[Anime Review] Kaguya-sama wa Kokurasetai - Pertarungan Otak dalam Hubungan Percintaan Para Anak Jenius yang Selalu Jual Mahal

Poster: Aniplex, A-1 Pictures

Judul lengkap: Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen
Judul alternatif: Kaguya-sama: Love is War
Skor MAL: 8.52 (#96)
Anifanscore: 92% (730-792) - Terbaik!
Perilisan: Winter 2019
Penayangan: 12 Jan. - 30 Mar. 2019
Studio: A-1 Pictures
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 episode (25 men.)
Genre: Comedy, Psychological, Romance, School, Seinen.
Rating: R13+ Remaja

Shirogane Miyuki (Furukawa Makoto) dan Shinomiya Kaguya (Koga Aoi) adalah ketua dan wakil ketua OSIS di Akademi Shuciin, sekolah yang terkenal akan keelitannya. Mereka berdua adalah siswa terbaik di sana dan sangat dihormati oleh orang lain. Siswa lain sangat iri kepada mereka berdua dikarenakan mereka itu bagaikan pasangan yang sempurna.


Namun, nyatanya mereka tidaklah seperti itu. Meski saling memiliki perasaan, tidak ada satupun dari mereka yang mau untuk mengakuinya. Orang yang pertama mengaku, maka ia kalah, ia akan dipandang rendah, dan dianggap sebagai seorang pecundang. Dengan segala kehormatan dan rasa bangga, Miyuki dan Kaguya sama-sama bertaruh dan bertekad untuk menjadi pemenang dalam medan perang cinta ini.

Storyline

Terlalu naif sih mereka berdua, rasain tuh pede!

Anime komedi romantis terbaik di tahun 2019? Tak salah juga sih jika kami berkata seperti ini, karena nyatanya 'Kaguya-sama: Love is War' ini adalah sebuah anime yang menarik dengan segala macam aspek-aspek yang baik  di dalamnya. Seperti pada ceritanya saja, konsep yang dimiliki aslinya klise, tentang kehidupan remaja sekolah yang belum mengerti bagaimana cara kerja cinta yang sebenarnya, namun karena diadaptasi dengan sangat cerdas membuatnya jadi lebih baik, lebih menarik, dan sangat menghibur.
"Ini adalah Pertarungan Otak dalam Hubungan Percintaan Para Anak Jenius yang Punya Harga Diri Tinggi"
Pengemasannya juga sama berperan pentingnya dalam menjelaskan bagaimana pertarungan psikologi antara cowok dan cewek remaja yang tak bisa jujur akan perasaan ini, mulai dari narasinya yang mampu menjelaskan inti cerita hingga animasinya yang terkadang seperti ala-ala crime comedy, sangat pas dan cocok untuk animenya. Terakhir, meski tak banyak konflik besar yang muncul dalam ceritanya, tapi untuk ending pada episode terakhir anime ini bagi kami sudah cukup pamungkas sebagai penutup.

Character

Karakternya selalu digali, membuat kita lebih paham akan mereka

Untuk sebuah anime komedi yang ringan, 'Kaguya-sama' memiliki penokohan dan penggalian karakter yang terbilang cukup mendalam. Tiap episodenya ada saja hal baru yang terungkap dari mereka. Dan dari latar belakang karakternya yang rata-rata Crazy Rich Japanese ini pun sudah lumayan, juga pada dua tokoh utama yang terlalu percaya diri ini. Mereka yang tampak seperti kritis identitas dan sedang mencari jati diri ini menjadi kunci utama dalam jalannya cerita. Hampir semua karakternya terlihat keren dengan sifat mereka yang saling melengkapi satu sama lain.

Art

Awal melihat desain Kaguya saja kami sedikit gimana gitu


Secara design, seri ini hampir tidak memiliki sesuatu yang spesial padanya (kecuali Fujiwara tentunya). Dua karakter utama tampak terlalu biasa, yang satu hanya seperti karakter cowok biasa dan satunya cewek berambut hitam yang biasanya hanya menjadi karakter nomor sekian. Namun, beruntunglah dengan pengemasan anime ini tadi, hal ini jadi tertutupi, bukan menjadi masalah besar saat kita menontonnya. Selain ini, hal-hal lain dalam animasinya sudah lumayan bagus dengan segala macam efek-efeknya yang kartunis yang sangat pas dengan ceritanya. Oh iya, jangan lupa dengan Chika Dance yang fenomenal yang memiliki kerapatan frame yang terbilang tinggi.

Sound

Juara sih aspek ini di sini, mulai dari voice acting hingga sound editing-nya masuk dan pas. Segala efek yang digunakan sangat membantu dalam penyajian animenya, keren lagi. Soundtrack-nya juga eperti itu, terlebih pada opening yang memiliki lagu klasik berkelas serta dibarengi dengan visual yang memukau, itu sesuatu banget. Untuk voice acting, seiyuu dua karakter wanita dalam anime ini penampilannya memukau banget, suka banget ama seiyuu-nya Fujiwara yang pembawaannya lucu, juga sama dengan seiyuu-nya Kaguya, yang karakternya selalu berubah-rubah, apalagi pada saat keselnya yang imut banget.

Kesimpulan

Ara ara

'Kaguya-sama' adalah sebuah anime yang sangat cocok bagi kalian yang merindukan anime dengan candaan yang menghibur tanpa memaksa. Anime ini memiliki cerita dengan komedi yang ngalir juga penokohannya yang cukup dalam. Visual serta sound editing-nya juga lumayan, sangat membantu dalam penyajiannya. Dan berikut penilaian dari kami untuknya:
  • Storyline (7.9), ceritanya klise namun diadaptasi dengan baik.
  • Character (8.3), karena selalu saja ada hal baru yang disajikan dari masing-masing karakternya.
  • Art (8.2), lumayan memukau, serta tertolong berkat Hayasaka dan Fujiwara.
  • Sound (8.8), karena yah ini aspek yang paling juara di sini.
  • Enjoyment (8.6), menontonnya tak terasa membosankan, dari awal hingga akhir.
Dengan begitu, poin rata-rata yang diraihnya adalah sebesar 8.4. Maka dari itu, sudah pasti seri ini kami rekomendasikan kepada kalian. Harus segera masuk kedalam daftar tontonan, tidak boleh tidak.

Kaguya-sama wa Kokurasetai (8.4)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/160519)

Comments

  1. Manga Kaguya-sama wa Kokusaretai Bahasa Indonesia PDF
    : https://pdf.sheva.my.id/2020/03/26/manga-kaguya-sama-wa-kokusaretai-bahasa-indonesia-pdf/

    ReplyDelete

Post a Comment