[Anime Review] Re:Creators - Anime Isekai yang Tidak Biasa dengan Cerita yang Luar Biasa

Gambar: TROYCA
Skor MAL: 7.67 (#1179)
Anifanscore: 77% (286/372) - Menarik
Perilisan: Musim Semi 2017
Penayangan: 8 Apr. - 16 Sep. 2018
Studio: TROYCA
Adaptasi: Original
Jenis: Animasi TV
Episode: 22 Episode (24 men.)
Genre: Action, Sci-Fi, Fantasy.
Rating: D(18+) Dewasa

Manusia telah menciptakan berbagai macam dunia yang tak terhitung jumlahnya, yang semua itu terlahir dari imajinasi unik para penciptanya (pengarang). Souta Mizushino, adalah salah seorang siswa SMA yang juga bercita-cita untuk menjadi satu di antara mereka dengan cara menulis dan mengilustrasikan light novel-nya sendiri. Dan pada suatu hari, ketika Souta menonton anime untuk mencari inspirasi karyanya, secara tak sadar tiba-tiba ia sudah berada di antara tengah-tengah arena pertarungan yang ada dalam anime itu. Lalu di saat ia sadar dan kembali di dunia nyata, Souta menyadari ada sesuatu yang salah, karena heroine anime tersebut, Selesia Upitiria, entah bagaimana kini bisa ikut bersamanya.


Namun ternyata bukan hanya Selesia, banyak karakter fiksi lain yang juga muncuk di dunia. Ada kesatria berkuda, gadis penyihir bahkan robot raksasa yang kini berkeliaran di jalanan. Dan yang paling misterius adalah seorang gadis berseragan militer lengkap, ia dijuluki "Gunpuku no Himegimi," dan dia tahu lebih banyak tentang dunia para pencipta ini dibandingkan dengan yang lain. Meski begitu, tidak ada seorangpun tahu tentang nama aslinya atau dari mana asalnya.

Sementara itu, Souta dan Selesia bekerja sama dengan Meteora Österreich, seorang NPC game yang pendiam untuk mengungkap semua makna di balik peristiwa yang tidak biasa ini. Peristiwa dimana kekuatan besar saring bersinggungan pada garis yang jelas antara realitas dan imajinasi yang semakin kabur, dan nantinya akan menentukan nasib antara para pencipta (pengarang) dengan apa yang mereka ciptakan.

Storyline

[AWAS SPOILER] - Re:Creators, sebagai salah satu anime yang admin favoritkan, maka sudah pasti anime ini termasuk salah satu anime yang menarik dengan segala unsurnya yang tidak biasa. Kombinasi antara narasi dan aksinya sangatlah kuat, elemen-elemen yang ada disuguhkan dengan sangat apik, bahkan boleh dikatakan penulisan skrip anime ini sudah sekelas dengan film.

Adegan pembuka aja sudah membuat orang terkagum-kagum

Mungkin banyak dari sebagian anime lovers yang menghujat anime ini karena kebanyakan dialog untuk sebuah anime action, tapi menurut kami hal itu tidaklah benar. Banyaknya dialog pada awal anime ini bukan berarti sia-sia belaka, namun hal tersebut untuk menanamkan bagaimana cerita dari anime ini akan berlanjut karena di sini kita jadu lebih banyak tahu motivasi, latar belakang serta sebab akibat dari apa yang akan terjadi ke depannya. Dan juga, jika kita sedikit bersabar maka nantinya di cour kedua, kita akan disuguhkan dengan berbagai macam pertarungan dan aksi yang sangat padat.

Untuk penulisan skrip tadi, kenapa kami katakan begitu adalah karena segala sesuatu yang terkandung dalam cerita anime ini sudah diatur sedemikian rupa. Seperti pada pokok masalah yang muncul dalam cerita, bukan hanya karakter-karakter utama saja yang terlibat, pemanfaatan kekuatan nasional lalu perjuangan yang bukan saja dilakukan oleh yang memegang senjata, tetapi juga orang-orang yang memegang pena, para penulis, mangaka, dll adalah sesuatu yang jarang yang kita temui di anime-anime lain.

Jatuh aja kok lama banget

Dan juga, meski terkesan serius, anime ini memiliki joke yang pas, suasana yang serius tadi bisa menjadi cair begitu saja. Namun sedikit disayangkan dari anime ini ada pada endingnya yang meski hebat, tapi terlalu melankoli. Mengharukan sih, tapi sayangnya terlalu di-lebay-lebay-kan, ditambah lagi dengan adegan slow motion-nya yang sangat sangat sangat lambat, scene yang harusnya hanya 0.5 detik ternyata dapat digunakan untuk percakapan sebanyak satu halaman coba. Andai kadar lebay ini dikurangin atau diganti dengan adegan lain, mungkin akan sedikit lebih baik.

Character

Kembali dengan apa yang kami katakan sebelumnya, tentang banyaknya dialog (red: bacot) dibagian awal anime ini ternyata tidaklah sia-sia belaka. Karena dengan hal tersebut menjelaskan lebih dalam lagi tentang bagaimana latar belakang para karakter yang ada, serta motivasi akan segala tindakannya, sehingga semuanya tergali cukup dalam hingga mampu menarik simpati dari para penonton akan apa yang para karakter ini rasakan, seperti pada kematian karakter yang tak disangka-sangka, atau pada orang-orang baik yang diperbudak, sehingga kita juga kadang bersimpati sama mereka karena prinsip mereka yang melenceng ini.

