[Anime Review] Steins;Gate 0 - Bagaiman Jika Nyawa Anggota Lab 004, si Christina Tidak Berhasil Diselamatkan?

Poster: Funimation, White Fox

Skor MAL: 8.60 (#75)
Anifanscore: 83% (388/466) - Menarik
Perilisan: Musim Semi 2018
Penayangan: 12 Apr. - 27 Sep. 2018
Prekuel: Steins;Gate: Kyoukaimenjou no Missing Link - Divide By Zero
Side Story: Steins;Gate 0: Kesshou Takei no Valentine - Bittersweet Intermedio
Parent Story: Steins;Gate
Studio: White Fox
Adaptasi: Novel Visual
Jenis: Animasi TV
Episode: 23 episode (23 men.)
Genre: Sci-Fi, Thriller.
Rating: R(13+) Remaja

Si Eksentrik, orang yang selalu mengaku-ngaku sebagai Ilmuwan Gila, Okabe Rintarou (Miyano Mamoru) kini harus menelan pahit dari kecongkakannya selama ini. Merasa tertekan dan trauma setelah gagal menyelamatkan temannya Makise Kurisu (Imai Asami), ia-pun memutuskan untuk melepaskan segala masa lalunya dan menjadi seorang mahasiswa biasa. Kini yang bisa dia lakukan hanyalah mencoba melupakan kengerian dari pengalaman perjalanan waktunya. Menyendiri, tanpa berbicara banyak kepada teman-temannya.


Dan pada suatu hari, saat bekerja sebagai resepsionis di forum teknologi kampusnya, Okabe bertemu dengan Hiyajou Maho (Yahagi Suyuri), penerjemah Profesor Alexis Leskinen (Ueda Youji) yang mengisi forum tersebut, ia adalah seorang gadis loli namun terkesan tangguh. Di sana, mereka berdua membuat para tamu tertegan, Maho dan Profesor Alexis mengungkapkan proyek Amadeus mereka, sebuah AI revolusioner yang mampu menyimpan ingatan seseorang dan menciptakan simulasi sempurna dari orang itu lengkap dengan kepribadian dan keanehan mereka.

Setelah presentasi, Okabe yang berkesempatan bertemu dengan mereka berdua akhirnya mengetahui bahwa Profesor Alexis dan Maho ini merupakan rekannya Kurisu di Amerika sana, dan salah satu proyek awal Amadeus mereka adalah Kurisu itu sendiri. Okabe-pun ditawari oleh Alexis untuk ikut meneliti perilaku Amadeus, ia diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan bayangan seorang teman baiknya yang telah lama hilang. Terikat oleh masa lalu yang kelam, Okabe harus menghadapi kenyataan pahit dan dituntut untuk berhati-hati akan pilihannya dengan konsekuensi sebuah bencana yang datang akibat rusaknya aliran waktu.

Storyline

[AWAS SPOILER] - Melanjutkan cerita dari sebuah episode alternatif dimana Okabe gagal untuk menyelamatkan nyawa Kurisu dan menyerah untuk itu tanpa keinginan untuk mencobanya lagi. 'Steins;Gate 0' memperlihatkan sosok Okabe yang berbeda, ia tampak sangat tertekan dari segala kejadian yang telah dilaluinya. Penderitaan dan luka-luka lama menjadi bumbu penting dalam membangun cerita pada seri ini, namun ada kalanya juga melegakan, karena ada beberapa hal baru yang berbeda yang menghilangkan beberapa kekejaman yang muncul pada seri sebelumnya.

