[Anime Review] Rilakkuma to Kaoru-san - Anime Anak-anak yang Lebih Cocok untuk Orang Dewasa

Poster: Netflix, dwarf

Skor MAL: 7.82 (#875)
Anifanscore: 67% (270/406) - Lumayan
Perilisan: Musim Semi 2019
Penayangan: 19 April 2019
Studio: dwarf
Adaptasi: Other
Jenis: ONA
Episode: 13 episode (11 men.)
Genre: Kids
Rating: A-BO (7+) Anak-anak


Menceritakan tentang kehidupan Kaoru (Mikako Tabe), seorang wanita karir yang hidupnya mungkin sedikit nelangsa, tetapi ketika pulang ke rumah, Rilakkuma, boneka beruang teman sekamarnya yang pemalas selalu menunggu untuk menghibur dirinya.

Storyline

Kaoru-san adalah kita

Rilakkuma and Kaoru, ini adalah sebuah anime yang menggemaskan dengan berbagai macam keimutan dan ke-ucul-an  yang selalu bikin geregetan. Ceritanya sendiri sebenarnya cerita yang cukup ringan, sarat akan makna dengan komedi yang mengalir apa adanya. Yap sarat akan makna, apalagi jika dilihat dari kaca mata para penonton berumur, kehidupan Kaoru bersama boneka beruangnya ini menggambarkan banget bagaimana rasanya penderitaan orang yang hidupnya selalu kesepian, bagaimana pedihnya dunia jika menolak kita. Bahkan, kalo kata sepuh di 'Cenayang Film' ini anime yang emo banget.

Ingin rasanya ikut bersenang-senang bersama mereka

Terlepas daripada itu, serial original Netflix ini mengajarkan kita, betapa menyenangkan sebenarnya kehidupan di dunia ini, asalkan kita selalu bersyukur dan selalu menerima apa adanya yang kita dapatkan. Selain itu pula, anime ini memiliki dialog yang cukup sederhana, dan sedikitnya bisa membantu bagi kalian yang ingin melatih dan memahami bahasa Jepang lebih baik lagi.

Character

Karakter-karakter minor-nya juga sama menariknya

Untuk karakter, mungkin sudah sedikit tergambar dari pernyataan kami sebelumnya. Sifat Kaoru yang terlalu melankolis itu melambangkan kita banget, kenyataan dunia itu pahit, tak seperti yang diimpikan oleh orang lain, sifat tokoh utama yang tak cocok untuk sebuah anime ringan dan ditujukan bagi anak-anak. Selain dia, tingkah laku para "peliharaannya" menjadi pencuri perhatian yang sangat besar, siapa yang tak tahan dengan tingkah laku menggemaskan si tukang tidur Rilakkuma, tukang main Korilakkuma, dan penggila bersih-bersih Koritori, semuanya gemesin banget. Karakter-karakter tambahan seperti Tokio, Hayate, dan Sayu juga ditampilkan dengan cukup baik di sini, porsi mereka yang pas membuat cerita anime ini lebih berwarna. Terakhir, sebuah pertanyaan, apa atau siapa yang ada di balik resleting Rilakkuma?

Salah satu misteri abad ini

Art

Stop-motion, sesuatu berbeda yang harus kalian tonton

Meski tidak asing, penggunaan teknik stop-motion merupakan sesuatu yang tergolong spesial untuk sebuah anime. Itulah 'Rilakkuma to Kaoru-san' ini, sebuah anime stop-motion spesial yang dengannya berhasil menonjolkan keimutan seekor, bukan, dua ekor beruang imut serta seekor anak ayam dengan sangat baik. Perjuangan para animator selama 2 tahun dengan hanya mampu 10 detik perhari, berhasil mengahasilkan sesuatu yang sangat bagus dan memuaskan bagi para penontonnya. Semuanya dibuat dengan seteliti dan seindah mungkin, entah itu latar atau para karakternya itu sendiri.

Sound

Meski jarang diperdengarkan, tapi lagu Sampo langsung meresap ke dalam ingatan.

Memiliki sfx yang lumayan detail membuat animasinya tampak menjadi lebih hidup. Lalu, untuk theme song yang berjudul "Sampo" dari Quruli juga terasa masuk banget dengan seri ini secara keseluruhan, musiknya bisa langsung masuk ke hati meski baru pertama kali mendengarnya. Seiyuu-nya pun begitu, sama mantapnya, Mikako Tabe berhasil membuat karakter Kaoru menjadi dirinya sendiri, resep dan masuk banget, imutnya juga dapet.

Kesimpulan

Tak ada salahnya mencoba

Bosan dengan anime yang begitu-begitu aja, cobalah untuk menonton seri 'Rilakkuma to Kaoru-san' ini. Hiburan yang sedikit berbeda dengan biasanya mungkin akan membuat rasa itu hilang, tergantikan berkat ceritanya yang menyenangkan dan menghibur dengan boneka beruang unyu di dalamnya. Dilihat dari segala sisi, jelas stop-motion ini tidak dibuat dengan main-main, maka wajar jika kami memberikan nilai yang lumayan untuknya. Dan berikutlah penilaian kami tersebut:
  • Storyline (7.8), berkat cerita ringannya menghibur dan juga sarat 'makna'.
  • Character (8.1), keimutan para karakternya bikin betah menonton.
  • Art (8.2), karena stop-motion-nya yang dibuat dengan sangat teliti cukup membuat terpesona.
  • Sound (8.6), seiyuu yang mumpuni juga theme song yang begitu pas pada cerita merupakan kombinasi yang sempurna,
  • Enjoyment (9.0), saking betahnya dengan keimutan Rilakkuma dan kawan-kawan membuat enggan cepat-cepat berpisah dengan mereka.
Dari nilai-nilai di atas, maka dapat diambil rata-rata untuk seri ini adalah sebesar 8.3. Nilai yang lumayan dan menjadikannya salah satu anime yang kami rekomendasikan untuk kalian tonton, apalagi di bulan puasa seperti ini, suasananya yang adem cukup untuk membuat hati ini tentram.

Rilakkuma to Kaoru-san (8.3)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/260519)

Comments