[Anime Review] From Up on Poppy Hill - Kisah Romansa Klise dengan Sentuhan Ghibli

Poster: Studio Ghibli, GKIDS

Judul asli: Coquelicot-zaka kara
Skor IMDb: 7,4/10
Skor MAL: 7.92 (#644)
Anifanscore: 83% (269/325) - Menarik
Penayangan: 16 Juli 2011
Sutradara: Miyazaki Gorou
Studio: Studio Ghibli
Jenis: Movie
Adaptasi: Manga
Durasi: 1 jam 3 men.
Genre: Historical, Romance, School, Shoujo
Rating: SU2+ (Semua Umur)

Di sebuah bukit yang menghadap ke pelabuhan di tepi laut, duduk sebuah rumah hunian bernama Coquelicot Manor. Karena bangunan ini merupakan usaha warisan keluarganya, Matsuzaki Umi melakukan banyak tugas demi mengelola pondok tempat tinggalnya itu, menyiapkan makanan untuk para penghuninya misalnya. Namun di luar itu, Umi merupakan seorang siswi dari sebuah sekolah setempat, sebuah sekolah yang kini dilanda sebuah krisis kecil.


Krisisnya tak lain adalah gedung ekskul tua yang tercinta yang akan dihancurkan dan akan diperbarui dengan bangunan yang lebih modern demi mengantisipasi Olimpiade Jepang yang akan datang. Karena itu, sebagian besar siswa dari berbagai klub ekskul bersatu, bekerja tanpa lelah untuk mencegah hal ini terjadi. Dan tanpa disangka, Umi pun ikut terlibat dengan membantu klub surat kabar menyebarkan informasi ini dimana dia mulai dekat dengan Kazama Shun, hingga secara bertahap dia mulai jatuh cinta. Tapi Shun adalah seorang yatim piatu yang tidak tahu banyak tentang orang tua kandungnya, dan ketika keduanya mulai mencari petunjuk tentang masa lalu Shun, mereka menemukan bahwa mereka mungkin memiliki lebih banyak kesamaan daripada yang bisa dipikirkan oleh salah satu dari mereka.

Ulasan Singkat

[AWAS SPOILER!!!] - 'Coquelicot-zaka kara' sebuah judul yang unik untuk sebuah anime romansa yang menarik. Memang, jika dilihat dari plotnya, film ini hanya membawakan sesuatu yang klise, jatuh cinta kepada orang yang salah, tapi dengan olahan yang baik dari sang putra Hayao Miyazaki, film ini berhasil menjadi sesuatu yang indah nan luar biasa. Plot yang sering kita jumpai di drama-drama FTV ini pun tak berpengaruh dalam kenyamanan menontonnya. Sebuah romansa remaja yang akan membuat para penontonnya menjadi kesengsem tanpa harus memberikan kisah yang lebay dan berlebihan.
Kisah cinta manis dan menggemaskan.
Untuk penokohan, baik protagonist pria maupun wanitanya digambarkan tak jauh dari karakter-karakter di film Ghibli yang lain, mereka tampak pasangan yang loveable banget, siapa yang nolak untuk nge-ship Shun sama Umi ini. Nah, meski tema yang dibawakan memang romansa, bukan berarti film ini jauh dari pesan-pesan lain yang amat penting bagi penontonnya. Film ini juga sedikit mengajarkan apa artinya perjuangan demi menjaga budaya baik yang sudah ditinggalkan oleh orang-orang terdahulu, ya ini terlihat jelas di plot bukan? Dimana sebagai besar anggota klub yang ada di gedung ekskul bersatu demi mempertahankan bangunan tercinta mereka, dan hasil di filmnya jauh lebih baik lagi, sebuah masterpiece yang mungkin akan diingat di antara film-film Ghibli lain.
 
Mempertahankan sebuah prinsip dan idealisme.

Karena latar yang dimilikinya adalah tahun 1963, satu tahun sebelum olimpiade dimulai, 'From Up on Poppy Hill' memiliki soundtrack yang sedikit akan membuat kita bernostalgia, "Sukiyaki" dari Kyu Sakamoto misalnya. Selain itu, lagu-lagu baru yang dinyanyikan Aoi Teshima seperti "Sayonara no Natsu" maupun skoring yang dikerjakan oleh Satoshi Takebe tak kalah baiknya. Semuanya hampir diisi dengan lagu-lagu dan musik-musik yang luar biasa, dan tentu bagi yang mendengarkannya ini adalah sesuatu yang menyenangkan nan membahagiakan.

Kesimpulan

Animasi ala Ghibli yang khas banget
Dengan berbagai alasan, mulai dari cerita, animasi, hingga ke musiknya, film Ghibli memang punya tempat tersendiri di hati penggemarnya. Tak ada bedanya pula di film "From Up on Poppy Hill" ini,  meski kurang menonjol dibanding yang lain, film ini mampu membius siapapun yang menontonnya, terlarut dalam cerita yang hangat dari romansa dua remaja yang menggemaskan, membuat siapapun tersenyum. Pun diiringi dengan musik latar nan menenangkan.

Berikut nilai yang dapat kami berikan:
  • Storyline: 7.8
  • Character: 7.9
  • Art: 8.7
  • Sound: 9.2
  • Enjoyment: 8.8
Jadi, nilai rata-rata yang berhasil diperolehnya adalah sebesar 8.5. Cukup besar, dan yah sangat kami rekomendasikan buat kalian.

Coquelicot-zaka kara (8.5)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/050520)

Comments