[Short Review] ReLIFE: Kanketsu-hen - Sebuah Akhir Bahagia untuk Kisah yang Begitu Indah

Foto: TMS Entertainment
Judul alternatif: ReLIFE: Final Arc
Skor MAL: 8.28 (#247)
Anifanscore: 90% (402/449) - Terbaik!
Penayangan: 21 Maret 2018
Prekuel: ReLIFE
Studio: TMS Entertainment
Adaptasi: Web Manga
Jenis: Spesial
Jumlah episode: 4 eps. (23 men.)
Genre: Slice of Life, Romance, School.
Rating: R(13+) Remaja

Ini adalah kisah perjalanan akhir dari Kaizaki Arata dalam menjalani program ReIFE-nya. Dia kini mulai berubah menjadi lebih baik dari dirinya yang dulu, yang selalu merasa gagal dan putus asa akan kehidupannya. Namun untuk mengakhiri semua ini bukanlah perkara mudah, teman-temannya yang telah banyak menghabiskan waktu bersamanya harus kehilangan ingatan akan dirinya ketika program ini berakhir, sesuatu yang akan sangat dia sesali. Terlebih, ia harus menghadapi perasaannya yang kini mulai tumbuh terhadap Hishiro Chizuru, gadis yang mulai ia cintai harus melupakan dirinya, sungguh cobaan yang berat. Di lain pihak, Chizuru yang merupakan subjek percobaan ReLIFE juga harus menghadapi kenyataan yang sama. Teman-teman beserta orang yang ia cintai harus melupakannya setelah program ini berakhir. Apakah mereka akan bertemu kembali di kehidupan mereka yang pastinya akan berbeda dari sebelumnya.

Kesimpulan

[AWAS SPOILER] - Dilihat dari skor MAL, episode spesial ReLIFE ini mendapatkan nilai yang lebih besar jika dibandingkan dengan seri originalnya, tak bisa dipungkiri memang, hal ini benar adanya. Dengan episode yang hanya 4 buah cerita di dalamnya terasa cukup padat. Dibandingkan dengan prekuelnya yang lebih banyak membahas drama kehidupan sekolah serta para problematika para remaja, di sini cerita romansa-nya lah yang berjaya, namun kisah seperti sebelumnya masih tidak ketinggalan. Keakraban antar teman serta kisah percintaan para remaja masih menjadi pokok hiburan, kita mungkin akan sedikit menikmati canda serta kegalauan mereka, terkadang juga bikin senyum sendiri (mengingat masa lalu mungkin).

Tidak berhenti sampai di sini, konflik batin yang dirasakan sang tokoh utama juga menjadi poin penting dalam cerita. Kegundahan yang dirasakan Arata dan Chizuru cukup tersalurkan kepada para penonton, mereka yang tidak ingin melupakan satu sama lain dikisahkan dengan sangat baik disini. Bahkan tekad Chizuru untuk tidak melupakan Arata terlihat cukup jelas saat ia harus memimum pil penghilang ingatan.

Dan pastinya puncak dari semua ini adalah endingnya yang menyentuh. Yah sudah terprediksi memang, namun tetap saja dengan melihat langsung kisahnya menambah kepuasan tersindiri akan kisah romansa mereka ini.
Akhir yang bahagia untuk mereka berdua

Kelebihan lain dari ReLIFE, masih sama dengan sebelumnya, karakter yang terkadang berubah menjadi chibi pada adegan tertentu membuat kita gemas akan mereka. Tampilannya yang moe dan lucu itu ditambah adegan humor menjadi hiburan yang tak boleh terlewatkan. Namun ada satu hal yang sangat disayangkan, mengingat ini adalah episode spesial dan tidak seperti Anime TV, modal untuk memproduksinya terbilang sedikit, hingga membuat penggambaran karakter-karakter figuran hanya berupa siluet saja. Andai hal ini tidak terjadi, mungkin nilai anime ini akan jauh lebih baik lagi.

Chibi mode yang kawaiiii

Sayang harus begini karakter figurannya

Terakhir, inilah penilaian kami akan episode spesial dari 'ReLIFE' ini: Cerita dan alur (8.5), penokohan karakter (8.1), desain karakter (8.3), kualitas animasi (6.9) dan sound (7.9). Maka dari itu rata-rata untuknya adalah sebesar  7.9. Nah dengan begini, jika kalian adalah penyuka anime dengan genre slice of life, maka admin cukup merekomendasikan anime ini kepada kalian. Dan pastinya, sebelum menonton pastikan kalian juga sudah menonton seri pertamanya, karena dipastikan akan sulit memahami jalan cerita yang ada jika kalian belum menonton seri pertama atau membaca wab manga anime ini. 😇 

ReLIFE: Kanketsu-hen (7.9)
⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/020318)  

Comments