[Anime Review] Non Non Biyori - Anime Loli dengan Cerita Santai Berkualitas, Bukan Menjual Keimutan Semata

Gambar: Sentai Filmworks/ Silver Link.

Skor MAL: 8.00 (#554)
Anifanscore: 77% (157-203) - Menarik
Perilisan: Musim Gugur 2013
Penayangan: 8 Okt. - 24 Des. 2013
Sekuel: Non Non Biyori Repeat
Side Story: Non Non Biyori: Okinawa e Ikukoto ni Natta
Studio: Silver Link.
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 Episode
Genre: Comedy, School, Seinen, Slice of Life.
Rating: R(13+) Remaja


Meski hanya sebuah pedesaan biasa yang terlihat membosankan, namun berkat 5 orang murid di satu-satunya sekolah yang ada di sana, tidak ada hari yang tidak berwarna di Asahigaoka. Ditulis oleh Atto, Non Non Biyori mengisahkan kehidupan sehari-hari yang luar biasa dari Miyauchi Renge (koiwai Kotori), si kecil yang selalu kepo dan berisik dengan "Nyanpasu!"-nya, Koshigaya bersaudara -Suguru yang pendiam, Komari (Asumi Kana) yang cebol dan Natsumi (Sakura Ayane) yang hiperaktif- serta Ichijou Hotaru (Murakawa Rie), anak SD yang terlalu cepat dewasa. Yap, ini adalah cerita tentang mereka dalam menjalanai kesenangan hidup di daerah pedesaan.

Storyline

Ketika pertama kali melihat skor yang didapat oleh anime ini di situs MAL, rasa penasaran kami mulai muncul, kok bisa yah anime bertema slice of life loli seperti ini mampu mendapatkan nilai sebesar itu. Jarang terjadi loh hal seperti ini, biasa-nya anime dengan tema yang sama hanya akan mendapatkan nilai kisaran 7.50 saja. Dan ternyata, semua ini terjawab ketika kami menontonnya, seperti judul, anime loli ini tidak menjual keimutan karakternya semata, tetapi yang ceritanya yang sederhana namun luar biasa membuat anime ini jauh lebih bernilai ketimbang yang lain. Menarik, dengan cerita yang sederhana namun dengan kompleksitas masalah yang dihadapi tiap-tiap karakternya adalah hal yang cerdas. Dan tentu saja, komedi yang menjadi genre utama anime ini kental banget keberadaannya, kita akan dibawa tersenyum dan tertawa melihat tingkah laku empat, eh bukan, lima sekawan ini, seperti cerita tentang masalah kesalah pahaman kecil saja bisa dibungkus sedemikian rupa cerdasnya sehingga mampu membuat kita terpingkal-pingkal akibatnya kekonyolan mereka ini.

Meski bukan jualan utama, tapi keimutan Rengge nyuri banget.

Kelebihan lain dari Non Non Biyori adalah mereka bisa banget membuat suasana pedesaan Jepang. Mulai dari kehidupan tradisonal orang-orang yang ada di dalamnya hingga penggambaran alam yang menenangkan banget, dan ini tentu saja ditambah dengan kualitas animasi dan sound yang menakjubkan. Meski begitu, ada yang sedikit kami sangsi sih, seperti sedikitnya karakter figuran entah itu anak-anak ataupun warga desa lain yang muncul dalam layar di anime ini.

Character

Untuk anime yang memiliki jumlah karakter utama yang cukup banyak, Non Non Biyori kembali berhasil mengelola sesuatu yang riskan ini dengan sangat baik. Pembagian cerita untuk tiap-tiap karakternya sangat pas, mulai dari narasi yang menceritakan salah satu karakter saja, lalu berdua hingga sekaligus semua alias ramean. Semua ini dikelola dengan sangat cermat, hingga pengembangan karakternya-pun berjalan dengan sangat baik pula, kita menjadi tahu bahwa Natsumi yang hiperaktif ini juga masih memiliki sifat ndeso yang kental banget. atau karakter Komari yang menarik dengan mimpi-nya untuk menjadi wanita dewasa namun masih memiliki sifat kekanak-kanakan yang jauh dari hal tersebut, lalu ada juga Hotarun, si anak kota sederhana yang karakternya sedikit menyerempet ke yuri, meski sebenarnya hal ini hanya sekedar rasa gemes antar temen, tidak lebih dari itu.

Chemistry antar dua karakter ini lumayan kental.