Perjalanan mendapatkan kekuatan baru yang tidak mudah

Untuk pengkarakteran juga lumayan baik, hampir semua para ciptaan ini memiliki sifat yang mampu menjelaskan tentang asal mereka dan bagaimana karakter di tempat tersebut. Seperti pada Meteora yang dingin dan polos namun pintar dan baik hati, Selesia yang pemberani, Blitz dengan segala problem keluargana dan Megane, karakter esentrik dan unik dengan segala macam tindakan yang ia pilih atau bahkan pada Hikayu, karakter yang meski baru muncul di akhir, namun ia memiliki kesan yang cukup bagi para penonton.

Betapa sulitnya mengalahkan karakter ini

Dan yang paling mengesankan dari semua karakter ini, tentulah sang villain, Altair. Karakter  yang memiliki kekuatan di atas karakter-karakter utama yang lain ini jauh lebih memorable di benak penonton, penokohannya yang kuat banget berhasil mempertegas bahwa tidak ada seorangpun yang mampu mengalahkannya. Hal ini juga terbukti dari betapa sulit ia dijatuhkan meski berbagai macam cara telah dilakukan, seperti upgrade karakter, mendatangkan wujud asli sang villain atau yang lainnya. Dan tadi juga, meski terlalu melankoli, tetapi hubungan antara Altair dengan penciptanya, Setsuna itu memang sesuatu banget, Altair yang tampak sifat aslinya dan motif akan apa yang telah ia lakukan semua ini itu sesuatu banget. 

Art

Konsep cerita yang unik dari karakter-karakter fiksi di dunia mereka terciri dari penggambarannya
Mengangkat cerita tentang berbagai macam karakter dari berbagai macam sumber berkumpul di tempat yang satu memiliki resiko yang cukup tinggi karena tiap-tiap mereka harus memiliki ciri tersendiri dalam penggambaran karakternya. Dan ternyata, di sini hal tersebut digambarkan dengan sangat baik, ekspektasi akan hal ini-pun juga tercapai. Untuk kualitas animasi juga jangan ditanya, meski terbilang baru, studio TROYCA mampu memberikan animasi yang amat sangat baik. Fight scene yang terjadi di dalam anime ini benar-benar berkesan, pengambilan sudut yang apik, koreo yang cukup mantap adalah sebagian alasannya. Yah, meski di tengah-tengah anime ini ada kualitas animasi yang agak berkurang, namun untungnya kembali baik lagi pada kelanjutannya.

Sound

Opening anime yang sayang untuk di-skip

Sound effect anime ini cakep bener, fight scene semakin terasa karena dibantu dengan sfx yang mengaumkan ini. Lalu ditambah lagi dengan background music-nya yang semakin membantu penonton dalam menjiwai ceritanya, dan pastinya pada fight scene ini hal tersebut berhasil menambah aura ketegangan yang terjadi saat itu. Bahkan pada adegan-adegan santai dan biasa sekalipun, bgm-nya ini masih disuguhkan dengan sangat baik, asyik untuk didengarkan. Untuk soundtrack-pun tak kalah hebatnya, kedua opening anime ini berhasil memberikan identitas bahwa anime ini adalah anime yang sarat akan aksi, serta mampu memberikan dorongan semangat dengan beat-nya yang berdentum.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, maka sudah dipastikan anime ini adalah anime yang sangat menarik dengan narasi dan aksinya yang memuaskan banget. Oh iya, meski tertulis rating untuk penontonnya adalah dewasa, bukan berarti anime ini sarat dan kental akan kekerasan, tidak, memang ada beberapa adegan yang cukup "mengganggu", namun ini bukanlah sesuatu yang besar. Lalu, episode rekap anime ini juga cukup unik, adegan break the 4th wall-nya itu sesuatu banget. Namun ada mengganjil juga sih bagi admin di anime ini, itu penonton yang ada di dalam stadion ngikutin acara dari sore sampai pagi kah? Haha...

Dan terima kasih juga untuk Rakuen Anime atas request-nya ini.

Selanjutnya untuk penilaian, berikut nilai kami untuk 'Re:Creators': Storyline (8.7), character (8.1), art (8.5), sound (8.9), enjoyment (8.5). Dengan begitu, nilai rata-rata yang didapatkanny adalah sebesar 8.5. Dan dengan nilai sebesar ini, sudah pastilah 'Re:Creators' termasuk ke dalam salah satu anime yang admin rekomendasikan dan wajib masuk ke dalam watching list kalian. Terakhir, jika kalian punya pendapat tersendiri, jangan sungkan isi di kolom komentar yak!

Re:Creators (8.5)
⭐⭐⭐⭐

(Pekan Baru/040918)

Comments

  1. Anime yg banyak bacot nya, hampir tiap episodenya pasti banyak bacotnya. Jadi enek nontonnya, padhal desain char nya bagus.

    ReplyDelete
  2. gua serasa nonton fate zero njir

    ReplyDelete
  3. Yang lebih gwa binggung... kemana si megane??? Dia kan ngga ikut ke dunia asalnya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkeliaraan, dia kan dari awal hidup semaunya dia doang, gak ikut ama siapa2

      Delete
  4. Anime apaan anjir mc nya ampas amatiran pulak

    ReplyDelete

Post a Comment