Meski begitu, tetap saja sebenarnya 'Steins;Gate 0' ini tak jauh berbeda dengan sebelumnya. Cerita yang penuh tanda tanya, twist, serta hal-hal tak terduga menjadi sajian utama, banyak pula hal-hal serta rahasia baru yang terungkap di sini. Story telling-nya itu sesuatu banget, dari yang awal-awalnya santai, damai, tanpa ada masalah yang berarti, namun dengan sangat tiba-tiba suasana berubah, menegangkan, ngeselin banget memang, tapi bagus. Kisah akan pahitnya kegegalan kembali muncul di sini, sesuatu yang trautamatis. Kejadian-kejadian yang muncul ini juga berhasil membuat kami yang menonton ikutan stress, sama dengan apa yang dialami si Okabe.

Masa depan kini lebih digali dengan segala penderitaannya

'Steins;Gate 0' juga memberikan musuh baru yang pada seri sebelumnya hanya disinggung sebagian kecil saja, bukan lagi CERN yang kini malah tampak sebagai teman pembantu. Dengan gaya penceritaannya yang cukup misterius, villain-nya ini jadi sedikit susah untuk ditebak. Ditambah lagi dengan konspirasi-konspirasinya yang membuat kisahnya sedikit lebih kompleks.

Oh iya, karena ini mengambil alur alternatif dari alur 'Steins;Gate' maka beberapa momen penting yang terjadi di movie ditampilkan ulang di sini. Seperti pada momen saat Okabe kecil merasa putus asa untuk menghibur Mayuri, namun segera bangkit lagi setelah dihibur oleh Kurisu, dan di sini peran Kurisu diganti oleh Kagari.

"Kualitas"-nya menurun?
Namun ada beberapa hal yang agak mengecewakan dari seri ini. Di antaranya adalah komedinya yang sedikit lebih banyak serta unsur ecchi yang hanya membuat kualitas 'Steins;Gate 0' sedikit lebih dibawah dari 'Steins;Gate'.

Character

Hubungan antara Okabe dan Mayuri yang kompleks juga menjadi bumbu pelengkap yang mantap

Hal yang paling mengagumkan dari seri 'Steins;Gate' bagi kami ada pada penokohan karakternya. Seperti mengikuti dengan baik cerita yang ada, ekspresi serta sifat kararternya itu pas banget dengan kejadian apa yang terjadi. Seperti di sini, setelah melalui segala macam penderitaan, Okabe diperlihatkan sebagai orang yang PTSD, trauma, terlebih pada momen kematian Kurisu. Kita akan dibawa untuk berempati dengan apa yang telah dilalui Okabe, terasa tak tega akan segala perjuangan yang dilakukannya selama ini sendirian.

Banyak karakter baru

Kepribadian Mayuri juga kembali mencuri perhatian di sini. Bahkan lebih dari seri sebelumnya, disini perannya lebih besar dan tampak jauh lebih berani. Rukako-pun begitu, hal yang paling berbeda darinya adalah momen ketika dia mengayunkan pedangnya, sesuatu yang tak terkira sebelumnya.'Steins;Gate 0' juga memberikan tokoh-tokoh baru yang disertai dengan penokohan yang bagus pula. Pembagian antar peran serta porsi ceritanya-pun begitu.

Art

Pada seri sebelumnya, 'Steins;Gate', hal yang paling mengecewakan kami ada pada animasinya yang terlalu 'kelam' dalam artian sebenarnya. Dan pada seri ini menjadi lebih baik, animasinya tampak lebih berwarna, tak sesuram sebelumnya. Desain karakternya juga begitu, berubah drastis menjadi sangat menarik, bagus, dan lebih sedap dipandang mata. Seperti pada rambut Mayuri atau pakaian Okabe yang perbedaanya tampak terlihat lebih besar.

Desain Mayuri-nya uwu banget

Tetapi masih ada yang agak disayangkan, di seri ini adegan aksinya jauh lebih banyak dibanding sebelumnya, namun animasinya masih kurang mampu untuk mengikutinya, terkesan terlalu kaku, tidak luwes, dan patah-patah. Adegan tembak-menembaknya jadi kurang resep, yah meski memang bukan hal ini yang ditonjolkan pada cerita 'Steins;Gate'. Adapula beberapa penggambaran latar yang masih jauh dari kata sempurna, seperti pada genangan air yang seharusnya dangkal, tapi terlihat dalam serta terlalu silau hingga tampak seperti cermin.

