[Short Review] Chuunibyou demo Koi ga Shitai! Movie: Take On Me - Akhirnya Kisah Romansa Mereka Gak Jalan di Tempat Lagi

Gambar: Sentai Filmworks, Kyoto Animation
Skor IMDb: 5,4/10
Skor MAL: 8.32 (#215)
Anifanscore: 87% (242/277) - Terbaik!
Penayangan: 23 Mei 2018 (Idn.)
Sutradara: Ishihara Tatsuya
Studio: Kyoto Animation
Jenis: Movie
Adaptasi: Light Novel
Durasi: 1 jam 38 men.
Genre: Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School.
Rating: R(13+) Remaja

Melanjutkan kisah dari serial animasinya, film ini mengambil latar di saat Yuuta (Fukayama Jun) dan Rikka (Uchida Maaya) telah menginjak kelas tiga SMA. Diceritakan, pada suatu hari di musim semi, Touka (Sendai Eri), kakak dari Rikka, menyatakan bahwa dia akan membawa Rikka bersamanya ke Italia, mengingat ia telah memiliki pekerjaan tetap disana menjadi alasan mengapa mereka harus pindah sebagai sebuah keluarga.


Alasan lain juga karena Touka khawatir jika Rikka takkan mampu untuk melanjutkan pendidikannya ke universitas di Jepang ini. Namun, apa yang dipikirkan oleh Rikka dan Yuuta serta teman-teman mereka yang lain tidaklah demikian. Mereka berdua-pun disarankan untuk kawin lari hingga Touka melunak akan keinginannya tersebut. Dan dengan inilah drama pelarian ke seluruh pelosok Jepang dimulai!!

Review Singkat

Bagi kalian yang telah menonton serial dari anime ini, pastinya ada yang merindukan atau mungkin penasaran bagaimana kelanjutan kisah cinta dari dua sejoli pengidab Chuunibyou ini. Nah, untungnya film ini sedikit menjawab apa yang selama ini menggantung di kepala para penonton. Jika kita ingin membanding-bandingkan dengan musim serial ini sebelumnya yang mana kisah asmara mereka itu berjalan sangat lambat, bahkan bisa dibilang hampir tidak ada perkembangan sama sekali, jalan di tempat. Maka di sini, hal tersebut terbayarkan, terlebih nuansa seriusnya terasa lebih kental, namun tidak menghilangkan keesksistensian komedinya sama sekali. Yah, kita benar-benar akan selalu dibawa tersenyum sendiri akan kisah mereka berdua ini, mulai dari awal hingga hingga akhir film bahkan terasa cepat saking menikmatinya.

Yuuta tampak semakin dewasa di sini

Untuk nuansa yang serius tadi, bisa terlihat dari jalinan cinta kasih mereka yang sudah semakin intens, belum lagi ditambah dengan konflik pribadi masing-masing antara Yuuta dan Rikka yang begitu kental dan semakin menambah kesan seriusnya. Hal lain yang membuat anime ini menarik adalah karakter-karakter lain yang tak kalah menghiburnya dari sang bintang utama. Tingkah laku mereka dengan ciri khasnya masing-masing serta persahabatan antar wanita yang tak dapat diganggu kuat menjadi bumbu penyedap yang menambah kenikmatan dalam mengikuti film ini.

Hal menarik lainnya yang bisa menjadi pertinbangan kenapa harus menonton film anime ini adalah banyaknya referensi ataupun cameo dari anime-anime buatan KyoAni lain, seperti Dera Mochijelek ataupun Ruru yang ikut ambil bagian di sini. Bahkan jika diperhatikan baik-baik, mereka ini berada di satu universe yang sama dengan anime 'Tamako Market', hal ini terbukti saat mereka pergi ke distrik perbelanjaan Usagiyama dan membeli mochi di toko yang tampak mirip dengan toko keluarga Kitashirakawa, Tama-ya, yang juga menjadi tempat pelarian pertama mereka.

Hayoo ini dimana?

Untuk kualitas animasi, KyoAni jangan ditanya, selalu yang terbaik dengan karakter moe-nya yang memanjakan mata. Meski pada background-nya memang tampak kurang begitu detail, namun dengan gaya pastel atau lukisan, membuatnya tampak lebih mengagumkan. Dan untuk sound, yang paling favorit pastinya adalah kehebatan para seiyuu-nya dalam memerankan karakter-karakter moe ini, dapat banget mereka, cocok dan pas, apalagi 'uuu'-nya Rikka ketika dipukul, gemesin dan sesuatu banget.

Kesimpulan

Min, kalau misalkan belum nonton serialnya worth it gak? Bisa aja, karena ini hanyalah anime ringan yang tak memerlukan pemahaman lebih dalam memaknai ceritanya. Mungkin hanya akan terkendala dalam mengenal para karakter serta asal-usulnya, tetapi dengan komedi-nya yang menyenangkan dan kisah romansa yang bikin senyum-senyum sendiri bisa menutupi hal tersebut. Nonton serial-nya terlebih dahulu lebih baik sih, hehehe...

Baiklah, berikut penilaian kami mengenai 'Chudeko! Movie: Take On Me': Storyline (7.8), character (7.2), art (8.4), sound (8.1) dan enjoyment (8.6). Dengan begitu, nilai yang di dapatkan oleh film anime satu ini adalah sebesar (8.0). Pastilah jika seperti ini admin merekomendasikannya kepada kalian, ayo tonton! Segera masukkan ke dalam daftar tontonan kalian!

Jika punya pendapat lain, jangan sungkan mengisinya di kolom komentar!

Chuunibyou demo Koi ga Shitai! Movie: Take On Me (8.0)
⭐⭐⭐⭐


(Pulau Kijang/200818)

Comments