[Anime Review] Lord El-Melloi II - Cerita Detektif Supernatural yang Menarik Jika Kalian Penggemar Fate Franchise

©Aniplex, TROYCA

Judul Lengkap: Lord El-Melloi II Sei no Jikenbo: Rail Zeppelin Grace Note
Judul Alternatif: Lord El-Melloi II Case Files: Rail Zeppelin Grace Note
Skor MAL: 7.36 (#2056)
Perilisan: Musim Panas 2019
Penayangan: 7 Jul. - 29 Sep. 2019
Studio: TROYCA
Adaptasi: Light novel
Jenis: Anime TV
Episode: 13+1 episode (23 men.)
Genre: Fantasy, Mystery, Supernatural
Rating: D18+ (Dewasa)

Sepuluh tahun pasca kekalahannya dalam Perang Cawan Suci Keempat, Waver Velvet, yang kini dikenal sebagai Lord El Melloi II, telah menjadi pengajar di Menara Jam, pusat pendidikan bagi para penyihir. Namun, status barunya sebagai "Lord" bukan datang begitu saja, ia memiliki tanggungan untuk gelar tersebut. Dan itu tak lain adalah menuruti semua perintah Reines, adik perempuan mendiang Kayneth El Melloi, hingga dia cukup dewasa untuk memanggul tanggung jawab sebagai kepala House of El Melloi.


Dengan gelarnya barunya ini pula, Waver mulai menangani serangkaian kasus misterius yang ditugaskan oleh Reines atau Asosiasi Penyihir, ditemani dengan salah seorang muridnya yang misterius, Gray. Namun, kasus-kasus tersebut bukanlah kasus misterius biasa dan sederhana, selalu ada hal rumit dan kompleks yang mengakhirinya. Mungkinkah Menara Jam menyimpan lebih banyak rahasia dari apa yang orang-orang bayangkan, dan apa yang sebenarnya disembunyikan olhe Reines selama ini?

Storyline

Aslinya anime detektif-detektifan, cuman ada bumbu aksi para servant-nya juga.

[AWAS SPOILER!!!] - Kisah detektif-detektifan versi penyihir, mungkin ini adalah garis besar dari anime 'Lord El-Melloi II'. Apa yang disajikan sesuai dengan sinopsis, sebuah cerita dimana sang tokoh utama menangani berbagai macam kasus miterius dengan bumbu supernatural yang tak kita dapat di cerita-cerita detektif biasa, lengkap dengan deduksi pula. Sebagai sebuah spin-off, seri ini bisa dibilang cukup baik, dia berhasil membawa fate franchise ke dunia yang lebih luas, terutama bagi penonton awam yang hanya tahu dari anime-anime saja. Fate tidak sekedar Holy Grail War, aspek-aspek yang sebelumnya sering muncul namun masih dibahas sedikit seperti Menara Jam dan orang-orang berpengaruh di dalamnya. Namun, dalam lain hal, jika kita melihat anime 'Lord El-Melloi II' ini sebagai stand alone series, sudah dipastikan ini masih kurang memuaskan. Hubungan eratnya dengan Fate/Zero begitu kuat, jadi gak bisa dilepas begitu saja atau hanya bergantung dengan penggalian yang ada di dalamnya, karena apa yang diperlihatkan di sini belum cukup untuk memuaskan rasa ingin tahu dan penasaran bagi para penonton. 

Character

Waver dewasa, namun masih memiliki sifatnya ketika di FZ.

Seperti apa yang kami katakan sebelumnya, seri ini memiliki ketergantungan yang kuat dengan 'Fate/Zero', mengingat tokoh utamanya sendiri merupakan veteran perang dalam anime tersebut. Oleh sebab itu tak heran pengembangan cerita ataupun karakter anime ini tak jauh-jauh dari 'Fate/Zero', dan itu juga mengapa penokohan yang kuat dalam seri ini hanya terfokus pada Waver Velvet saja. Bahkan Gray, yang notabene baru muncul dalam format anime di seri ini saja hanya mendapatkan penokohan seadanya. Belum lagi Reines, Adashino, atau Hephastion yang seorang servant faker dari Iskandar, yang adanya mereka begitu penting bagi cerita namun masih minim penggalian.

Gray deserves more focus.

