[Anime Review] Ginga Eiyuu Densetsu: Die Neue These - Seiran - Sekuel Luar Biasa dari Anime Reboot yang Memukau

Poster: Production I.G

Judul alternatif: The Legend of the Galactic Heroes: The New Thesis - Stellar War
Skor MAL (Seiran 1-3): 7.91, 8.04, 8.16
Anifanscore: 63% (161/255) - No Comment
Penayangan: 27 Sept., 25 Okt., 29 Nov. 2019
Prekuel: Ginga Eiyuu Densetsu: Die Neue These - Kaikou
Studio: Production I.G
Adaptasi: Novel
Jenis: Movie - Movie Series
Episode: 3x4 episode (25 men.)
Genre: Action, drama, military, sci-fi, space
Rating: D18+ (Dewasa)


Terbagi ke dalam tiga film yang masing-masing darinya dibagi lagi ke empat episode, seri ini melanjutkan apa yang telah dinantikan dari musim pertamanya. Setelah saling berhadapan di Battle of Amritsar, Reinhard von Lohengramm (Miyano Mamoru) dan Yang Wen Li (Suzumura Kenichi) yang pulang dengan penuh kekecewaan harus menghadapi masalah pelik baru. Perhatian mereka terhadap satu sama lain kini harus teralihkan kepada kerusuhan yang mulai berkembang dan menggelak di kedua sisi galaksi.

Ulasan Singkat

[AWAS SPOILER!!!] - Musim pertama yang berakhir tanggung dan anit-klimaks banget itu dilanjutkan di sini, pertarungan yang dinantikan berlangsung sesuai dengan apa yang diperkirakan, sengit dan penuh ketegangan. Sama seperti sebelumnya, taktis militer, strategi demi strategi perang yang cemerlang nan menakjubkan dioerlihhatkan, dan itu cukup untuk memuaskan para fans.

Awal dari segala keributan di kedua sisi galaksi.

Kekalahan telak di salah satu pihak juga kembali membuka kesempatan untuk intrik politik di anime ini unjuk gigi, bahkan lebih berasa ketimbang musim pertamanya. Karena setelah itu, dampak dari perang tak berkesudahan ini muncul ke permukaan. Dimulai dari perebutan kursi di Kekaisaran Galaksi yang sedikit menjadi pemantik dibalik pemberontakan di kubu Aliansi Planet Bebas yang mncul kemudian. Mereka berdua sama-sama menghadapi masalah politik yang pelik, namun dalam kacamata yang berbeda, satu sangat mengingkan revolusi dan perubahan sedangkan yang lain hanya ingin mempertahankan. Kecerdasan dan kelicikan masing-masing dari mereka secara tak langsung saling berhadapan dalam menghadapi situasi sulit seperti ini. 

Dan tak lupa kekuatan dialog yang sama sekali tak boleh untuk dilewatkan, perhatian yang tinggi sangat dibutuhkan ketika menonton anime ini. Dan yang spesial dari musim keduanya ini ada pada emosi kita yang dipermainkan, banyaknya pertumpahan darah, bikin ngos-ngosan nontonnya, seperti nuklir di Westerland atau adegan pembantaian di stadion yang parahnya udah kebangetan, gak kuat banget lihatnya.

Keberanian dan berpegang teguh dalam keadilan menyisakan sesak tangis di kemudian. 

Untuk penokohan, bisa dibilang cukup meningkat pula, chemistry antar karakternya lebih terasa, seperti Julian dan Khercheis, dua karakter pendamping karakter utama. Dan ini belum dihitung korban yang jatuh yang cukup membuat pipi basah dan dada terguncang, memainkan perasaan seperti yang kami sebut sebelumnya. Kejutan dari para karakternya pun juga menjadi daya tarik lain, siapa yang saka bahwa karakter B akan melakukan ini, padahal sebelumnya dia memiliki kharisma yang jauh dari hal tersebut.

Desain pesawat-pesawat luar angkasa baru yang memukau.

Di animasi dan suara, kualitasnya masih memukau. Desain kapal luar angkasa yang baru-baru itu misalnya, sedikit memanjakan mata, Triglav dengan meriamnya itu misalnya, WAW banget, belum lagi pesawat kekaisaran yang dinaiki oleh para petinggi yang baru tampak di musim kedua ini itu. Dan Hiroyuki Sawano pun kembali menampilkan karya terbaiknya di sini. Jadi jangan coba-coba untuk skip lagu penutupnya ya.

Kesimpulan

Sebagai sebuah sekuel, 'Ginga Eiyuu Densetsu: Die Neue These - Seiran' ini berhasil membawa cerita menjadi berkembang ke arah yang lebih baik, jauh lebih baik. Menjaga apa yang sudah bagus di awal, dan menambahkan sesuatu yang kita tak tahu bahwa kita butuh itu sehingga membuatnya terlihat luar biasa. Jika kalian sudah menonton musim pertamanya, mungkin sebaiknya kalian tonton lagi sebelum memulai musim kedua ini, agar pengalaman yang diberikannya lebih terasa, sekaligus buat flashback siapa tau ada yang terlewatkan, mengingat anime ini memiliki detail yang tidak gampang untuk diingat.

Oh iya, sebelum memberi penilaian, kami mau ngasih tau sesuatu, mulai dari sini dan ke depannya, untuk penilian kami tidak lagi menggunakan sesuatu yang terperinci seperti sebelumnya (7,8/ 8,4), namun cukup menggunakan bilangan antara 1-10, karena sesuatu yang menyangkut selera seperti ini rasanya kurang pas aja jika harus seperti sebelumnya. Dan berikut penilian dari kami untuk movie series satu ini:
  • Storyline: 9
  • Character: 10
  • Art: 8
  • Sound: 9
  • Enjoyment: 9
Dengan begitu, bisa dipastikan rata-rata yang dimiliki musim kedua anime ini adalah 9.0. Nilai yang sama dengan musim pertamanya dari kami. Rekomendasi banget dong jadinya, dan disini kalian juga diberikan aksi yang lebih banyak ketimbang musim pertamanya, jadi bagi yang mudah bosan, dan hanya suka aksi, boleh lah untuk dicoba.

Ginga Eiyuu Densetsu: Die Neue These - Seiran (9.0)
⭐⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/250320)


Comments