[Anime Review] Servant x Service - Kisah Seorang Gadis PNS Lugu dan Teman-temannya yang Penuh Warna

Poster: A-1 Pictures, Aniplex

Skor MAL: 7.76
Anifanscore: 72% (337/381) - Lumayan
Perilisan: Musim Panas 2013
Penayangan: 5 Jul. - 27 Sep. 2013
Studio: A-1 Pictures
Adaptasi: 4-koma manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 13 episode (23 men.)
Genre: Comedy, Seinen, Slice of Life.
Rating: R(13+) Remaja

Bikin frustasi, kesal, juga menjengkelkan, begitulah kebanyakan orang akan menggambarkan seorang pegawai negeri. Namun, tiga orang karyawan baru akan menemukan bagaimana mereka sebenarnya di balik layar. Mulai dari Yamagami Lucy [disingkat] (Kayano Ai), seorang gadis lugu yang bertekad membalas dendam terhadap seorang pegawai negeri yang membiarkan namanya yang amat panjang disetujui untuk masuk ke dalam akta kelahirannya; lalu Hasebe Yutaka (Suzuki Tatsuhisa), pria santai yang selalu mencari tempat untuk bermalas-malasan; dan Miyoshi Saya (Nakahara Mai), yang gugup akan pekerjaan pertamanya ini, dengan pengalaman luar biasa yang menantinya sebagai seorang pegawai negeri.


Dengan dibimbing oleh Ichimiya Taishi (Sakurai Takahiro) yang tidak kompeten meski telah bekerja di sana selama delapan tahun. Dan ini membuat mereka bertiga mulai kehilangan kepercayaan akan pekerjaan yang mereka pilih. Tetapi dengan mendorong satu sama lain, mereka tetap terus maju melakukan yang terbaik.

Storyline

Mencari sebuah anime kocak yang santai juga menghibur, 'Servant x Service' adalah salah satu pilihan yang terbaik. Dengan jalan cerita yang segar, kita akan selalu dibuat tertawa terpingkal-pingkal olehnya, entah itu karena adegan-adegan konyol dan spontannya, ataupun karena dialog antar karakternya yang memang lucu apa adanya. Hampir tidak ada rasanya joke yang terlihat dipaksakan, meski memang ada satu dua yang garing, tapi itu bukanlah hal besar yang dapat mempengaruhi secara keseluruhan.

Interaksi antar karakternya luar biasa
Untuk narasi cerita-pun begitu, bahkan lebih baik. Komedi, drama, juga sedikit romansa terbalut amat begitu rapih. Dengan tokoh pusatnya yang terbilang cukup banyak, pembagian screentime menjadi hal penting dalam anime ini. Untungnya, 'Servant x Service' memiliki pembagian yang merata, sehingga kisah yang digali tak melulu ada apa satu atau dua karakter saja. Ceritanya menjadi lebih luas dengan hubungan antara kisah satu dengan yang lainnya terjalin sangat baik.

Character

Lucy dengan ahego-nya

Dengan screentime yang merata tadi, tentu menjadikan penokohan pada seri ini terlihat sangat baik. Mulai dari latar belakang, karakteristik, juga sikap tiap karakternya tergambarkan dengan begitu khas, sempurna hampir tanpa adanya kecacatan. Seperti pada tiga orang karyawan baru ini, terutama Lucy yang memang menjadi pusat dari semuanya. Sikapnya yang lugu, buta dari hal-hal tabu namun terlalu peka akan perasaan orang lain, meski terkadang lebih banyak salahnya, belum lagi ahoge-nya yang ekpresif seperti ekor Anjing yang selalu membuat cair suasana. Lalu ada pula Hasebe yang selalu bersikap dungu namun jenius dan Miyoshi yang meski kelihatan pasif, namun cukup membawa suasana dengan omongannya yang lancang tanpa sadar.

Karkater minor namun selalu terkenang
Karakter-karakter minor lain-pun begitu, seperti Ichimiya Tohko ataupun Tanaka Jouji yang penggalian latar belakang mereka sama-sama baik. Pengenalan para karakter baru di sini juga cukup luar biasa, mereka yang muncul seiring berlangsungnya kisah berhasil membawa warna tersendiri. Keterkaitan mereka dengan tokoh-tokoh yang lain, yang telah muncul sebelumnya-pun, juga menjadi alasan mengapa kami mengatakan begitu.

Art

Untuk animasi, seri ini terbilang memiliki kualitas yang amat pas-pasan, kurang menarik malah boleh dikatakan. Baik dari segi desain karakter, latar, dan pergerakannya tidak ada yang istimewa. Dari semua karakter, mungkin hanya Lucy yang desainnya terlihat menonjol dan berbeda dari karakter kebanyakan. Sisanya, yah hanya seperti itu-itu saja, apalagi tiga karakter pria yang paling sering muncul di cerita, yang membedakan mereka mungkin hanya ada pada sikap dan warna rambut mereka saja.

'Magical Flower: Sekai ni hitotsu dake no hana', anime dalam anime yang pernah jadi bahan April fool-nya A-1.

Dan yang memukau di segi ini mungkin hanya ada pada animasi opening dan juga awal ending-nya, namun sudah tentu ini tidak menjadi tolak ukur penilaiannya secara keseluruhan.

Sound

Melihat kelinci bersuara om-om rasanya agak gimana gitu, untung lucu

Segi ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan animasi tadi, namun sedikit lebih baik. Bagusnya pas-pasan namun sayang tak mengandung keistimewaan yang patut dikenang meski anime-nya sudah lama berakhir. Memang soundtrack ataupun voice acting para seiyuu-nya terdengar nyaman di telinga, suasana cerita pun mengalir dengan baik berkat profesionalitas mereka. Namun untuk bgm dan sfx hampir tidak menonjol, apalagi sfx ini yang agak sulit dikenali dikarenakan animenya yang berbentuk slice of life.

Kesimpulan

Menyimpulkan dari apa yang kami katakan di atas, 'Servant x Service' merupakan sebuah seri anime slice of life comedy dengan cerita yang amat kocak dan menarik untuk diikuti tiap episodenya. Tak perlu mengharapkan efek animasi atau suara yang memukau, karena titik beratnya tak terletak di situ. Anime ini sangat cocok untuk menemani kalian menghabiskan waktu dikala tak tahu apalagi yang harus dilakukan. Buat orang yang moody-an juga kelihatannya cocok untuk memperbaiki emosi yang labil menjadi lebih positif lagi.

Dan berikut penilaian kami untuk 'Servant x Service': Storyline (7.8), karena ceritanya yang amat sangat menghibur; character (8.0) berkat pembagian cerita dan penggalian yang pas tiap karakternya; art (7.2), karena segalanya yang terlalu pas-pasan; sound (7.4), bagus namun kurang istimewa; dan enjoyment (7.8), berkat poin pada cerita dan penokohannya. Maka dari itu, nilai rata-rata yang didapatkan olehnya adalah sebesar 7.6. Nilai yang cukup untuk masuk ke dalam kategori menarik, dan membuat kami juga merekomendasikannya kepada kalian. Tonton, sayang-sayang loh untuk dilewatkan.

Oh iya, jika punya pendapat lain tentang anime ini, jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar yah!!!

Servant x Service (7.6)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/200219)

Comments