[Anime Review] Youjo Senki - Non Generic Isekai dengan Full Power pada Segala Sisi yang Dibawakan

       
Poster: Nut

Skor MAL: 8.07 (#456)
Anifanscore: 80% (289/361) - Menarik
Perilisan: Musim Dingin 2017
Penayangan: 6 Jan. - 31 Mar. 2017
Studio: Nut
Adaptasi: Light Novel
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 episode (24 men.)
Genre: Action, Military, Magic
Rating: D18+ (Dewasa)

Tanya Degurechaff (Yuuki Aoi), seorang prajurit mungil muda dengan wajah lugu serta penampilannya yang polos, namun sebenarnya ia terkenal kejam 'bak predotar hingga dijuluki "sang Iblis dari Rhine" berkat bakat taktisnya yang aneh namun jitu di medan perang. Dalam tubuhnya yang mungil itu, tersimpan sebuah jiwa seorang pria yang amat menantang keras "Being-X", sosok yang mengaku sebagai Tuhan, yang membawa sang pria berinkarnasi ke tubuh seorang gadis kecil di dunia perang sihir.



Di dunia yang baru ini, yang Tanya inginkan hanyalah kehidupan damai dan tentram, namun Being X menjadi penghambat baginya. Ia yang memutuskan untuk terjun ke dunia militer demi menggapai impian kedamaiannya itu menjadi terganggu, segala tindakannya di sana malah mengakibatkan hal yang tak diinginkan, mendorong Kekairan menjadi salah satu negara yang paling kuar dalam sejarah umat manusia.

Storyline


Bocah dengan pola pikir om-om 40an.

Konsep dan plot yang unik dan berbeda menjadi daya tarik yang luar biasa bagi 'Youjo Senki', dimana biasanya anime isekai memperlihatkan karakter utamanya terlempar ke dunia fantasi di abad pertengahan, di sini, sang kreator, Carlo Zen, malah memilih masa perang dunia sebagai latarnya, pun ditambah sang karakter utama yang terjebak ke tubuh yang 180 derajat berbeda dari sifatnya. Karena alasan ini pula, ceritanya sudah pasti terkesan menarik. Tiga genre yang dibawakannya pun ditampilkan secara penuh, baik dari segi militernya maupun sihirnya, hingga hal ini menghasilkan suatu pertarungan yang menakjubkan dengan aksi dan strategi yang bikin kagum. Tak lupa juga, sedikit politik dengan berbagai macam intrik di dalamnya cukup menemani sepanjang menikmati cerita.

Character

Karakter yang kontra dengan Tanya justru memiliki kisah lebih baik dibanding Tanya sendiri.

Hebatnya seri ini, ia tidak memperlihatkan pihak mana yang baik, mana yang buruk, yang ada hanyalah sekumpulan negara dan pihak yang penuh akan ambisi mereka masing-masing. Di satu sisi kita mungkin menyukai sang karakter utama, namun di sisi lain kita sedikit kurang setuju dengan apa yang dia lakukan, tak ayal jika Tanya boleh dikatakan sebagai anti-hero. Bahkan, di seri ini pun, di penokohannya, pihak yang menjadi rival atau musuh punya cerita yang jauh lebih baik, jauh lebih indah dibanding sang tokoh utama, dengan kisah mereka yang cukup menyentuh tak salah jika kita lebih menaruh simpati kepada mereka. Bahkan frasa "orang jahat terlahir dari orang baik yang tersakiti" mungkin cocok untuk sang komandan dari Entente Alliance itu.

Art

Satu-satunya karakter yang menonjol, sisanya gak.

Sedikit membosankan mungkin gak terlalu berlebihan untuk dikatakan buat desain karakter di 'Youjo Senki', terutama pada prianya, terasa mentah banget, kurang memorable, ditambah nama mereka yang sedikit ribet jadi makin gampang untuk dilupakan, hingga terkadang juga susah untuk dibedakan dengan karakter figuran. Yang menonjol hanya ada pada Tanya, mencolok banget, sudah jelas, bagaimana tidak, ia adalah sesosok loli di antara karakter-karakter kekar dan membosankan yang lain. Oh iya, untuk desain matanya di karakter wanita juga sedikit kami angkatin jempol, cuman sayang ada di wanita, karakter pria yah tetap seperti apa adanya.

Untungnya, selain desain karakter, animasinya boleh dibilang di atas rata-rata. Adegan pertempuran yang luwes, jauh dari kata kaku juga animasi yang mendetail. Good job studio Nut.  

Sound

Dibuka dengan MYTH & ROID, ditutup dengan nyanyiannya Tanya, perpaduan mengerikan yang pas banget untuk seri satu ini, ngeri sih, keren sih. Sisanya, seperti sfx dan bgm sudah sangat lumayan, dengannya anime yang sarat akan aksi pertarungan dengan berbagai macam bentuk sihir yang diperlihatkan ini terasa menjadi lebih mendebarkan, lebih terasa, jelas.

Kesimpulan

Ingin menikmati sesuatu yang spesial, yang jarang didapat di anime sejenis atau anime lain secara keseluruhan? 'Youjo Senki' mungkin boleh jadi alternatif buat hiburan kalian. Sebuah cerita dimana jiwa seorang pria paruh baya yang terjebak dalam tubuh gadis mungil di masa perang dunia, premis yang menarik dengan penokohan yang mumpuni, sarat akan aksi dengan tak lepas dari berbagai strategi perang dan taktis yang bermacam-macam. Mungkin bisa langsung saja ke penilaian:
  • Storyline: 7.9
  • Character: 8.2
  • Art: 7.7
  • Sound: 7.8
  • Enjoyment: 7.7
Dengan begini, rata-rata nilai yang diperolehnya adalah sebesar 7.8, terbilang cukup besar. Maka dari itu kami memasukkannya dalam salah satu yang kami rekomendasikan kepada kalian.

Youjo Senki (7.9)
⭐⭐⭐⭐


(Bekaa/170520)

Comments

  1. Iya btw, kok bisa umur 9 tahun dianggap biasa aja masuk militer :V ?

    ReplyDelete

Post a Comment