[Anime Review] Ginga Eiyuu Densetsu: Die Neue These - Reboot Anime Opera Luar Angkasa yang Begitu Memukau

Gambar: Production I.G, Funimation

Judul Asli: Ginga Eiyuu Densetsu: Die Neue These - Kaikou
Judul Alternatif: The Legend of the Galactic Heroes: The New Thesis - Encounter (Legenda Para Pahlawan Galaksi: Babak Baru - Pertemuan)
Skor MAL: 7.65 (#1236)
Anifanscore: 53% (199/373) - Payah!
Perilisan: Musim Semi 2018
Penayangan: 3 Apr. - 26 Jun. 2018
Sekuel: Ginga Eiyuu Densetsu: Die Neue These - Seiran 1
Studio: Production I.G
Adaptasi: Novel
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 episode (25 men.)
Genre: Action, Drama, Military, Sci-Fi, Space.
Rating: D(18+) Dewasa


Di masa depan yang jauh dari umat manusia, dua negara antargalaksi — Kekaisaran Galaksi yang monarkis dan Aliansi Planet Bebas yang demokratis — telah lama terlibat dalam perang panjang yang tak berkesudahan. Cerita ini akan berfokus pada dua orang jenius perang, Reinhard von Lohengramm (Miyano Mamoru) dan Yang Wen Li (Suzumura Kenichi) yang bersaing tepat ketika mereka sedang tenar dan naik dalam tampuk kekuasaan di Kekairan Galaksi maupun di Aliansi Planet Bebas.

Storyline

Menjadi sebagai salah satu reboot dari anime fenomenal tahun 80an, 'Ginga Eiyuu Densetsu: Die Neue These' dipastikan membawa nuansa baru yang jelas berbeda dengan pendahulunya. Dengan segala hal yang baru, seri reboot ini memiliki cerita yang lumayan kompleks yang disertai berbagai macam kelebihan dan kekurangannya.

Penjelasan akan awal dari segalanya yang sangat baik

Berbicara untuk kelebihan, 'Ginga Eiyuu Densetsu 2018' ini adalah sebuah anime militer terbaik yang pernah kami tonton. Penggaliannya terhadap hal tersebut tidak main-main, bukan hanya seujung kuku, tetapi segala seluk beluk, tetek bengek perang dijelaskan secara terperinci di sini. Dan tentunya hal ini memiliki kelebihan tersendiri atau rasa menarik tersendiri yang jauh berbeda dengan seri-seri yang lebih menonjolkan aksi samata. Dengan penjelasan ini, kita sebagai penonton serasa akan dibawa lebih jauh lagi untuk memahami bagaimana perang itu sebenarnya berjalan. Dan jika telah memahami ini, keseruan cerita akan lebih meresap, strategi taktis dalam peperangannya sungguh luar biasa, bahkan sejak episode awal saja kita sudah diberikan dengan sebuah peperangan sebagai pembuka yang amat dahsyat.

Selain itu, sisi politik sebagai penyokong utama dunia kemiliteran juga memiliki penggalian yang tak kalah baiknya. Segala macam permainan politik diperlihatkan di sini. Mulai dari penjelasan tatanan sosial, persaingan kekuasangan dengan segala konspirasi di dalamnya hingga berbagai macam masalah ekonomi yang akan timbul dari keputusan mereka akan keberlangsungan perang.

Segala sisi dunia kemiliteran dibahas dengan kemasan yang amat baik

Meski memiliki berbagai macam kelebihan yang menarik, tapi anime ini masih memiliki beberapa hal yang perlu sedikit dikoreksi di dalamnya. Seperti alur maju mundur yang sebenarnya menarik, tetapi terkadang membuat bingung terutama pada flashback minor-nya, butuh perhatian lebih untuk hal ini. Selain itu seri ini memiliki pace yang terbilang cepat, hingga pada beberapa arc terasa berlalu begitu saja. Oh iya, anime ini juga memiliki akhir yang cliifhanger banget, yang mana lanjutannya yang berupa film akan tayang tahun ini.

Character 

Selain cerita yang luar biasa, anime satu ini juga memiliki penokohan karakter yang sama hebatnya pula. Meski memiliki episode yang terbatas, namun penggalian latar belakang yang diberikan sungguh maksmimal. Dengan dua orang (atau tiga jika termasuk Kircheis) tokoh utama dari dua kubu yang berbeda, semuanya digambarkan dengan begitu apik, tidak ada sisi yang tampak berat sebelah, saking terlalu baiknya penokohan dua sisi ini, kita sebagai penonton akan dibuat bingung untuk berpihak ke siapa, ke kaisaran kah? Atau aliansi kah? Tapi yang paling pasti kita akan menaruh perhatian pada kedua orang tadi, Yang dan Reinhard.

Beberapa karakter tambahan juga memiliki peran yang cukup baik di sini

'Ginga Eiyuu Densetsu (1988)' ini juga merapakan salah satu anime yang memiliki karakter terbanyak yang pernah ada. Di seri reboot ini juga bisa dibilang begitu, begitu banyak karakter yang muncul. Dan dari semua itu, karakter-karakter yang terbilang penting juga untungnya memiliki penggalian yang cukup dengan eksekusi yang lumayan baik, meski terkadang hal ini sedikit menyusahkan ketika kita ingin menghapal semua nama karakter beserta jabatan-jabatannya di anime berepisode singkat ini.

