[Short Review] Emiya-san Chi no Kyou no Gohan - Tak Ada Perang, yang Ada Hanya Makanan

Poster: ufotable, Aniplex

Judul Alternatif: Today's Menu for the Emiya Family (Menu Hari Ini bagi Keluarga Emiya)
Skor MAL: 7.96 #617
Anifanscore: 77% (389/506) - Menarik
Perilisan: -
Penayangan: 31 Des. 2017 - 1 Jan. 2019
Parent Story: Fate/stay night
Studio: ufotable
Adaptasi: Manga
Jenis: ONA
Episode: 13 episode (13 men.)
Genre: Comedy, Slice of Life.
Rating: R(13+) Remaja


Dengan tiadanya ancaman Perang Cawan Suci lagi yang membayangi kota Fuyuki, akhirnya para penduduk dapat menikmati masa damai. Para Master dan Servant-pun kini telah menyesuaikan diri dengan kehidupan baru mereka, seperti Shirou (Sugiayama Noriyaki) yang selalu memasak untuk para kerabatnya, terutama Saber (Kawasumi Ayako), sembari menunjukkan kepadanya keajaiban masakan modern.

Setiap hari, ia berkelana ke pasar untuk menemukan ide makanan apa yang bisa ia masak dengan berbagai bahan makanan yang unik meski anggaran yang ia miliki terbatas. Kemampuan memasaknya yang legendaris-pun sudah sangat terkenal seantreo kota, hingga sering kali membuat tamu-tamu tak diundang tertarik untuk mencicipinya. Tidak pernah ada sekalipun momen membosankan saat makan malam bersama keluarga Emiya.

Saat para tamu menghabiskan waktu di ruang tamunya, Shirou dengan santai dan teliti mulai memasak langkah demi langkah berbagai jenis makanan favoritnya. Dan hasilnya adalah bermacam-macam sajian lezat seperti Soba Tahun Baru dengan Tempura Udang yang amat gurih atau Salmon Panggang yang beruap-uap nan lembut dan juga Gratin Rebung Rebus yang kenikmatannya bikin nagih, semuanya sudah terhidang dan siap untuk disantap. Selamat Makan!

Review Singkat

Merupakan spin-off dari Fate/stay night dengan mengambil latar pasca Perang Cawan Suci Kelima serta alternative ending tersendiri, 'Emiya-san Chi no Kyou no Gohan' adalah sebuah anime kehidupan sehari-hari yang amat unik yang disertai cerita yang cukup menarik berkat adanya konsep Master dan Servant dari seri induknya itu sendiri dan juga yang paling pastinya tema memasak yang amat sangat menyenangkan.

Cerita tentang kehidupan sehari-hari Master dan Servant-nya ketika tak ada cawan yang diperebutkan

Nah, sebagai tema utama anime ini, berbagai macam jenis makanan akan selalu muncul dalam ceritanya. Langkah-langkah memasaknya diperlihatkan dengan cukup detail dan teliti, yang akan membuat kita mupeng ingin merasakan bagaimana kelezatan makanan tersebut. Dengan menu-menu yang berbeda tiap episodenya, bersama para karakter Fate Series ini kita juga jadi bisa belajar bagaimana menyajikan beragam makanan yang begitu enak untuk orang-orang yang kita sayangi.

Dari ceritanya, di sini kita disuguhkan dengan kisah-kisah ringan nan menenangkan tatkala melihat para Servant yang tampak sudah memiliki akhir bahagianya masing-masing tanpa adanya konflik atau perlu melakukan keributan dan peperangan lagi, yang ada hanyalah potongan kegembiraan yang terpancar dari wajah mereka. Ada Caster yang dikatakan sudah menjadi pengantinnya Souchirou; lalu Lancer, sang pahlawan Celtic nan hebat yang tampak menikmati berbagai kerja sampingannya; dan pastinya Saber, pendamping Shirou yang selalu siap sedia untuk menyicipi masakannya.

Semuanya terlihat santai tanpa adanya beban di pundak mereka

Penokohannya yang terbilang lumayan ini juga tak menghilangkan jiwa-jiwa Servant mereka, Rider yah tetap menjadi Rider, Servant yang memiliki mobilitas tinggi serta sangat ahli dalam berkendara misalnya. Dan yang paling terpenting serta membedakan seri ini dengan seri utamanya ada pada kepribadian karakternya, di sini semuanya memiliki sifat yang amat menyenangkan. Para heroine serta karakter wanitanya juga tampak imut, Saber kawai-nya nambah parah, lalu Rider dan Caster yang jadi loveable banget.

Di sini juga kita diperlihatkan beberapa sisi yang belum muncul di seri utamanya, seperti hubungan kakak adik yang kental antara Rin dan Sakura atau tokoh-tokoh baru yang jarang bahkan belum pernah kita lihat sebelumnya, Neko Senpai dan Reikan Ryudou, abangnya si ketua OSIS Issei contohnya. Oh iya jangan lupakan kemunculan Taiga muda yang menggemaskan, fufufu.

Bunga-bunga yang selalu muncul ketika para karakternya menyicipi makanan enak Shirou

Untuk animasi, seri ini memiliki gaya-nya tersendiri yang bisa dibilang sangat jarang dilakukan oleh ufotable. Selain sangat pas dan membantu pada genre slice of life-nya, art style-nya yang indah ini juga memiliki kualitas yang amat baik serta desain karakter yang lucu-lucu dan imut seperti apa yang kami katakan sebelumnya tadi. Meski SoL, seri ini juga keliatan tak meninggalkan begitu saja jiwa aksinya, beberapa kali kita diberikan momen-momen seru yang digambarkan dengan sangat apik serta sound effect yang begitu menendang, langsung membanting dari yang tadinya santai dan menenangkan itu. 

Soundtrack gimana min?  
Bagus, dengerin aja! Pas banget, sayang kalo di-skip.

Kesimpulan

Jika kalian bosan dengan peperangan yang hampir selalu muncul dalam franchise fate dan lebih menginginkan melihat para husbu atau waifu kalian hidup damai dan bahagia, ini adalah solusinya. Apalagi jika kalian pecinta anime-anime kawai, maka wajib hukumnya untuk kalian coba menonton anime yang menggemaskan ini. Ceritanya-pun amat menarik untuk diikuti, sangat santai tanpa adanya alur yang ribet atau konflik yang kompleks lagi. Animasi-nya yang indah serta keren dengan desain karakter kawai-nya juga jangan dilupakan.

Bahkan si tidak punya otak-pun memiliki sifat menyenangkan di sini

Untuk penilaian, nah berikut dari kami untuk 'Emiya-san Chi no Kyou no Gohan': storyline (7.9) untuk cerita santainya yang menenangkan, character (7.5) karena membuat para servant lebih loveable lagi, art (7.9) untuk bunga-bunga yang muncul ketika para karakternya sedang menikmati makanan, sound (7.3) tidak bermain banyak sebenarnya cuman nambah untuk sedikit momen aksi tadi serta enjoyment (8.5) karena makanannya bikin mupeng. Dengan begitu, nilai rata-rata yang didapatkan oleh anime ini adalah sebesar 7.8. Nilai yang cukup untuk merekomendasikannya kepada kalian untuk sembari membakar waktu luang.

Dan terakhir, jika kalian memiliki pandangan tersendiri, jangan segan-segan untuk menulisnya di kolom komentar yah!!!

Emiya-san Chi no Kyou no Gohan (7.8)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/200119)

Comments