[Anime Review] Seishun Buta Yarou Movie - Film dengan Cerita Bagus Namun Tertupi Pesona (Bukan) Bintang Utamanya

Poster: Aniplex, CloverWorks

Judul lengkap: Seishun Buta Yarou wa Yumemiru Shoujo no Yume wo Minai
Skor IMDb: 8,0/10
Skor MAL: 8.74 (#37)
Anifanscore: 89% (534/600) - TERBAIK!
Penayangan: 15 Juni 2019 (Jepang)
Prekuel: Seishun Buta Yarou
Sutradara: Masui Soichi
Studio: CloverWorks
Jenis: Movie
Adaptasi: Light Novel
Durasi: 1 jam 30 men.
Genre: Comedy, Romance, School.
Rating: R13+ (Remaja)


Di antara langit yang  cerah dan lautan yang berkilau, di kota Fujisawa, Azusagawa Sakuta (Ishikawa Kaito) yang kini berada di tahun kedua sekolah menengah dan cukup menikmati hari-harinya yang bahagia bersama sang pacar sekaligus kakak kelasnya, Sakurajima Mai (Seto Asami), harus terganggu dengan munculnya seorang wanita yang menjadi cinta pertamananya, Makinohara Shouko (Inase Minori). Dan tanpa alasan yang jelas, Shouko yang ia temui ada dua orang: satu yang masih SMP dan satunya yang telah dewasa.

Di saat Sakuta sudah tak sanggup lagi bertahan dengan keadaan ini, Shouko dewasa mendekatinya, dan menyebabkan keretakan besar dalam hubungannya bersama Mai. Di tengah-tengah semua ini, ia pun menemukan sebuah fakta bahwa Shouko kecil menderita penyakit serius yang bersama dengan itu bekas luka yang dimiliki Sakuta kembali berdenyut menyakitkan.

Ulasan singkat 

Sang bintang utama kisah ini.

Melanjutkan kisah dari seri utamanya, film anime 'Seishun Buta Yarou' ini kembali membawa kekompleksitas masalah pubertas yang dialami para karakternya. Lebih rumit boleh dibilang, karena yang menjadi bintang di sini tak lain adalah Shouko, karakter misterius yang sudah bikin penasaran sejak musim pertama, siapa dia sebenarnya, dan hubungan seperti apa yang dia miliki bersama Sakuta. Di sinilah semua pertanyaan tadi terjawab, kerumitan masalahnya yang melintasi ruang dan waktu ini tak hanya berdampak pada satu orang, bukan cuma dirinya, namun ternyata Sakuta juga memiliki peran yang sangat besar di situ, lebih besar malah jika dibandingkan dengan cuma "menyatakan perasaan" di arc pertama seri ini. Dari sini juga kita bisa menyimpulkan bahwa hubungan mereka tak seremeh yang mungkin dibayangkan banyak orang, bukan hanya sekedar seorang penyemangat hidup dan cinta pertama.

Keluarga bahagia yang sempurna.
Cerita dan penokohan dalam film ini sudah sangat baik boleh dibilang, dengan ending yang cukup memuaskan tak heran jika banyak orang yang menyukainya. Namun sayangnya masih ada beberapa hal yang agak sedikit pro dan kontra, tak lain adalah peran Mai sebagai 'main heroine' dalam seri ini. Mai mendapatkan porsi yang cukup besar dalam kisahnya, padahal dia bukanlah sang bintang utama, namun pesonanya yang terlalu besar mampu menutupi sang bintang, Shouko. Tetapi, dari sini kita juga jadi lebih tahu bagaimana besarnya perasaan Mai terhadap Sakuta, pengorbanan yang berani ia lakukan tak kalah mengharukan dengan pengorbanan yang Sakuta lakukan terhadap Shouko.

Namun, bukan hal ini sebenarnya yang paling kami sesali dari film ini. Animasinya lah yang begitu. Karena, untuk sebuah proyek film yang memiliki budget lebih besar dibandingkan seri anime biasa, tidak ada peningkatan yang signifikan dalam kualitas animasi seri satu ini, masih stagnan begitu-begitu saja.

Kesimpulan

Hubungan yang diinginkan namun sulit untuk terjadi.

'Seishun Buta Yarou wa Yumemiru Shoujo no Yume wo Minai' adalah sebuah film anime yang menarik dengan jalan cerita mengharukan dan sedikit tak terduga. Memiliki hubungan karakter yang kuat namun sedikit domplang, masih ada perbedaan perlakuan antara satu dengan yang lain. Paling sedih lagi, untuk sebuah film, animasinya tidak memiliki peningkatan signifikan dibanding musim pertama serialnya. Untuk nilai, berikut dari kami untuknya:
  • Storyline: 8.2
  • Character: 8.3
  • Art: 7.9
  • Sound: 7.8
  • Enjoyment: 7.4
Dengan begitu, nilai untuk film 'Seishun Buta Yarou' ini adalah 7.9. Jauh lebih kecil dibandingkan musim pertamanya memang, dikarenakan banyak faktor darinya yang tinggal dan kurang begitu muncul di sini. Tapi tetap, kami merekomendasikan film ini untuk kalian yang senggang, terlebih jika sudah menonton seri utamanya.

Seishun Buta Yarou Movie (7.8)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/050120)

Comments