Dan tentu saja, untuk karakter yang paling nyuri perhatian, si Renge juga mendapatkan jatah yang tak kalah baik dan menarik. Penggalian tentang dirinya sedikit lebih banyak dari yang lain, kita jadi lebih tahu bagaimana kisah masa lalu dia ketika bayi bersama dengan si Dagashia dan bagaimana dia bias mendapatkan twin tail di rambutnya sekarang. Penokohan untuk dirinya juga sama baiknya, tingkah laku Renge benar-benar mencerminkan anak kelas 1 banget, entah itu kepo-nya dia atau ketidak jelasannya dia. Oh iya jangan lupa untuk karakter Suguru dari Koshigaya bersaudara, si abang aneh ini kalau kelihatan matanya ternyata cakep juga, lumayan untuk jadi tampang main hero. hahaha. Dan tambahan pula, karakter-karakter minor yang sesekali muncul seperti Konomi, Hikage ataupun si Dagashia juga memiliki peran yang cukup penting dalam membantu membangun cerita yang ada, yah mereka dimanfaatkan dengan cukup baik.

Ikemen sih, cuman saying gak bisa ngomong

Art

Scene akhir yang eyecatching banget dan berbeda-beda tiap episodenya

Untuk sebuah anime slice of life sederhana, lagi-lagi Non Non Biyori memiliki kualitas yang luar biasa, kualitasnya sangat baik dan begitu apik, memanjakan mata banget ketika menontonnya. Untuk desain karakternya memang lumayan namun tak terlalu istimewa, tetapi untuk latar belakang jangan ditanya, detailnya wow banget, mengagumkan, cukup membuat diri ini untuk tidak dapat berkata apa-apa. Contoh yang paling mencolok tentu saja pada scene next episode.

Sound

Dan lagi lagi, menakjubkan, ya seri ini tidak henti-hentinya membuat admin pribadi kagum. Soundeffect-nya bagus banget, seperti pada episode 2 yang sedang berlatar di terowongan, betul-betul dibuat sepersis mungkin. Background music-nya juga lumayan, begitu menenangkan dan mencirikan desa banget kayak yang kami katakana sebelumnya, entah itu sekedar bunyi kicauan burung atau mungkin vocal manusia, sama-sama bagusnya. Opening-nya yang tak terkesan seperti opening-opening anime loli ini juga enak banget untuk didengerin, kesan sol-nya dapat banget. Namun sayang, ada sedikit kegagalan dalam pengisian suara karakternya, mereka terlalu memaksakan seiyuu Rengge untuk menirukan suara bayi yang mana hasilnya malah jadi berantakan dan tidak enak didengar.

Review OVA

Beruntung banget ini orang

Jika kalian menyukai cerita yang ada pada serial utamanya, maka otomatis kalian juga akan menyukai cerita yang pada serial ini. Kecuali, jika kalian termasuk tipe orang yang tidak suka hal yang setengah-setengah. Mengapa? Karena OVA kali ini memiliki cerita yang nanggung. Di sini ceritakan bahwa Suguru mendapatkan hadiah undian untuk liburan ke Okinawa, dan tentunya semua juga ikut diajak. Nah, namun saying yang diperlihatkan di sini hanyalah persiapan para karakter pra-keberangkatan tersebut, sedangkan cerita perjalanannya nihil. Yah mudah-mudahan saja cerita inilah yang dilanjutkan pada filmnya.

Kesimpulan

Masih tidak habis rasa kekaguman ini untuk serial anime yang satu ini. Cerita yang cerdas, penokohan yang sukses, kualitas animasi dan suara yang mumpuni, benar-benar mampu menghipnotis hingga kita tak sadar sudah berada di episode terakhir anime ini. Dan tentunya, dengan segala kelebihan ini sudah pasti Non-Non Biyori masuk kedalam anime yang admin rekomendasikan, dan wajib masuk ke dalam watching list kalian sekarang juga.

Jika masih kurang, berikut nilai yang kami berikan untuk anime ini: Storyline (8.2), character (8.4), art (8.4), sound (8.7) dan enjoyment (8.0). Dengan begitu rata-rata yang diperolehnya adalah sebesar 8.3. Besar bukan? Nah ayo segera tonton serial ini. Dan juga bigthanks untuk @hows12 yang sudah request review kami di Instagram. Terakhir, jika kalian punya komentar lain, jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar.

Non Non Biyori (8.3)
⭐⭐⭐⭐


(Pulau Kijang/160918)

Comments

Post a Comment