[Anime Review] Fate/stay night - Awal Mula yang Mengesankan bagi Fate Series

foto: Geneon, Type-Moon.
Skor MAL: 7.54
Rangking: 1517
Popularitas: #77
Anifanscore: 67% (186.277)
Penayangan: Musim Dingin 2006
Studio: Studio Deen
Adaptasi: Novel Visual
Jumlah Episode: 24 Episode

Sebagai awal dari Fate Series, Fate/stay night memberikan suatu yang menjanjikan bagi para Anime Lovers dalam segi cerita maupun kualitas animasi yang cukup baik di zamannya. Awal cerita memang terkesan lambat meskipun begitu kita akan mendapatkan sedikit gambaran yang cukup tentang karakter tokoh-tokoh yang akan muncul selanjutnya dalam cerita. 

Fate/stay night menceritakan tentang pemuda bernama Emiya Shirou yang secara tak sengaja ikut dalam perang untuk memperebutkan Cawan Suci yang mana benda ini dapat mengabulkan segala macam keinginan bagi yang mendapatkannya. Perang ini diikuti oleh 7 orang penyihir yang disebut master beserta servant mereka yang merupakan roh pahlawan dari berbagai masa, baik zaman dahulu, sekarang maupun masa depan.

Penokohan dalam seri ini lebih berfokus kepada dua orang karakter utama yaitu Emiya Shirou dan Saber (Arthuria Pendragon), hal ini menjadi nilai tambah dan juga nilai kurang bagi seri ini, karena beberapa karakter lain yang dirasa cukup berperan penting namun memiliki kekurangan dari segi latar belakang mereka. Hal ini diperihatkan dengan sifat dan tujuan karakter tersebut yang berbeda antara awal dan akhir cerita.

Kekurangan dari anime ini selain penokohan karakter yang terfokus ialah banyaknya plot hole diantara cerita-ceritanya. Seperti  hubungan antara tokoh Tohsaka Rin dengan Matou Sakura, siapa itu Ilyasviel von Einzbeirn dan apa hubungannya dengan sang tokoh utama Emiya Shirou, siapa itu Gilgamesh sang Archer pada Perang Cawan Suci Sebelumnya dan masih banyak lagi.

Secara keseluruhan anime ini sudah cukup bagus, dengan cerita yang memukau dan ending yang cukup memuaskan. Berikut penilaian admin mengenai pembuka Fate Series ini: Cerita dan alur (8.0), kualitas animasi (7.3), penokohan karakter (7.9) dan rata-rata untuk Fate/stay nigth ini adalah 7.7 menjadikannya layak dan direkomendasikan untuk ditonton.

(Bekaa/311216)

Comments

Post a Comment