[Anime Review] Fate/stay night: Heaven's Feel - II. - Film yang Akan Mengubah Cara Pandang Terhadap 2 Rute Fate/ stay night yang Lain

Poster: ufotable

Judul lengkap: Fate/stay night Movie: Heaven's Feel - II. Lost Butterfly
Skor IMDb: 7,8/10
Skor MAL: 8.68 (#51)
Anifanscore: 83% (385/463) - Menarik
Penayangan: 10 April 2019 (Indo.)
Prekuel: Fate/stay night Movie: Heaven's Feel - I. Presage Flower
Sekuel: Fate/stay night Movie: Heaven's Feel - III. Spring Song
Sutradara: Sudou Tomonori
Original creator: Nasu Kinoko
Studio: ufotable
Jenis: Movie
Adaptasi: Novel visual
Durasi: 1 jam 57 men.
Genre: Action, Fantasy, Magic, Supernatural
Rating: D18+ (Dewasa)


Perang Cawan Suci Kelima sudah berjalan semakin jauh, banyak hal terjadi, Saber (Kawasumi Ayako) sudah tiada, Shirou (Sugiyama Noriaki) tereliminasi sebagai seorang Master. Meski begitu, keterlibatannya dalam perang ini bukan berarti memudar, malah semakin dalam, sedalam hubungan dirinya dengan Sakura (Shitaya Noriko), adik kelas yang selalu membantunya. Namun, apa yang terjadi selanjutnya akan sangat di luar perkiraan, resiko dan pengorbanan besar menjadi bayang-bayangnya.

Ulasan Singkat

[AWAS SPOILER] - Mindblowing dan breathtaking, sama seperti film pertamanya, bahkan lebih baik lagi. Rute 'Heaven's Feel'  tak henti-hentinya memberikan kejutan di setiap filmnya, khususnya untuk para penggemar yang hanya mengikuti dari animenya saja seperti kami. Film kedua ini, 'Lost Butterfly' hadir dengan cerita yang amat mendebarkan, semakin lama menonton filmnya, semakin berubah pula cara pandang kita terhadap franchise Fate/stay night selama ini, itu semua berkat berbagai macam twist juga rahasia yang belum pernah terungkap dari film dan cerita-cerita sebelumnya. Siapa yang akan menyangka apa yang telah dilalui Sakura akan seperti itu, lebih kelam dari apa yang pernah kami perkirakan.

Scene yang setelahnya bikin kami mengunmpat sejadi-jadinya

Dan mungkin, hal ini pula yang menjadikan penokohan karakter pada film kedua ini adalah aspek yang paling tinggi nilainya di mata kami. Selain masalah Sakura tadi, masih ada Shirou yang kini tak hanya mengalami pertarungan fisik, tapi juga mengalamin pertengkaran batin, ia dihadapi dengan pilihan yang amat sangat sulit, membunuh orang yang ia cintai agar kejadian seperti sepuluh tahun lalu tak terulang kembali. Ada pula kemunculan Saber Alter yang-imba-nya itu parah banget. Medusa, servant dari Shinji, atau kini bisa dibilang Sakura, pun akhirnya memperlihatkan kekuatan miliknya yang sebenarnya, membuat kita berpikir, yah beginilah seharusnya Medusa, tak seperti rute lain yang dia terlihat ampas, kurang berguna. Namun masalahnya sekarang, yang terlihat sia-sia tak berguna malah jatuh kepada Gilgamesh, Sang Raja Diraja, awal kemunculannya bolehlah membuat heboh, namun ketika adegan pentingnya datang, yang dilakukannya hanya seperti, duhh.

Fighting sequence-nya yang bikin nahan nafas
Untuk animasi, memang ufotable x Type-Moon tak pernah mengecewakan. Meski minor, penambahan aksen ungu yang lebih jelas pada Rider itu keren banget. Fighting scene? Juara pokoknya, dan ini puncaknya tentu pada pertarungan antara Saber vs Berserker, adegan tersebut benar-benar dibikin sejadi-jadinya, angle yang beragam, efek serangan, ledakan dan kehancuran yang masif banget, ditambah sfx yang menggelegar, film ini bikin kami menganga saking terpesonanya dengan apa yang ditampilkan. Oh iya, untuk theme song, Aimer memang tak tahu bagaimana bikin lagu yang jelek, "I beg you" terasa sempurna untuk Lost Butterfly.

Kesimpulan

Seperti film pertamanya, rute Heaven's Feel semakin membuktikan bahwa dialah rute terbaik dari seluruh ruet Fate/stay night. Ceritanya kali ini semakin berkembang, semakin membaik, semakin membuat penasaran akan apa yang terjadi selanjutnya. Penokohannya pun membuat dampak lebih besar, film ini akan menampilkan sosok lain dari karakter-karakter yang kita kenal selama ini. Rasanya tak ada alasan untuk menolak menonton film ini jika kalain seorang penggemar Fate Series. Karena untuk animasi dan soundtrack film ini pun sama sekali tidak mengecewakan, walau sedikit.

Dan berikut penilaian kami untuk film 'Heaven's Feel - II. Lost Butterfly': storyline (8.6), character (9.1), art (8.8), sound (8.8), enjoyment (8.9). Dengan begitu rata-rata yang didapatkan oleh anime ini adalah sebesar 8.8. Nilai yang besar, sangat wajar untuk apa yang ditampilkan, film yang menghibur, bikin penasaran, dan sangat memuaskan para penggemar franchise ini. Maka dari itu kami perjelas, film ini sangat direkomendasikan untuk kalian tonton!

Fate/ stay night: Heaven's Feel - II. Lost Butterfly (8.8)
⭐⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/310819)

Comments