[Anime Review] Shokugeki no Souma: Shin no Sara - Musim yang Menjadi Puncak Seluruh Cerita Serial Ini

Poster: J.C.Staff

Judul Alternatif: Food Wars! The Fourth Plate
Skor MAL: 7.84 (#785)
Anifanscore: 86% (351/408) - TERBAIK!
Perilisan: Musim Gugur 2019
Penayangan: 12 Okt. - 28 Des. 2019
Prekuel: Shokugeki no Souma: San no Sara - Tootsuki Ressha-hen
Sekuel: Shokugeki no Souma: Gou no Sara
Studio: J.C.Staff
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 episode (24 men.)
Genre: Ecchi, School, Shounen.
Rating: R13+ (Remaja)


Setelah pernyataan perang mereka terhadap CENTRAL, Erina, Souma serta teman-teman yang lain masih terus berjuang dalam Resimen Shokugeki demi mempertahankan idealisme mereka. Dengan dibantu ayahnya Souma, Saiba Joichirou, Doujima Gin, serta Sanzaemon, nasib para pemberontak dipertaruhkan dalam perang puncak ini, mereka yang keluar dari Akademi Totsuki atau Nakiri Azami dengan semua ide gilanya, dimana semua dunia termasuk Souma dan Joichirou harus tunduk dan mejadi pelayan setia Azami demi mencapai revolusinya di dunia kuliner. Meski mereka sudah berhasil menang dengan mulus di putaran pertama, namun apa yang menghadang Souma dan teman-temannya di depan tidaklah mudah, mereka harus mendorong diri melewati batas kemampuan mereka, karena senjata pamungkas dari Elite Ten CENTRAL sudah menunggu, sang Barbarian, Kobayashi Rindou dan Kesatria Putih, Tsukasa Eishi.

Ulasan Singkat

[AWAS SPOILER!!!] - Meski bukan musim terakhirnya, tapi musim keempat 'Shokugeki no Souma' ini merupakan puncak dari seluruh cerita, dengan keseruan pertandingan memasak terbentang dari awal hingga akhirnya. Sebagai puncak, tentu di sini kita diperlihatkan bagaimana para karakternya telah berkembang selama musim-musim sebelumnya, mereka membawa banyak kejutan baru yang belum pernah terlihat sebelumnya. Sebagai contoh adalah Megumin yang biasanya selalu terlihat lemah, namun kini tampil dengan pengetahuan dan kemampuan baru, atau juga Takumi, yang sudah belajar penuh atas segala pengalaman dan kegagalannya dalam shokugeki.

Semua karakter yang bertarung dengan segala kemampuan terbaik mereka.

Beberapa pertanyaan yang belum terjawab pun terungkap di sini, seperti apa yang menjadi alasan Azami muncul untuk memulai revolusinya serta bagaimana Rindou dan Tsukasa mau diajak bekerja sama dengannya diceritakan di sini. Tapi apa yang membuat musim ini menjadi semakin menarik dan spesial tentu callback untuk beberapa momen yang sudah-sudah. Hidangan Kaki Cumi Kacang yang tak terlupakan bagaimana horornya itu, siapa kira akan menjadi bintang di sini, menjadi kunci bagi Souma menggapai mimpinya, menyelamatkan seluruh temannya dari ancam DO yang diberikan oleh Azami dengan CENTRAL-nya. Opening pertama, "Kibou no Uta" dari ULTRA TOWER yang menggema di momen paling krusial dan bersejaran untuk anime ini juga sesuatu banget.

Untuk penokohan juga, kita pun diperlihatkan bagaimana hubungan antar karakternya yang terjalin erat dengan baik, khususnya chemistry antara Souma dan Erina yang semakin menjadi-jadi, dari Souma yang mendorong dan memberi semangat Erina untuk tantangan Hidanan Utama di final shokugeki resimen itu, hingga cara mereka merayakan kemenanangan yang Souma banget. Dan tentu saja, formula khas Shokugeki no Souma masih tetap ada di sini, dari visualisasi pertandingan yang lebaynya juara hingga ledakan bugil khas Nakiri Family, dan kini, giliran Azami yang unjuk gigi, meski ia berusaha menolak, gelombang ledakan yang terlalu kuat malah membuat dampak seluruh orang di panggung.

Para pemberontak dan kemenangan mereka.

Sedikit yang kami sayangkan mungkin ada di cara penilaian dari dua juri baru itu, iya sih ini cuman SnS yang tetap menjadi SnS, namun penilaian dengan lingerie itu apa-apaan, hadirnya terasa kurang di saat ada sesuatu yang lebih hebat membayanginya (penilaian dari Azami), malah jatuhnya seperti sia-sia. Oh ya, dan ada pula sedikit kegagalan dalam animasi, kalau tak terlalu perhatian mungkin tak terlalu mengganggu, tapi kalo kalian adalah tipe orang yang jeli, yah pasti keganggu.

Kesimpulan

Shin no Sara menjadi puncak dari semua cerita di seri ini, namun jika dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya, dan dilihat secara keseluruhan, cerita yang dimilikinya mungkin jadi agak kurang menarik. Hal ini wajar, dikarenakan musim keempat ini memiliki hanya plot pertandingan puncak dengan pertarungan yang generic, sudah. Ditambah sedikit eksplorasi yang cukup di beberapa karakter namun tetap tak sebanyak musim yang lain. Jadi boleh dikata, ini adalah musim yang baik, namun dia tak akan menjadi apa-apa kalau kita belum menonton musim-musim sebelumnya dan melihatnya sebagai satu kesatuan yang kuat. Nah berikut penilaian kami untuk 'Shokugeki no Souma: Shin no Sara' ini:
  • Storyline: 7.5
  • Character: 7.8
  • Art: 8.4
  • Sound: 7.8
  • Enjoyment: 7.9
Dengan begini, rata-rata yang diperolehnya adalah sebesar 7.9. Meski gak sebesar musim sebelumnya, musim ini juga masih memiliki nilai yang menjanjikan.

Shokugeki no Souma: Shin no Sara (7.9)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/140420)

Comments