[Anime Review] Non Non Biyori Movie: Vacation - Film dari Seri Kehidupan Sehari-hari yang Selalu Lucu dan Menghibur tanpa Paksaan

Poster: Silver Link.

Skor IMDb: 8,0/10
Skor MAL: 8.15 (#380)
Anifanscore: 84% (305/361) - Menarik
Penayangan: 25 Agustus 2018 (Jpn.)
Prekuel: Non Non Biyori Repeat
Sutradara: Kawatsura Shinya
Studio: Silver Link.
Jenis: Movie
Adaptasi: Manga
Durasi: 1 jam 11 men.
Genre: Comedy, Slice of Life, Seinen.
Rating: R(13+) Remaja


Liburan musim panas akan segera berakhir, namun belum ada satupun hal luar biasa yang terjadi. Hingga suatu ketika, Suguru, si sulung dari tiga bersaudara Koshigaya memenangkan undian perjalanan gratis ke Okinawa, semua siswa sekolah cabang Asahigaoka-pun bersemangat untuk mengakhiri masa liburan mereka. Bersama Hikage (Fukuen Misato), Konomi (Shintani Ryouko), dan guru mereka (Nazuka Kaori) serta si pemilik toko permen (Satou Rina), semua orang pergi ke Okinawa untuk perjalanan tiga hari yang menyenangkan. Di sana, Natsumi berteman dengan Aoi, seorang gadis yang membantu di hotel tempat mereka menginap.

Review Singkat

Bagi orang yang sangat menikmati anime dengan kisah ringan dari kehidupan sehari-hari, 'Non Non Biyori' tentu menjadi salah satu favorit kami. Dua musim yang sudah dimilikinya-pun belumlah cukup untuk menghilangkan keinginan menonton anime ini lagi dan lagi, saking bagus dan menariknya cerita yang dimilikinya. Dan dengan datangnya movie ini, sedikitnya mampu melegakan rasa penasaran akan bagaimana kelanjutan kisah dari Renge dan teman-temannya.

Visualnya yang wah banget

Kembali dengan ciri khasnya, diawal-awal kita menonton langsung disuguhi dengan suasana alam pedesaan yang terasa begitu asri, sangat mirip dengan dunia nyata, bahkan terasa lebih, mengingat ini adalah sebuah animasi. Semua tak lepas dari visualnya yang memanjakan mata, lalu diiringi pula dengan sound editing yang menenangkan telinga. nano.RIPE juga kembali menyanyikan original soundtrack anime ini, suaranya yang khas akan selalu terngiang-ngiang di kepala penonton, para seiyuu juga berkesempatan menyanyikan lagu ending yang lucu dan tak kalah menariknya.

Aoi, tokoh baru yang sedikit mencuri perhatian

Ceritanya sendiri tak jauh berbeda dengan sebelumnya, ringan namun memiliki pengeksekusian yang teramat bagus, santai namun penuh dengan makna, menghibur juga mengajarkan beberapa nilai-nilai hidup. Semua karakternya juga kembali digambarkan dengan begitu baik, mereka tetap menjadi diri mereka sendiri, keimutan mereka tetap alami apa adanya, tanpa ada adegan yang terlihat memaksakan. Si Suguru yang memenangkan undian ini juga memiliki posisi yang amat konyol di sini, dengan hanya dirinya sendiri seorang laki-laki di antara 8 gadis lain, dia menjadi hiburan tersendiri dengan situai canggung yang dimilikinya.

Reka ulang adegan yang ada di OVA 1

Karena cerita di Okinawa ini juga pernah disinggung sebelumnya, di sini kita akan mendapati beberapa adegan yang mirip dengan yang ada di OVA 1 seri ini. Tentunya dengan sedikit perubahan yang membuatnya tampak lebih baik. Jika ingin menonton film ini pun, setidaknya menonton dulu OVA tersebut sembari mengetahui bagaimana prolog dari kisah yang ada.

Kesimpulan

Selalu membuat gelak tawa tanpa harus memaksakan

Jadi, pada dasarnya, 'Non Non Biyori Movie: Vacation' ini adalah salah satu film anime sekuel yang amat sangat menarik dan menghibur. Dan sangat sayang sekali jika kita melewati anime ini begitu saja. Dan untuk penilaian, berikut dari kami:
  • Storyline (8.3), untuk kekonsistensian ceritanya yang selalu menghibur.
  • Character (8.3), yang memang karena penokohannya yang begitu alami.
  • Art (8.8), untuk visualnya yang selalu memanjakan mata.
  • Sound (8.4), untuk lagunya yang baru dan seiyuu-nya yang selalu tampil bagus.
  • Enjoyment (9.2), karena mampu menghilangkan rasa penasaran yang selama ini terpendam.
Dengan begini nilai rata-rata yang didapatkan adalah sebesar 8.6, paling besar jika dibandingkan dua sebelumnya. Maka dari itu, film ini, bukan, seri ini wajib masuk ke dalam watching list kalian sesegera mungkin!

Non Non Biyori Movie: Vacation (8.6)
⭐⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/130319)

Comments