[Anime Review] Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e - Andaikata Ceritanya Tidak Setengah-setengah, Mungkin Anime Ini Akan Jauh Lebih Baik.

Poster: Lerche/ Funimation
Judul Alternatif: Classroom of the Elite (Kelasnya Orang-orang Berduit)
Skor MAL: 7.92
Ranking: #670
Anifanscore: 89% (251/281) - Terbaik!
Perilisan: Musim Panas 2017
Penayangan: 12 Jul. - 27 Sep. 2017
Studio: Lerche
Adaptasi: Light Novel
Jenis: Animasi TV
Jumlah Episode: 12 Episode (24 Men.)
Genre: Drama, Psychological, School, Slice of Life.
Rating: R(13+) Remaja

Jika dilihat dari luar, SMA Koudo Ikusei adalah sebuah Utopia, sebuah tempat yang paling banyak diimpikan oleh remaja Jepang. Selain menjadi salah satu sekolah dengan peringkat tertinggi di Jepang, para siswanya juga dapat menikmati berbagai kebebasan serta fasilitas yang mengagumkan disana sepuas mereka. Namun, pada kenyataannya tidaklah seperti itu. Sekolah yang membagi tiap kelasnya menjadi 4, A hingga D, hanya kelas tertinggilah yang diperlakukan dengan istimewa, dan belaku pula sebaliknya.


Ayanokouji Kiyotaka (Chiba Shoya) adalah murid Kelas D, kelas yang menjadi tempat pembuangan bagi para murid yang terburuk. Berbagai jenis orang dia temukan di sini. Diantaranya Horikita Suzune (Kito Akari), gadis ketus yang beranggapan bahwa sekolah telah melakukan kesalahan karena menempatkannya disana serta berkeinginan besar untuk mendaki menuju Kelas A. Dan juga Kikyou Kushida (Kubo Yurika), idola kelas yang bertujuan untuk membuat sebanyak mungkin teman.

Meskipun keanggotan kelas bersifat permanen, peringkat kelas tidak. Siswa yang berada di kelas berperingkat rendah dapat naik peringkatnya jika skor mereka lebih besar bila dibandingkan dengan kelas yang berada di atasnya. Meski begitu, tetap saja Kelas D tidak memiliki metode apapun yang dapat digunakan untuk maju. Bisakah mereka menang melawan semua rintangan ini dan mencapai puncak di sekolah kejam ini?

Cerita dan Alur

Kurang sempurna adalah yang terlintas pertama kali ketika mengingat kembali anime ini. Yah hal tersebut memang tidak dapat dipungkiri dikarenakan kisahnya aslinya yang di Light Novel sendiri belum tuntas, jadi jangan berharap banyak akan ending yang sempurna pada anime ini. Menggantung, yap ini yang paling menonjol memang dari segala hal yang mengganggu yang ada padanya, andaikata diadaptasi ketika bahan dirasa sudah cukup mungkin perpektif kami akan jauh lebih baik untuknya.

[AWAS SPOILER] - Terlepas dari semua itu, dengan mengangkat unsur survival game di dalamnya, anime ini berhasil membuat kita sedikit terhibur dengan alur dan cerita yang begitu mengejutkan dan cukup sulit ditebak. Dan yang paling unggul dari semua itu adalah cerita pada terakhir anime ini. Cerita mengenai ujian spesial para siswa kelas satu yang akan membawa kita sebagai penonton sedikit ikut merasakan ketegangan dalam cerita yang ada dan menebak-nebak apa yang akan terjadi selanjutnya, serta bagaimana ini akan berakhir.

Selain dari segi cerita yang cukup menegangkan itu, banyaknya ide-ide segar yang cukup kreatif di dalamnya menjadi sisi positif lain untuk anime ini. Yang pastinya hal ini tidak lain tidak bukan adalah seluk beluk SMA Koudo Ikusei ini sendiri.

Penokohan Karakter

Penokohan yang luar biasa namun sangat kurang pada latar belakang. Baiklah, pertama adalah penokohan yang luar biasa. Hampir semua tokoh yang dimunculkan dalam anime ini memiliki karakter yang khas yang akan membuat kesan mendalam pada penonton. Contohnya yang paling jelas yah si Kusida, karakter cewek bermuka dua berhasil digambarkan disini, membuat kita mudah untuk muak, marah dan gak suka terhadapnya. Begitu pula tokoh utama sendiri, karakternya yang misterius masih membekas bahkan hingga anime ini berakhir.

Selanjutnya kurangnya latar belakang. Mungkin ini juga disebabkan oleh sumber yang masih terbatas, jadi belum diceritakan secara gamblang bagaimana para karakter ini bisa memiliki sifat seperti itu. Bagaimana Ayanokouji yang cerdik bisa semisterius ini, mengapa Suzune bisa didepak ke kalas terbawah padahal saudaranya sendiri merupakan Ketua OSIS dan mengapa Kushida tampak sebrengsek itu? Belum ada jawaban yang jelas untuk semua itu, padahal sesuatu yang dilakukan dengan alasan yang jelas akan tampak jauh lebih baik bukan?

Desain Karakter

Sebenarnya penggambaran karakternya tidak terlalu menonjol sih dalam anime ini. Namun yang sedikit membuat kami tertarik adalah cara mereka menggambar rambut karakter-karakter yang ada. Gradasi warna menjadi ciri khas tersendiri yang sedikit memanjakan mata ketika menyaksikan atau menonton 'You-Zitsu'.

Kualitas Animasi

Tidak banyak yang ingin dikatakan di sini. Memang cukup baik sih kelihatannya cuman masih agak kurang di bagian latar.

Sound

Gak berkesan. Sudah, itu aja.

Kesimpulan

Seperti yang kami katakan sebelumnya, andaikata anime ini membawa cerita yang lebih kompleks dan tidak setengaj-setengah seperti ini mungkin akan jadi lebih baik, serta nilai yang didapatkannya pun mungkin akan berhasil melewati 8.00 di MAL. Karena dengan cerita yang setengah-setengah ini saja nilainya sudah terbilang besar untuk anime sejenis.

Baiklah langsung saja, berikut penilaian kami bagi 'You-Zitsu': Cerita dan alur (7.8), penokohan karakter (7.8), desain karakter (7.9), kualitas animasi (7.5) dan sound (7.7). Dengan begitu rata-rata untuknya adalah sebesar 7.7. Dengan nilai segini, tidak ada salahnya jika kalian mencoba untuk menontonnya. Kami rekomendasikan!

You-Zitsu (7.7) 
⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/290418) 

Comments