan kekurangan ini. Hal tersebut tak lain ada pada penggalian karakter yang masih sedikit, belum cukup, sehingga ketika ada perubahan yang dirasa mendadak, hanya akan membuat plot hole yang membuat penonton bertanya-tanya mengapa karkater tersebut bisa melakukan hal seperti ini. Memang, kurangnya episode tadi bisa menjadi alassan kenapa bisa menjadi seperti ini.

Art

Mumei, salah satu karakter tercantik yang pernah kami temui

Sebagai salah satu anime original yang dimiliki oleh mereka, Wit Studio tampaknya berusaha seserius mungkin dalam menggarap seri ini. Bernuansa japanese steampunk, segala aspek yang diperlukan di dalamnya digambarkan dengan maksimal. Mulai dari desain karakter yang terbilang luar biasa lengkap dengan berbagai aksesoris yang mendukung, latar belakang yang amat detail serta memiliki 3DCG yang mumpuni. Hingga pada gaya penggambarannya yang khas, yang sangat jarang kita temui pada anime-anime lain, dan inilah yang menjadi alasan mengapa 'Kabenari' ini terbilang salah satu anime yang istimewa.

Sound

Sama halnya dengan kualitas animasinya yang mumpuni tadi, unsur suara seri ini juga patut dijempoli. Seperti sfx-nya yang luar biasa mendukung untuk segala macam mesin-mesin dalam anime steampunk ini, lalu bgm yang membuat cerita lebih hidup serta opening dan ending yang tak boleh dilupakan, karena dibawakan oleh EGOIST dan Aimer maka sudah dijamin, semuanya bagus, pasti enak didengar. Lirik-lirik yang dimilikinya-pun luar biasa, perjuangan Ikoma bersama teman-temannya tergambarkan begitu baik, bahkan terdengar lebih dramatis lagi.

Oh iya, bgm pada adegan awal di episode 6 itu menggunakan lirik arab bukan sih? 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, 'Koutetsujou no Kabenari' adalah anime yang sangat menarik dengan cerita yang amat seru juga cukup menegangkan untuk diikuti tiap episodenya. Kisahnya selalu bikin nagih, selalu membuat penasaran akan apa yang terjadi selanjutnya meski sebenarnya plot-nya sudah cukup jelas dan mudah ditebak. Animasi-nya yang luar biasa juga menjadi alasan mengapa seri ini menarik, Mumei bahkan bisa dibilang salah satu karakter anime tercantik yang pernah kami temukan.

Selanjutnya, penilaian, berikut dari kami untuk 'Koutetsujou no Kabenari': storyline (7.8) untuk keseruan yang diberikannya, character (7.3) cukup bagus namun masih kurang, art (8.9) karena detail serta desainnya yang mengagumkan, sound (8.1) untuk EGOIST dan Aimer, serta enjoyment (8.0) karena anime ini bikin nagih. Dengan begitu, nilai rata-rata yang didapatkannya adalah sebesar 8.0. Tergolong bagus, dengan begitu tentunya anime ini masuk ke dalam anime yang kami rekomendasikan. Ayo tonton, sesegara mungkin!

Terakhir, jika kalian punya pendapat sendiri mengenai anime ini, silahkan untuk menulisnya di kolom komentar!

Koutetsujou no Kabenari (8.0)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/240119)

Comments