[Anime Review] Yuru Camp△ - Karakternya Lucu, Sayang Ceritanya Agak Begitu

Foto: C-Station
Judul Alternatif: Laid-Back Camp; Kemah Santai
Skor MAL: 8.369 (#186)
Anifansscore: 69% (144/209) - Lumayan
Perilisan: Musim Dingin 2018
Penayangan: 4 Jan. - 22 Mar. 2018
Side Story: Yuru Camp△ Specials
Studio: C-Station
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Jumlah Episode: 12 Episode (23 Men.)
Genre: Slice of Life, Comedy.
Rating: R(13+) Remaja

Mungkin di mata para gadis remaja kebanyakan, liburan yang sempurna adalah pergi bersenang-senang bersama orang yang mereka cintai. Namun hal ini tidak berlaku bagi Shima Rin (Taoyama Nao), ia lebih menyukai menghabiskan waktu liburnya dengan berkemah sendirian di kaki Gunung Fuji. Mulai dari mendirikan tenda hingga mengumpulkan kayu bakar, semuanya selalu ia lakukan sendiri. Hal ini bagaikan sesuatu yang sangat melekat dengan dirinya hingga tidak ada rencana untuk meninggalkan dunia kecilnya tersebut.


Namun, pertemuan yang tak disengaja di sebuah toilet umum perkemahan membuat perkemahan solo yang biasa dilakukan oleh Rin berakhir menjadi tempat berkumpulnya dua orang gadis tatkala Kagamihara Nadeshiko yang tak tahu bagaimana cara untuk pulang berlindung di tempat perkemahannya. Meskipun perkenalan mereka terbilang tidak disengaja, kedua gadis itu sangat menikmati malam dingin yang mereka lalui bersama dengan makan ramen serta bercakap-cakap di antara api unggu yang begitu hangat. Dan bahkan setelah perpisahan antara keduanya, diam-diam mereka memimpikan untuk melakukan perjalanan berkemah bersama suatu saat nanti.

Cerita dan Alur

[AWAS SPOILER] - Mengusung tema slice of life comedy sudah dapat dipastikan cerita yang dibawakan tidak akan berat ataupun rumit, sederhana dan menghibur mungkin yang diberikan oleh kebanyakan anime seperti ini. Begitulah 'Yuru Camp△', kisah yang amat sangat sederhana serta alur yang flat menjadi kekurangan terbesar dalam anime ini, tidak ada konflik di dalamnya yang dapat menjadi bumbu penyedap ketika menikmati isi dari kisah yang ada. Bahkan jika dipaksakanpun, perekrutan Rin untuk mengikuti Perkemahan Malam Natal bersama para anggota Klub Pecinta Alam-pun masih belum cukup jika ingin dikatakan sebagai konflik.

Meski begitu, pengambilan alur yang terkadang maju mundur adalah sebuah tindakan yang berani yang diusung oleh 'Yuru Camp△'. Kisah sederhana yang tadi kami katakanpun sedikit tersisihkan karena pemanfaatan alur yang begitu cukup baik ini. Lihat saja pada episode perdananya, di bagian awal kita diperlihatkan bahwa para gadis-gadis ini sedang berkemah bersama, namun setelah bagian tersebut berakhir latar waktupun ternyata berubah, kembali ke belakang, kita dipertontonkan kisah Rin yang masih berkemah solo dan belum dekat dengan sebagian teman-temannya tadi yang kemah bersamanya tadi pada adegan sebelumnya.

Siapa yang mengira bahwa ini adalah cerita setelah kisah di anime ini berakhir?

Nah sebagai tambahan, pelajaran tentang tata cara berkemah serta pengetahuan tentang tempat-tempat untuknya begitu pula kondisi geografisnya menjadi ciri khas tersendiri dari anime ini. Selain pelajaran yang didapat, tata cara penyampaiannya yang begitu menggemaskan menjadi hiburan dan nilai tambah lagi untuk 'Yuru Camp△'.

Selain dalam cerita, setelah ending ternyata masih ada tips berkemah lain.

Penokohan Karakter

Moe, moe, moe, hahaha. Yups, dengan tokoh utama yang seluruhnya adalah gadis-gadis remaja SMA penokohan karakter yang bersikap lemah lembut serta imut-imut bagaimana gitu pasti adalah langkah yang cukup baik untuk menggait lebih banyak orang untuk menonton anime ini. Bahkan kami beranggapan 'Yuru Camp△' sebenarnya malah lebih 'menjual' karakter-karakternya dari pada kisah yang ada di dalamnya. Bukan berarti jelek sih, tidak, mungkin ini adalah langkah bagus tersendiri dalam perindustrian anime (sotoy).

Oke, lupakan yang tadi! Pemanfaatan semua karakter di dalam anime ini sudah sangatlah baik, meski Shima Rin adalah karakter yang paling utama, para gadis-gadis lain dari Klub Pecinta Alam memiliki porsi tayang tersendiri yang cukup untuk mengulas tentang bagaimana sih karakter mereka itu.

Aoi (Toyosaka Aki) dan Chiaki (Hara Sayuri) juga memiliki peran penting dalam cerita
Selain itu, dari keseluruhan karakter yang ada, semua digambarkan sesuai dengan keadaan para remaja zaman sekarang. Sisi anak zaman now yang kebangetan tampak jelas dari setiap karakter, suka bermain-main sosial media, foto selfie atau foto yang lain-lain pake kamera smartphone. Dan yang paling berkesan di mata admin adalah mereka yang suka chat, mulai dari hal-hal yang gak penting yang diomongkan hingga orang di depan mata-pun masih dichat, hahaha. Oh iya, cara penggambaran chat mereka juga menjadi kesenangan tambahan mengapa admin suka melihat mereka kalau lagi chat-an.

Desain Karakter

Moe, moe, moe, hahaha (2). Semua karakternya terlihat imut, lucu-lucu namun ada sedikit yang kurang, yaitu di mata, kok pada sayu. Yah meski begitu tidak menutup kenyataan bahwa karakter-karakter yang ada sudah digambarkan semenarik mungkin.

Hayo siapa yang jadiin Nadeshiko waifu musim lalu?

Kualitas Animasi

Tidak banyak yang ingin dikatakan sebenarnya disini, intinya kualitasnya cukup baik, pengambaran pemandangan berhasil ikut menarik admin sebagai penonton untuk ikut menikmati indahnya hamparan alam luas yang begitu indah tersebut.

Kireii

Sound

Mantaplah yah bisa dibilang, BGM-nya bisa dibilang pas, kesan santai yang menjadi fokus utama anime ini berhasil ditampakkan dan dirasakan lebih dalam berkatnya. Kalo suara efek, yang paling berkesan adalah suara dering smartphone mereka, dengan ditambahkan efek bunyi getaran berhasil mengecoh admin bahwa yang sedang masuk notif itu adalah hape admin sendiri, hahaha.

Kesimpulan

Untuk 'Yuru Camp△', inilah penilaian kami mengenainya: Cerita dan alur (7.6), penokohan karakter (8.1), desain karakter (8.6), kualitas animasi (7.8) dan sound (8.4). Dengan begitu rata-rata untuknya adalah sebesar 8.1. Dengan nilai yang terbilang cukup besar begini, maka pastinya admin menyarankan anime ini untuk kalian, terutama untuk yang suka liat gadis-gadis moe dan tidak suka anime-anime dengan cerita yang begitu berat

Yuru Camp△ (8.1) 
⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/160418) 

Comments

Post a Comment