[Anime Review] Musaigen no Phantom World - Anime Supernatural yang Penuh Akan Warna

Gambar: Funimation, Kyoto Animation
Judul Alternatif: Myriad Colors Phantom World (Dunia Phantom yang Penuh Warna)
Skor MAL: 7.00 (#3591)
Anifanscore: 80% (283/352) - Menarik
Perilisan: Musim Dingin 2016
Penayangan: 7 Jan. - 31 Mar. 2016
Sekuel: Musaigen no Phantom World Special
Studio: Kyoto Animation
Adaptasi: Light Novel
Jenis: Animasi TV
Episode: 13 Episode (24 men.)
Genre: Action, Comedy, Fantasy, Slice of Life, Supernatural.
Rating: R(13+) Remaja

Phantom: entitas supernatural seperti hantu atau youkai yang hingga saat ini dianggap takhayul. Namun, persepsi tersebut berubah ketika virus buatab yang menginfeksi otak menyebar ke semua orang dan mengungkapkan bahwa para makhluk mitos ini telah hidup bersama umat manusia selama ini. Virus ini juga telah mempengaruhi generasi berikutnya secara signifikan, yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan kemampuan khusus yang dapat digunakan untuk melawan phantom-phantom berbahaya.


Ichijou Haruhiko (Shimono Hiro) dan Kawakami Mai (Uesaka Sumire) adalah dua dari mereka yang memperoleh kekuatan. Haruhiko memiliki kemampuan untuk memanggil dan menyegel para phantom melalui sebuah gambar, sementara Mai mampu menggunakan kekuatan berbagai elemen dalam bela diri. Bersama dengan Ruru, seorang phantom yang ramah, mereka membentuk Tim E dari Akademi Hosea untuk membasmi para phantom yang menyebabkan kerugian bagi umat manusia.

Storyline

Menghibur, menyenangkan dengan komedi yang cukup, mungkin inilah yang dapat menggambarkan bagaimana rupa dari anime 'Musaigen no Phantom World" ini. Genre action comedy yang dibawakannya sangat pas, scene-scene pertarungannya sangatlah apik, lalu ditambah unsur fantasi yang begitu kental menambah keseruan dalam menikmati ceritanya. Hal lain yang membuatnya semakin menarik adalah adanya penjelasan-penjelasan mengenai berbagai hal-hal ilmiah yang dibawakan dengan sesantai mungkin, membuat kita dapat sedikit mengambil pelajaran entah itu sejarah, kimia ataupun fisika dari anime ini. Adapula bumbu-bumbu misteri tersembunyi dibalik ceritanya seperti hubungan sebenarnya antara Ichijou dan Ruru juga tidak bisa kita pungkirkan bahwa ini menjadi nilai tambah untuknya.

Enigma, my lovely villain.

Namun, yang agak disayangkan dari anime ini ada pada villainnya. Screentime-nya yang terlalu sedikit, hanya sekitar dua episode, untuk ukuran seorang antagonis utama. Yah, meski begitu, untungnya mereka berhasil membuat kesan bahwa villain ini kuat dan berbahaya, apalagi ditambah dengan kecantikannya, kesannya menjadi semakin kuat. Dan terakhir, kekurangan yang paling mendasar dari anime ini adalah ceritanya yang terlalu biasa dan masih tergolong rata-rata dari anime aksi kebanyakan, dan selain animasinya, ceritanya ini kurang berkesan sama sekali.

Characters

Loli Imouto and Red Haired Tsundere
Dengan hampir setiap karakter utama memiliki episode tersendiri yang memfokuskan cerita pada dirinya tentu sudah menjadikan seri ini berhasil dalam penokohan para karakternya. Kita menjadi tahu lebih dalam tentang latar belakang, sifat serta kepribadian sang karakter tersebut karena hal ini. Dan tentunya, untuk sifat dan kepribadian para karakternya, 'Musaigen no Phantom World' berhasil mempersembahkan yang terbaik untuk para penontonnya. Selain sang villain, Enigma yang cantik dan mematikan, untuk karakter-karakter lain pun memiliki ciri khas mereka tersendiri, mulai dari Mai yang atraktif, Kurumi yang imouto-able banget hingga red hair tsundere, Koito yang pastinya bisa bikin banyak otaku cowok kesemsem.

Art

Dilihat dari studio yang menggarapnya saja mungkin sudah terbayangkan bagaimana kualitas yang ditampilkan dalam anime ini. Bukan KyoAni namanya jika mereka menggarap anime dengan kualitas animasi yang setengah-setengah. Mata kita akan dimanjakan dengan animasi penuh warna (sseperti judul anime ini) dalam seri ini Bahkan jika kita bandingkan dengan anime lain dengan genre supernatural yang serupa, kita bisa melihat bagaimana perbedaan yang mencolok diantara mereka, 'Musaigen no Phantom World' memiliki ciri khas yang lebih berwarna dan segar jika dibandingkan dengan anime supernatural kebanyakan yang tampak kelam.

Kawakami Mai, salah satu karakter anime tercantik bagi admin.

Untuk desain karakter, sudah pasti tak perlu dianggap remeh. Ciri khas KyoAni yang mana animenya dipenuhi gadis-gadis moe kembali di sini. Siapa yang dapat menyangkal hal ini, karena semua karakternya tampil hampir tanpa cacat dengan design yang luar biasa menarik. Bahkan bagi admin pribadi, karakter Mai adalah salah satu karakter anime tercantik sejauh yang admin temukan, hehe.

Sound

Pertama, untuk soundtrack, lagunya cukup sesuai dengan ciri khas anime-nya yang penuh warna, selain enak didengar tentunya. Lalu, untuk background music dan sound effect-nya juga bisa dibilang demikian, semuanya tampak pas dengan setiap adegan yang ada. Dan ini tentunya membantu kita lebih menikmati ceritanya, terutama pada action scene yang tampak intens namun tidak meninggalkan kesan colorfull-nya.

Kesimpulan

Jika kita membandingkan antara 'Musaigen no Phantom World' dengan anime-anime KyoAni yang lain, nilainya termasuk lumayan kecil. Namun, bukan berarti menjadikannya tidak layak tonton, tidak. Karena anime ini termasuk anime supernatural yang paling 'menghibur' menurut pendapat admin pribadi dengan berbagai komedi serta  aksi dan animasi-nya yang begitu menyegarkan mata. Sangat cocok untuk melepas penat dan mengisi waktu luang kita.

Berikut penilaian admin mengenai 'Musaigen no Phantom World' ini: Storyline (7.2), characters (7.4), art (8.6), sound (7.3) dan enjoyment (7.8). Dengan begitu rata-rata yang diperolehnya adalah sebesar 7.7, dan ini menjadikannya termasuk anime yang tergolong menarik. Maka dari itu admin rekomendasikan untuk kalian tonton. Terakhir, apabila kalian memiliki penilaian tersendiri jangan sungkan untuk mengisinya di kolom komentar.

Musaigen no Phantom World (7.7)
⭐⭐⭐⭐

(Pulau Kijang/030818)

Comments