[Short Review] Shokugeki no Souma: San no Sara (Toutsuki Ressha-hen) - Lagi-lagi Berakhir Tanggung

Gambar: J.C. Staff
Judul Alternatif: Food Wars! The Third Plate: Totsuki Train Arc (Perang Makanan! Hidangan Ketiga: Bag. Kereta Totsuki)
Skor MAL: 8.53 (#91)
Perilisan: Musim Semi 2018
Penayangan: 9 Apr. - 25 Jun. 2018
Prekuel: Shokugeki no Souma: San no Sara
Studio: J.C. Staff
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 Episode (24 men.)
Genre: Ecchi, School, Shounen.
Rating: R(13+) Remaja

Masih melanjutkan kisah dari Yukihira Souma (Matsuoka Yoshitsugu) dalam perjuangannya untuk berada di puncak Akademi Totsuki. Namun semuanya tampak begitu pelik tatkala Nakiri Azami (Hayami Show) beserta Central-nya menjadi penguasa di Akademi Totsuki. Babak baru telah dimulai, sekarang adalah waktunya ujian kenaikan bagi para murid tahun pertama (SMA) Akademi Totsuki. Namun bagi para anggota asrama Bintang Polar dan orang-orang di sekitarnya ujian ini jauh lebih berat dari apa yang mereka bayangkan. Mereka yang tak setuju dengan apa yang diterapkan oleh Central, harus berjuang mati-matian agar terus dapat bertahan di Akademi ini. Hingga pada puncaknya, semua ini akan berakhir tatkala Erina (Kanemoto Hisako) menyatakan perang terhadap ayahnya sendiri. Resimen Shokugeki-pun dimulai, mampukah Erina, Souma serta teman-temannya yang lain yang masih bertahan untuk menang dalam medan perang makanan kali ini.


Review Singkat

[AWAS SPOILER] - Sebagai sebuah anime shounen, Shokugeki no Souma adalah salah satu yang terbaik bagi admin. Bahkan dari segi genre yang dibawakannya-nya sendiri, anime ini termasuk yang terbaik di antara yang lain. Jarang ada anime bergenre ecchi konsisten mendapatkan skor rata-rata di atas 8 terus menerus. Dan hal ini juga kembali pada cour ke-2 dari musim ke-3-nya. Cerita yang semakin berkembang dengan semakin banyaknya makanan-makanan menggiurkan bermunculan serta karakter baru dengan adegan pakaian tercompang-campingnya yang pasti akan memanjakan mata bagi kita, para penonton setianya. Banyak hal-hal baru yang terungkap pada musim ini, yang berpuncak pada motivasi Azami melakukan semua kegilaan ini yang berujung kepada masa lalu dari penghuni asrama bintang polar. 

Namun, masih ada saja yang disayangkan, seperti cerita yang pace-nya terasa begitu cepat. Sama halnya dengan percakapan para karakternya, kita yang bukan seorang native Jepang pasti akan kesusahan dengan cepatnya perpidahan sub dari apa yang kita tonton itu. Selain itu, dari penokohan karakter sendiri, kemunculan para Elite Ten baru terasa sia-sia, kehadiran mereka yang hanya terlihat sebagai pelengkap cuman bagaikan sampah doang, yah meski begitu mereka tetap berguna kok. Dan sedikit tambahan, masih menjadi misteri bagi admin tentang bagaimana cara para karakternya berkomunikasi, soalnya jarak mereka becakap ini lumayan jauh, ini apa mereka teriak atau bagaimana? Masa yang ditengah panggung bisa mendengar dengan jelas apa yang dikatakan orang-orang di luar panggung, padahal suasananya sendiri sedang ramai dan berisik, belum lagi gerakan mulutnya yang terlihat biasa, bukan teriak. Hahahaha #adminterlaluserius

Kesimpulan

Intinya, bagi kalian yang belum pernah menonton Shokugeki no Souma sama sekali, segera tonton anime ini dari musim pertamanya sebelum lanjut ke apa yang kami review ini. Melihat kenekatan souma dalam memasak itu adalah sesuatu banget. Dan bagi kalian sebagian fans, keberadaan para karakter wanitanya yang beragam juga merupakan suatu hiburan tersendiri.

Sebelum memberikan penilaian, di sini admin akan mencoba format baru yang mana pada kali ini dan (mungkin) seterusnya akan ada penggabungan kriteria antara desain karakter dengan kualitas animasi yang akan kami sebut dengan 'Art', lalu kami juga menambahkan satu kriteria baru yakni 'Enjoyment' yang akan menjadi faktor penentu apakah anime yang kami nilai ini pantas untuk dinikmati atau tidak, karena banyak anime yang memiliki kualitas cerita yang biasa saja namun memiliki kesan sendiri bukan? 

Oke, baiklah berikut penilaian kami untuk 'Shokugeki no Souma' musim ketiga cour kedua ini: Storyline (8.5), characters (8.6), art (8.8), sound (8.3) dan enjoyment (8.2). Dengan begitu rata-rata yang didapatkannya adalah sebesar 8.5. Hampir sama dengan skor MAL, mungkin lagi jodoh. Dan oleh karena itu, musim kali ini dari Shokugeki no Souma menjadi salah satu anime yang kami rekomendasikan, termasuk musim-musim sebelumnya juga!

Shokugeki no Souma: San no Sara - Toutsuki Ressha-hen (8.5)
⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/270618)

Comments