Sound

Masih tetap dengan review kami pada anime ini sebelumnya. Pemilihan para cast yang baik, yang mampu menghidupkan peran sesuai dengan sifat dan karakternya masing-masing. Serta, soundtrack yang memorable, yang akan selalu mengingatkan kita akan anime ini ketika mendengarnya. Dan juga bgm serta sfx-nya yang cukup sempurna, mengena dengan ceritanya itu sendiri.

Kesimpulan

'Steins;Gate 0', mengambil alur alternatif yang berbeda dalam pencarian 'Steins;Gate' memiliki cerita yang amat sangat menarik tetapi akan menuntut kalian berpikir, lebih mendalami dan meresapi cerita, bahkan mungkin akan membuat kita ikut stress seperti yang kami katakan di atas. Jujur, kami gak pernah seekspresif ini saat menonton anime sebelumnya, ingin ikut marah lah, sedih lah, dan berbagai hal pedih lainnya lah.

Best trap ever?

Baiklah, langsung saja, berikut penilaian dari kami untuk 'Steins;Gate 0':

  • Storyline (8.8), tak serumit dengan yang pertama, namun kisahnya masih sama-sama membekas diingatan.
  • Character (9.1), Okabe Rintarou dan Shina Mayuri yang membuat penokohan ini tinggi.
  • Art (8.1), membaik pada desain karakter dan animasinya yang tak lagi suram, namun sayang masih ada kekurangan di sana-sini.
  • Sound (8.4), untuk soundtrack dan pemilihan cast tentunya.
  • Enjoyment (9.5), cerita yang bikin ikutan stress itu sesuatu banget.
Dengan begitu, rata-rata yang diperolehnya adalah sebesar 8.8, karena penilaian yang berbeda membuatnya lebih besar dibanding sebelumnya. Nilai besar ini juga mendandakan bahwa 'Steins;Gate 0' adalah anime yang kami rekomendasikan, dan usahakan pula untuk menonton seri awalnya juga. Oh iya, anime ini juga memiliki OVA, ceritanya tak terlalu penting, namun cukup menjadi hiburan.

Terakhir, sedikit saran dari kami, coba untuk memilah fansub yang baik, karena dari yang kami tonton ada sebuah kesalahan yang tampak dari subber itu sendiri, yang mana di adegan awal Okabe mneyebutkan rapat yang ke 65546, tetapi selanjutnya malah bilang 65536, entahlah.

Steins;Gate 0 (8.8)
⭐⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/110319)

Comments

  1. bukannya ending steins gate makise kurise berhasill diselamatkan tp yg zeronya kok nggak selamat bingung aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama akupun,nah katanya disitu ada episod alternatif kan? itu episode yg mana ya?

      Delete
    2. stein gate 0 itu cerita jika okabe menyerah melanjutkan misi menyelamatkan kurise yg di stein gate (season satu). saat episode terakhir stein gate okabe menusuk kurise dan menyerah, maka lanjut cerita ke stein gate 0 dimana mayuri hidup dan kurisu mati. tapi jika tidak menyerah, lanjut menyelamatkan kurise dan kurise hidup di episode terakhir stein gate.

      Delete
    3. Lu nntn Yg Steins Gate divide to zero dulu

      Delete
  2. Berarti alur ini yang ngebawa okabe ke masa depan, trus ngrekam video buat okabe dimasa lalu untuk nyelametin kurisu di steins gate S1,,
    Dari namanya ada zero2 nya berarti ini alur utama, trus yang di steins gate S1 itu alur alternatif yang dapat bantuan dari alur utama ini

    bingung kan wkwkwkwwk

    ReplyDelete

Post a Comment