[Short Review] Non Non Biyori Repeat - Mengulang Cerita Tak Selamanya Buruk

Gambar: Sentai Filmworks, Silver Link.
Skor MAL: 8.22 (#293)
Anifanscore: 82% (273/334) - Menarik
Perilisan: Musim Panas 2015
Penayangan: 7 Jul. - 22 Sep. 2015
Prekuel: Non Non Biyori
Sekuel: Non Non Biyori Movie: Vacation
Side Story: Non Non Biyori Repeat: Hotaru ga Tanoshinda
Studio: Silver Link.
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 Episode + 1 OVA (23 men.)
Genre: Comedy, School, Seinen, Slice of Life.
Rating: R(13+) Remaja


Asahigaoka, sebuah pedesaan yang jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota, dengan hanya memiliki satu toko permen dan satu buah bus untuk tranportasinya, tentu bukanlah tempat yang menyenangkan bagi semua orang. Meski begitu, anak-anak di sana masih dapat bersenang-senang dengan menghabiskan waktu menjelajahi dan berpetualang di desa mereka yang luas ini. Seperti itu, Miyauchi Renge (Koiwai Kotori), anak yang termuda dalam kelompoknya, yang sudah tak sabar menantikan untuk masuk sekolah dasar. Ke satu-satunya sekolah dimana nantinya Renge dan teman-temannya, Koshigata bersaudara, Natsumi (Sakura Ayane) dan Komari (Asumi Kana), menghabiskan waktu mereka, bermain dan belajar setiap hari. Dan sementara itu pula, seorang siswi kelas lima SD, Ichijou Hotaru (Murakawa Rie) baru saja pindah ke Asahigaoka dari Tokyo. Dan ia tidak menyadari bahwa sudah banyak petualangan dan kenangan-kenangan indah yang menunggu untuk dijelajahi.

Review Singkat

Pada awalnya kami sedikit kecewa dengan musim kedua 'Non Non Biyori' ini karena yang diberikannya kepada kita adalah cerita yang dimulai dari awal tahun ajaran lagi, sama dengan musim pertamanya. Namun untungnya, kisah yang mereka berikan adalah kisah baru yang belum diceritakan, dengan kualitas yang masih luar biasa bagus dan berbagai khayalan khas anak-anak yang kadang tak masuk akal. Ada satu hal juga yang menjadi kelebihan bagi musim kedua ini, yaitu cerita yang diberikan terasa lebih jelas, mulai dari permasalahan yang muncul hingga bagaimana penyelesaiannya tersusun rapih dan pastinya dibalut dengan kekonyolan yang akan membuat kita lebih menikmati sajian ini.

New Character.

Dan untuk penokohan, menjadi sedikit lebih baik dibandingkan sebelumnya terlebih pada penggalian latar belakang para karakter. Penggambarannya masih konsisten seperti sebelumnya, tiap-tiap karakter masih setia dengan apa adanya mereka, contohnya saja Natsumi dan Hikage yang selalu digambarkan apes di hampir segala tindakan yang ia buat. Renge juga tetap menggemaskan, dengan tingkah konyol dan kecerdasan alaminya, bahkan karena cerita yang ada pada musim sebelumnya, chemistry antara dia dan si dagashia itu kali ini lebih terasa banget, bahkan mengalahkan hubungan kakak adik antara dia dengan Hikage ataupun Kazuho.

More flashback.

Lalu untuk animasi, masih sama juga seperti sebelumnya, sangat bagu dengan detail dan keindahannya yang memukau. Namun ada beberapa hal yang juga sedikit kami kecewakan, ini tampak pada efek pakaian yang seharusnya basah tapi malah terlihat seperti biasa saja, tak ada perubahan. Untuk sfx dan bgm-nya, masih sespektakuler sebelumnya, masih sama bagusnya, detail dan keakuratannya patut diacungi jempol, seperti pada efek suara kodok di episode tentang hujan itu.

Review OVA

Hatorun….
Mengambil judul "Hotaru Bersenag-senang" sudah memperlihatkan dengan pasti siapa tokoh yang mendapatkan fokus utama pada cerita ini. Konsepnya juga cukup unik, menceritakan tentang bagaimana Hotaru melewati hari-harinya yang menyenangkan dalam setahun terakhir dalam empat musim yang berbeda. Penting atau tidaknya dengan jalan ceritanya, yah tentu tidak, ini hanya bersifat sebagai hiburan tambahan/ sampingan semata. Tidak berpengaruh banyak pada cerita asli, tak seperti OVA pertama yang menjadi prekuel film sekuelnya, hahahaha ribet…..

Kesimpulan

Adegan yang ada di opening season 1.
Jika kalian memperhatikan opening dari musim pertama, di sana ada sebuah scene yang cukup menarik namun tak dimunculkan di dalam ceritanya. Yah scene, mereka bermain di sungai dengan lompat dari atas jembatan. Dan kali ini, rasa penasaran kita sedikit terobati, karena itu muncul di sini beberapa kali. Lalu, sebagai perbandingan, untuk kualitas memang yang kedua ini terlihat lebih baik, namun untuk masalah menikmati atau tidak, kami pribadi lebih menyukai musim pertamanya dikarenakan sudah terlebih dahulu kecewa dengan premis kisah yang ada di musim kedua ini.

Dan untuk penilaian, inilah dia nilai dari kami untuk 'Non Non Biyori Repeat': Storyline (8.4) karena lebih tertata; character (8.5) ada beberapa hal yang belum tergali, digali di sini; art (8.0) sedikit kecewa dengan hal yang kami sebutkan tadi; sound (8.5) tak jauh berbeda dengan sebelumnya; dan enjoyment (7.5) karena kekecewaan tadi. Maka dari itu, nilai rata-rata yang diraihnya adalah sebesar 8.2, berbeda 0.2 poin dari sebelumnya. Namun ini tetap besar, dan pasti ini menjadikannya masih masuk ke dalam daftar anime yang kami rekomendasikan, tonton sekarang juga jika kalian sudah menyelesaikan musim pertama! Dan terakhir, jika kalian punya pendapat lain jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Non Non Biyori Repeat (8.2)
⭐⭐⭐⭐


(Pulau Kijang/290918)

Comments