[Anime Review] Tokyo Ghoul:re 2nd Season - Sebuah Sekuel yang Baiknya Tidak Pernah Ada Sama Sekali

Poster: Studio Pierrot

Skor MAL: 6.51 (#5981)
Anifanscore: 46% (239/516) - Payah!
Perilisan: Musim Gugur 2018
Penayangan: 9 Okt. - 25 Des. 2019
Prekuel: Tokyo Ghoul:re
Studio: Studio Pierrot, Pierrot Plus
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 episode (24 men.)
Genre: Action, Drama, Horror, Mystery, Psychological, Seinen, Supernatural
Rating: D18+ (Dewasa)


Melanjutkan kisah dari musim pertamanya, dimana CCG sudah menemukan pangkalan Aogiri di Rushima dan berniat untuk menyerbu mereka. Sementara itu, Kaneki (Hanae Natsuki) sudah mendapatkan kembali ingatannya yang hilang namun ia masih tetap melanjutkan hidupnya dalam bayangan Sasaki Haisei. Di lain tempat, Takatsuki Eto (Sakamoto Maaya), sang One Eyed Owl dalam peluncuran buku terakhirnya secara gamblang mengungkapkan identitasnya sebagai seorang ghoul, dalam bukunya tersebut tertulis impiannya untuk menyatukan kehidupan ghoul dan manusia juga sebuah rahasia tentang kebenaran dibalik organisasi CCG.

Ulasan Singkat

[AWAS SPOILER] - Dengan judul review seperti di atas, kalian mungkin sudah dapat membayangkan bagaimana kualitas cerita dari musim terakhir Tokyo Ghoul ini. Berbeda dengan musim sebelumnya dimana kami masih bisa menerima dan menolerir ceritanya yang padat, kali ini tidak, karena ceritanya bukan sekedar padat lagi, tapi terburu-buru, dan ini mengacaukan segalanya, entah itu cerita ataupun penokohan para karakternya, sebuah penutup yang amat sangat mengecewakan.

Penokohannya itu mengecewakan banget, serius
Banyak poin-poin penting yang rasanya terlewati dan kurang digali pada musim terakhir ini. Saking terburu-burunya, ceritanya sama sekali tidak memiliki atmosfir yang pas dan kurang dapat menggali perasaan para penonton, padahal banyak bagian-bagian cerita yang penting dan memiliki potensi besar, seperti terungkapnya rahasia dibalik CCG, rahasia Arima Kishou, rahasia si Eto tentang Raja Bermata Satu, atau bahkan pada adegan mengamuknya Kaneki. Semuanya itu yang ditampikan cuman bagian yang dirasa pentingnya doang, tanpa ada pembangunan cerita yang lebih mendalam, dan ini membuatnya cuman menjadi kayak apa gitu, cuman begitu doang, merusak ekspektasi.

Masalah yang dimiliki seri Tokyo Ghoul bukan hanya ini, mereka itu punya banyak karakter penting tapi pengaliannya amat sangat kurang, yap, itu semua kembali ke masalah terburu-buru tadi. Terlihat sangat payah, terutama pada main villain yang karakternya itu gak mengena sama sekali, segala tindakannya tuh dilihatin hanya begitu aja, gak ada kesan mengintimidasinya, kurang deh kurang pokoknnya. Belum lagi penggalian yang kurang ini disertai dengan pace ceritanya yang terlalu cepat pula, serta banyaknya karakter yang muncul dalam satu adegan berhasil membuat penonton cukup sulit untuk mengenal beberapa di antara mereka, perlu usaha yang lebih rasanya untuk mengingat tentang mereka pula.

Alasan utama nonton musim ini yah untuk melihat si Ichika doang

Nah, kalau untuk desain karakter sama animasi, masih terbilang lumayan, cukup bagus malahan. Penampilan para karakternya yang berubah dari musim sebelumnya juga keren-keren. Begitupula soundtrack-nya, "katahrsis" yang dibawakan oleh TK dari Ling Tosite Sigure, khas Tokyo Ghoul banget. Udah...

Kesimpulan

Alasan utama untuk menonton musim terakhir seri Tokyo Ghoul ini hanyalah satu, untuk menuntaskan apa yang sudah ditonton dari 3 musim sebelumnya, selain itu tidak ada. Seperti pada judul di atas, sekuel ini lebih baik tidak dibuat sama sekali, karena hanya memperburuk seri ini, meski sebenarnya sudah buruk dari sebelum-sebelumnya sih. Yah pada intinya, musim kedua Tokyo Ghoul:re ini memiliki cerita yang sangat disayangkan, tapi untuk animasi apalagi soundtrack-nya massih boleh dikatakan lumayan.

Berikut penilaian kami:
  • Storyline (6.3), karena terlalu kejar tayang.
  • Character (5.9), sama-sama kejar tayang.
  • Art (7.3), desain karakter barunya lumayan oke.
  • Sound (7.5), terima kasih TK from Ling Tosite Sigure.
  • Enjoyment (6.0), cukup sulit mengatakan kalau kami menikmati musim terakhir ini.
Dengan nilai-nilai di atas, jumlah rata-rata yang di dapatkan oleh Tokyo Ghoul:re Season 2 adalah sebesar 6.6. Nilainya sih sudah cukup untuk memasukkannya ke kategori lumayan, tapi yah tetap, kami kurang merekomendasikannya.

Tokyo Ghoul:re 2nd Season (6.6)
⭐⭐⭐ 



(Bekaa/220819)

Comments

  1. Bakal ada lanjut an ga ya hehehe

    ReplyDelete
  2. Setuju banget sih klo emg yg season ini dia kesannya ngebut jadi kek masih banyak rongga2 bolong di keseluruhan ceritanya

    ReplyDelete

Post a Comment