[Anime Review] Enen no Shouboutai - Klasik Shounen Namun dengan Cerita yang Lumayan dan Animasi yang di Atas Rata-Rata

Poster: David Production

Judul alternatif: Fire Force
Skor MAL: 7.78 (#893)
Anifanscore; 84% (385/456) - Menarik
Perilisan: Musim Panas 2019
Penayangan: 6 Jul. - 28 Des. 2019
Studio: David Production
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 24 episode (23 men.)
Genre: Action, Supernatural, Shounen
Rating: R13+ (Remaja)


Anime ini dimulai dengan sebuah kejadian yang disebut Spontaneous Human Combustion, dimana fenomena misterius ini sudah menjangkiti umat manusia selama bertahun-tahun, secara acak ia mengubah orang-orang menjadi makhluk yang buas dan ganas yang dikenal sebagai Infernals atau Manusia Api. Diantara para pemilik kemampuan api, mereka ini termasuk ke dalam generasi pertama, sementara itu, generasi kedua dan ketiga lebih dikenal sebagai Pirokinetik atau Pengendali Api, mereka adalah orang-orang berbakat dengan kemampuan untuk memanipulasi dan mengendalikan api mereka sambil tetap menjadi manusia. Oleh karena itu, untuk menanggulangi ancaman dari para manusia api serta mencari tahu apa rahasia yang ada dibalik terciptanya mereka, Angkatan Bersenjata Tokyo, Unit Pemadam Kebakaran, serta Gereja Suci Sol menciptakan Unit Pemadam Kebakaran Khusus sebagai kunci atas hal tersebut.

Di antara para generasi ketiga itu, Shinra Kusakabe yang dijuluki Jejak Kaki Iblis karena kemampuannya untuk mengeluarkan ledakan api di kakinya baru saja menjadi anggota Unit Pemadam Kebakaran Khusus Kedelapan. Ia yang ditempatkan sebagai lapis pertama untuk mengistirahatkan para Manusia Api ini selalu bertekad untuk menjadi seorang pahlawan, menjadi orang yang siap untuk selalu menyelamatkan mereka yang terancam oleh keberingasan nyala api.

Namun, menjadi seorang pahlawan bukanlah seperti permainan yang mudah dibanyangkan oleh Shinra. Kekacauan demi kekacuan harus dia hadapi, mulai dari meningkatnya kemunculan para manusia api abnormal hingga kelompok misterius yang mengaku memiliki jawaban atas kebakaran yang menyebabkan kematian keluarganya 12 tahun lalu. Dengan segala rintangan ini, Shinra pun berjuang dengan segala kemampuannya untuk mengungkapkan kebenaran di balik misteri dari kegelapan yang selalu menyelimutinya.

Storyline

[AWAS SPOILER!] - Tipikal anime shounen, 'Enen no Shouboutai' hampir memiliki semua unsur yang dibutuhkan dan sering muncul di anime berjenis ini. Entah itu dari karakter utamanya, villain-nya, ataupun ceritanya, misalnya sebuah event dimana karakter-karakter yang akan menjadi rekan dari sang protagonis berkumpul. Tetapi, dalam masalah menarik atau gak-nya, hal ini tidak berpengaruh banyak, karena apa yang diberikan seri ini terasa cukup menyegarkan dengan sagala intrik politik dan pengkhianatannya. Ditambah dengan joke yang selalu nendang juga pastinya.

Scene yang gak dibutuhkan banget, karena dari segi cerita, seri ini sudah cukup kuat

Dengan narasi pembuka di tiap awal episodenya, cukup membantu untuk membangun cerita yang ada dalam anime ini, sederhana tapi memiliki dampak yang lumayan. World building-nya pun terbilang keren dengan tema steampunk yang lumayan dapat serta ajaran dewa matahari yang cukup menonjol di dalamnya. Yang paling disayangkan dari anime ini mungkin hanya ada pada ecchi yang berlebihan, satu atau dua mungkin bisa diwajarkan, namun ini sudah masuk ke ranah yang gak penting gitu, adanya hanya malah mengganggu adegan serius yang sedang berlangsung.