Art

Karakter-karakter yang ikemen idola para wanita

Jika ingin membandingkan dengan seri lawasnya, tentu yang 2018 ini memiliki kualitas animasi yang amat jauh berbeda. Banyak penyempurnaan yang dilakukan di sana-sini yang pastinya disesuaikan untuk era sekarang. Mulai dari desain karakter, dengan Kikuchi Youko yang memegang tanggung jawab, maka jangan heran jika kalian merasa desain karakter yang dimiliki oleh 'Ginga Eiyuu' ini pernah kalian lihat sebelumnya, terlebih pada anime-anime karya Production I.G yang lain. Bukan berarti buruk, justru hal ini lumayan bagus, desain mereka yang rada ikemen dengan postur-postur tubuhnya yang jangkung terlihat sangat keren dan memukau.

Interior yang menakjubkan

Desain pesawat yang luar biasa keren

Selain karakter, desain-desain interior dan eksterior bangunan serta desain pesawat yang sangat futuristik juga menjadi alasan mengapa anime ini patut untuk dinikmati. Dengan banyak menggunakan 3DCG dalam animasinya, 'Ginga Eiyuu' adalah salah satu anime yang kualitasnya dalam hal tersebut adalah sangat baik, penempatan antara gaya tradisional dengan 3D-nya sangat pas, sehingga rasa gap ketika menontonnya itu sangat kurang. Belum lagi berbagai macam visual effect yang memanjakan mata, seperti yang dapat kita lihat ketika pesawat-pesawat luar angkasa ini memasuki mode kecepatan cahaya atau ketika meriam di Iserlohn ditembakkan, efek-efeknya ini sesuatu banget, membuat kami terkesima akan adanya.

Sound

Untuk masalah sound, mungkin ini adalah bagian yang terbaik yang ada pada anime ini. Dengan kualitas kelas dunia, 'Ginga Eiyuu' merupakan salah satu dari sedikit anime yang memiliki scoring yang mempesona, bahkan belum ada sebelumnya kami temukan anime yang setara dengan seri ini. Berkat scoring yang luar biasa baik tadi, berhasil membuat atmosfer anime ini semakin kuat semakin terasa, terlebih pada adegan-adegan penting peperangannya, selain berkat narasi yang baik tadi, scoring inilah yang menjadi kunci penting akan hal tersebut.

Sound effect-nya pun begitu. Detail yang luar biasa akan segala macam alat-alat futuristik dalam anime ini, mulai dari bunyi ketika layar hologram muncul hingga lompatan cahaya pesawat luar angkasa menjadi alasan mengapa kami mengatakan begitu, mendengarkannya itu serasa menonton film-film galaksi kelas dunia.

Soundtracknya-pun jangan ditanya, baik opening dan ending kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Kalian mungkin akan sedikit menyesal ketika menonton anime ini tapi skip begitu saja pada opening, karena lagu-lagu yang dibawakan oleh Sawano Hirayuki [nZk] itu sangat sayang sekali dilewatkan. Ending yang bagaikan orkestra pada ending yang dibawakan ELISA-pun sama begitu.

Kesimpulan

Meskipun banyak di luaran sana yang menyayangkan anime reboot ini, menganggap serial lawasnya jauh lebih baik, bukan berarti menjadikan seri reboot ini terlihat buruk. Tidak! 'Ginga Eiyuu' ini adalah anime yang sangat bagus, wajar jika mereka memiliki perbedaan, karena masing director punya gaya tersendiri yang beda. Terlebih di luaran sana juga ada yang mengatakan bahwa versi 2018 ini lebih menyesuaikan novel, jadi sedikit banyak akan jauh berbeda dengan versi lawasnya.

Lupakan hal tersebut, jika menarik garis besar, seri anime ini adalah salah satu anime opera luar angkasa dengan cerita yang sangat baik meskipun masih ada sedikit kekurangan di sana-sini, serasa menonton Star Wars atau Star Trek versi anime (btw Iserloh itu mirip banget dengan Death Star). Kualitas animasi juga sama baiknya, bahkan suara adalah unsur yang paling unggul dalam seri ini. Jadi sangat disayangkan jika kalian lewati begitu saja, kecuali jika kalian adalah tipe penonton yang kurang menyukai dialog, alur yang ribet serta aksi yang minim, apalagi jika penggemar 'e', yah lebih baik kalian menjauh.

Baiklah, untuk penilaian, berikut dari kami untuk 'Ginga Eiyuu Densetsu (2018)': storyline (8.7) untuk cerita perangnya yang memukau, character (8.8) berkat penggalian dua arah yang membuat kita bingung untuk memilih siapa, art (8.8) berkat perpaduan antara gaya tradisonal dan CG-nya yang pas, sound (9.6) untuk kualitas kelas dunia-nya serta enjoyment (9.0) karena mampu membuat kami ketagihan untuk melanjutkan tiap episodenya. Dan rata-rata yang diraih oleh anime ini adalah sebesar 9.0. Sangat besar? Yah, memang. Dengan begitu wajar jika kami memasukkan anime ini kedalam salah satu yang kami paling rekomendasikan terkecuali jika kalian... (baca yang di atas).

Punya pendapat tersendiri? Silahkan tulis di kolom komentar!

Ginga Eiyuu Densetsu: Die Neue These - Kaikou (9.0)
⭐⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/160119)

Comments