[Anime Review] Yakusoku no Neverland - Anime Thriller yang Menarik dari Awal hingga Akhir

Poster: CloverWorks, Aniplex

Skor MAL: 8.69 (#47)
Anifanscore: 85% (318/375) - Menarik
Perilisan: Musim Dingin 2019
Penayangan: 10 Jan. - 29 Mar. 2019
Studio: CloverWorks
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 episode (22 men.)
Genre: Sci-Fimysteryhorrorpsychologicalthrillershounen.
Rating: D17+ (Dewasa)


Dikelilingi oleh hutan dan pintu masuk berpagar, Grace Field House dihuni oleh anak-anak yatim yang hidup bahagia bersama sebagai satu keluarga besar dengan dijaga oleh "Mama" mereka, Isabella. Meski harus menghadapi tes setiap hari, anak-anak ini masih memiliki kebebasan untuk menghabiskan waktu mereka, biasanya dengan bermain di luar, dengan syarat tidak boleh terlalu jauh dari panti asuhan. Namun, semua kebersamaan di antara mereka tidak selalu bertahan lama, setiap beberapa bulan, seorang anak akan diadopsi dan pergi meninggalkan yang lain bersama keluarga baru mereka.... tanpa sebuah kabar di kemudian hari.

Hal ini yang membuat tiga anak tertua di panti asuhan menaruh rasa curiga akan apa yang sebenarnya terjadi di tempat ini. Rasa curiga yang akan membawa mereka menemukan sebuah nasib kejam yang menanti semua anak di Grace Field, juga kebenaran di balik topeng orang kesayangan mereka, Mama.

Storyline

Sebuah pembuka yang mengagumkan

AWAS SPOILER - Sebagai orang yang jarang membaca sumber asli dari apa yang ditonton, maka tak ada ekspektasi berlebih yang kami berikan ketika menonton seri satu ini, terlebih untuk sebuah anime berplot 'besar', 12 episode tidaklah cukup untuk menceritakan seluruh kisahnya, seperti kebanyakan anime sekarang, musim pertamanya ini hanyalah pembuka dari keseluruhan cerita. Namun begitu, apa yang kami dapat di luar dari apa yang kami bayangkan, 'The Promised Neverland' memberikan kami pengalaman menonton anime yang sedikit tidak biasa, meski hanya berisi kisah pembuka, ketegangannya berasa mulai dari awal cerita, hingga akhir tentunya, terlebih 2 episode terakhir, yang mana di sinilah letak impact terbesar bagi keseluruhan cerita.

Konflik yang ada dalam anime ini lumayan ngena, perseteruan antar karakternya (red: sesama manusia) yang menjadi sajian utama boleh dibilang gak main-main bagusnya, setiap episodenya selalu bikin nagih, selalu ada saja hal baru yang mengejutkan yang muncul yang tak dibayangkan sebelumnya. Memang, twist-nya yang ada di sini itu lumayan banget. Berkat kejeniusan mereka, para bocah ini dalam membuat rencana, membuat ceritanya unpredictable banget.

Character

Para villainnya menarik dari penampilan dan latar belakangnya

Cerita yang luar biasa tadi, gak bakal jadi kalau tidak ada karakter-karakter mengagumkan di dalamnya. Banyaknya karakter jenius dalam seri ini, maka banyak pula kejutan yang diberikan, seperi yang kami katakan sebelumnya (di Storyline). Sebagai contoh si Phil, bocah 4 tahun yang sering banget muncul di layar, siapa sangka dia yang terlihat polos dan baik hati itu memiliki sesuatu yang menjadi sebuah kejutan menakjubkan. Bahkan tiga karakter utamanya juga gak selamanya bisa ditebak, mereka punya rahasia sendiri yang bahkan tak diketahui oleh yang lain.

Semua karakter terpakai
Dan yang tak boleh adalah Isabella, salah satu villain anime favorit admin, karakternya yang berkharisma mampu memberikan kesan intimidasi yang kuat banget bagi karakter-karakter utamanya. Pokoknya, di sini, hampir semua karakternya menarik dengan segala kelebihan dan kekurangan mereka, dan semua karakter ini juga terpakai dengan baik di dalam cerita, tak hanya memfokuskan pada trio jenius, semuanya punya peran mereka masing-masing.

Art

Ekspresi karakternya yang berlebih, tapi bagus

Yang paling memorable dari animasi yang dimiliki 'The Promised Neverland' apalagi kalau bukan wajah keputusasaan karakternya. Salah satu anime dengan karakter paling ekspresif mungkin, karena memang memiliki penggambaran yang terlalu "hebat", wajah parno karakternya, senyum yang lebar nan licik dari para villain yang amat menakutkan, tangisan yang lebay namun penuh ketepurukan,  semuanya digambarkan agak berlebih, namun dalam artian yang baik.

Sound

Apalagi yang bisa diberi kecuali menakjubkan, genre thriller di anime ini menjadi lebih hidup berkat backsound-nya yang luar biasa, yang mampu memberikan sensasi ketegangan di tiap-tiap adegannya. Untuk soundtrack, lagu yang dibawakan oleh UVERworld dan Cö shu Nie sudah cukup melekat di telinga saking malesnya nge-skip karena memang enak didengar.

Kesimpulan

Jadi, apa yang dapat kami katakan kepada seri ini, tak ada selain menarik, menegangkan, dan memuaskan. Berkat pengalaman yang jarang didapatkan di anime lain, 'Yakusoku no Neverland' menjadi salah satu anime "pembuka" yang berkualitas, berkat cerita serta penokohannya yang luar biasa, yang saling beterkaitan, saling menguatkan satu sama lain. Apa yang kurang, mungkin cuman ada pada kesan post-apocalypse-nya belum diliatin, karena tadi, ini baru pembuka. Selain itu, untuk lagu latar serta animasinya juga mendukung kesan thriller yang dimiliki seri ini. Tanpa menyebutkan nilai pun, kami sudah cukup merekomendasikan anime ini kepada kalian.
.
Meski begitu, memang gak lengkap sih rasanya kalau gak menyebutkan berapa nilai yang didapat anime ini. Dan berikut nilai untuk 'The Promised Neverland':
  • Storyline: 8.2
  • Character: 8.8
  • Art: 7.9
  • Sound: 8.0
  • Enjoyment: 8.5
Dan jumlah rata-rata dari keseluruhan nilai yang diperoleh oleh anime ini adalah sebesar 8.3.

Yakusoku no Neverland (8.3)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/191219)

Comments