Character

Karakter utama yang lumayan heboh dengan kekuatan mengerikan serta musuh yang tak lain memiliki hubungan dekat dengannya mungkin terdengar tidak asing, dan itulah yang juga dimiliki seri ini, seperti apa yang kami bilang sebelumnya, tipikal anime shounen kebanyakan. Namun untuk penggalian latar kedua tokoh penting ini bisa dikatakan baik, memang awalnya Shinra merupakan tokoh yang naif, tetapi setelah mengetahui segala kebenaran akan dirinya dan keluarganya hal tersbut sedikitnya bisa diwajarkan.

Musuh kuat yang misterius, menanti musim terbarunya untuk tahu lebih banyak tentang mereka

Untuk karakter lain, penokohan yang diberikan kepada mereka dirasa sudah cukup baik, gak ada yang terasa kurang. Perlahan tapi pasti satu demi satu kejahatan yang tersingkap, konspirasi yang dibuat, berhasil menguatkan penokohan dari tiap tokoh yang ada. 

Art

Fight scene-nya lumayan juara dengan berbagai macam variasi kekuatan apinya

Ada sedikit yang berbeda yang membuat anime ini sedap untuk ditonton, sinematografinya, gak bosenin. Pengambilan sudut kamera yang bagus, variatif, dan keren bisa jadi alasan untuk kalian terus menontonnya. Kualitas animasinya pun boleh dibilang berada di atas rata-rata, David Production tidak main-main akan garapannya ini. Yang cakep lagi ada pada desain karakternya, bentuk tubuh yang proporsional, monster yang mengerikan, musuh yang misterius dan menakjubkan semuanya tergambar jelas. Pewarnaannya pun sama bagusnya, sedikitnya bisa kita lihat pada seragam para pemadam kebakaran khusus yang glow in the dark itu.

Sound

Menjadi hits ketika musim penayangannya, soundtrack yang dipakai sebagai pembuka dan penutup anime ini memang enak di dengar. Sedangkan untuk sfx-nya berbanding lurus dengan kualitas animasinya, sama baiknya, perpaduan antar keduanya membuat anime ini terasa sempurna dari segi visual dan suaranya. Fight scene terasa lebih intens berkat efek suara yang dimunculkan ini gak main-main, David Production sudah memberikan yang terbaik di anime yang menggunakan api dan ledakan sebagai unsur utamanya ini.

Kesimpulan

Latar steampunk yang tergambar cukup sempurna

Gak ada sesuatu yang baru yang wah yang bisa temuin di seri anime shounen ini. Namun apa itu membutanya membosankan? Jelas tidak. 'Enen no Shouboutai' adalah tipe anime yang tetap asik meski masih menggunakan formula yang itu-itu saja. Aksi yang seru dengan cerita yang lumayan menarik serta visual dan sound yang sempurna menjadi alasan dibaliknya.

Berikut penilaian dari kami untuk seri satu ini:
  • Storyline: 7.7
  • Character: 7.1
  • Art: 8.7
  • Sound: 8.6
  • Enjoyment: 8.0
Dari nilai-nilai ini, dapat diambil kesimpulan, 'Enen no Shoubotai' secara kesuluruhan memperoleh poin sebesar 8.0. Lumayan besar untuk memasukkannya ke kategori direkomendasikan. Oleh karena itu, silahkan ditonton, dan semoga kalian terhibur.

Enen no Shouboutai (8.0)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/020320)

Comments

  1. Boleh Request Anime Clannad After Story & Kimi no Iru Machi???

    ReplyDelete
  2. Makasih min rivew nya ,sangat membantu ..awalnya saya gk tertarik nonton sih..tapi setelah baca nih riview jadi penasaran ..

    ReplyDelete

Post a Comment