Tetapi secara keseluruhan, penokohan di anime ini sebenarnya tidak terlalu buruk juga, jika kita hanya melirik ke Waver pastinya. Pengembangan dirinya sejak kekalahan telak yang ia dapatkan di Holy Grail War Keempat ditampilkan dengan cukup baik, kita diperlihatkan bagaimana hasil dari pengaruh besar yang Iskandar berikan kepadanya, mengubah jalan serta cara hidupnya, hingga layak untuk disebut sebagai pengikut setia sang Raja Penakluk. Namun, masih ada yang sedikit disayangkan, yaitu Waver yang sangat mudah untuk memutuskan tak lagi mengejar impiannya menjadi salah satu master di HGW Kelima.

Arts

Digarap oleh studio TROYCA merupakan hal yang baru bagi Fate Franchise, dan lagi, di sebagian mata para fans animenya, animasi yang keluar dari studio ufotable sudah melekat dan mendarah daging untuk franchise ini. Maka dari itu, jika kita menilik dari segi desain karakter, apa yang dimiliki TROYCA boleh dibilang sedikit penurunan, terlihat lebih slimmy dengan garis pinggir yang agak kaku, perbedaan ini terlihat jelas dari karakter-karakter yang pernah muncul sebelumnya di anime Fate lain, seperti Eresh~ eh Luvia ataupun Olga-Marie yang terkesan seperti orang yang berbeda. Namun bukan berarti desain yang dimilikinya jelek, tidak, desain karakternya masih terbilang menarik, tetapi karena dibandingkan dengan yang lain saja maka terkesan seperti itu.

Desain karakternya menarik, cuman terkesan berbeda banget dengan yang sudah-sudah.

Untuk segi animasi, 'Lord El Melloi' juga masih terkesan sedikit kaku, mungkin ini sejalan juga dengan desain karakternya tadi. Namun ketika mendapati adegan pertarungan, keluwesannya jangan ditanya, jika kalian menyukai fight scene yang ada di Re:Creators, maka kalian juga akan suka yang di sini. Bahkan kebar-baran yang biasa dimiliki oleh Fate Series lain masih bisa diikuti oleh seri 'Lord El-Melloi' ini, cuman apa yang disayangkan adalah anime ini minim pertarungan.

Sound

Kali pertama Gray ditampilkan menggunakan Ad.

Fight scene yang terbilang epik tadi mungkin tak akan bisa jadi seperti itu tanpa sound effect yang mumpuni. Ya, dari segi suara, seri ini memiliki kualitas yang cukup baik, pertarungannya jadi terasa lebih menegangkan karenanya, sebagai contoh, sebutlah ketika Gray mulai menggunakan kekuatan Ad, atau bahkan saat ia mengeluarkan kekuatan Rhongomyniadnya. Untuk lagu tema, opening anime ini punya kesan yang menarik, cukup dengan instrumen, tanpa lirik, namun mampu memberikan kesan yang mendalam dari seri ini secara keseluruhan.

Kesimpulan

Jika kalian penggemar Fate Series, melewatkan seri detektif supernatural 'Lord El-Melloi' ini sangatlah disayangkan. Di sini kalian akan diberikan kisah dari karakter yang memiliki pengembangan paling menarik di 'Fate/Zero', Waver Velvet. Apa yang terjadi padanya pasca peristiwa HGW 4, bagaimana nasibnya kini, semua tersampaikan di sini. Kita juga sedikit diberikan apa yang terjadi di sisi lain dunia tepat sebelum dimulainya HGW 5 atau cerita di 'Fate/Stay Night'.

Meski bukan yang terbaik, tapi kualitas animasi yang diberikan terbilang lumayan, cukup memuaskan dengan segala macam adegan pertarungannya yang menegangkan. Meski merupakan studio baru, namun TROYCA sudah memberikan segala usaha terbaik mereka untuk anime ini.

Untuk penilaiannya, berikut dari kami:
  • Storyline: 7.3 
  • Character: 7.1
  • Art: 7.4
  • Sound: 7.8
  • Enjoyment: 7.9
Dengan begini, rata-rata yang diperoleh oleh seri detiktif supernatural 'Lord El-Melloi II Sei no Jikenbo: Rail Zeppelin Grace Note' adalah sebesar 7.5. Masuk dalam golongan anime yang lumayan menarik, kami rekomendasikan untuk kalian yang menyukai franchise ini.

Lord El-Melloi II Sei no Jikenbo (7.5)
⭐⭐⭐



(Bekaa/170820)

Comments