[Short Review] Durarara!!x2 Ketsu - Akhir dari Festival

Gambar: Aniplex, Shuka
Skor MAL: 8.18 (#333)
Anifanscore: 82% (137/168) - Menarik
Perilisan: Musim Dingin 2016
Penayangan: 9 Jan. - 26 Mar. 2016
Prekuel: Durarara!!x2 Ten
Side Story: Durarara!!x2 Ketsu: Dufufufu!!
Studio: Shuka
Adaptasi: Light Novel
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 episode (24 men.)
Genre: Action, Mystery, Supernatural
Rating: D(18+) Dewasa

Untuk mencapai impiannya, kini Ryuugamine Mikado (Toyonaga Toshiyuki) telah hanyut dalam pembersihan anggota Dollar dari dalam, ia melakukannya sesuai dengan rasa keadilan yang ia miliki, meskipun hal tersebut sebenarnya keliru. Hal ini membuat temannya, Kida Masaomi (Miyano Mamoru) khawatir, maka dari itu untuk mengembalikan temannya tersebut kembali seperti semula ia mengumpulkan seluruh sisa-sisa anggota Syal Kuning yang pernah ia pimpin. Namun, kedua orang ini tidak tahu, bahwa di sekitar mereka ada banyak sekali kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan apa yang mereka miliki, dan salah satu dari yang banyak ini tidak lain adalah sahabat mereka sendiri, Sonohara Anri (Hanazawa Kana).


Sementara itu di apartemen Shinra (Fukuyama Jun), orang-orang yang berkumpul di sana menyadari bahwa mereka saat ini berada di tengah-tengah suatu peristiwa yang sangat besar, yang mungkin saja dapat mengubah pandangan dunia terhadap sesuatu, sebuah peristiwa yang akan membuat Ikebukuro berputar dalam kebingungan. Dan apa yang mereka cemaskan ini pada akhirnya terwujud, kepala Celty dilaporkan telah ditemukan di tengah-tengah keramaian kota, hingga utusan Kujiragi Kasane datang dan membuat kekacauan serta mencuri Kepala tersebut.

Dari semua cerita ini kita ketahui, masa-masa tenang yang pernah terjadi di Ikebukuro hanyalah sebuah waktu yang singkat dimana puncak dari segala pertunjukan yang telah terjadi selama ini dipersiapkan secara perlahan-lahan menunggu waktu saat mereka akan dilepaskan untuk menjadi kisah Ikebukuro yang terbaik sekaligus mendebarkan.

Review Singkat

[AWAS SPOILER] - Dua musim telah berlanjut untuk 'Durarara!!x2', segala sesuatu yang terjadi di musim tersebut menjadi sebuah pondasi yang kuat untuk apa yang terjadi musim ini. Musim akhir yang menjadi final event dari segala macam kejadian yang dialami oleh kota Ikebukuro. Seperti apa yang kami sebutkan di atas, secara garis besar ada dua poin penting yang terjadi di sini, serta beberapa poin kecil yang andilnya tak kalah besar. Dan pastinya hal tersebut dinarasikan dengan apik dan sangat menarik.

Konfrontasi dua sahabat yang memilukan

Poin pertama yang terjadi diantara tiga orang sahabat yang memiliki kuasa atas tiga kekuatan besar di Ikebukuro. Persahabatan mereka yang kini dipertaruhkan terkadang mampu membuat emosi kita naik turun, agak kesel, kasihan, haru bercampur aduk disini, bahkan tentang kepribadian Mikado yang kini tampak jauh berubah 180 ͒ memiliki tanggapan yang beragam, kepolosannya bisa membuat kita kesal, marah dan kasihan bahkan iba kepadanya. Dan untuk poin yang kedua yang terjadi di sisi Shinra dan Celty juga memiliki kisah yang tak kalah dramatis, di sini kita disuguhkan bagaimana rasa yang sebenarnya telah terpendam di antara mereka berdua ini. Perasaan yang dimiliki Celty terhadap Shinra maupun sebaliknya ternyata benar-benar kuat, contohnya saja Celty yang menjadi gelap mata ketika Shinra mengalami bahaya dan nekat melakukan segala cara demi menyelamatkannya atau seperti Shinra yang percaya akan perasaannya dan juga nekat melakukan sesuatu yang memiliki resiko yang sangat besar bagi hidupnya. Sebuah romantisme aneh yang terjadi di tengah-tengah kekacauan ini adalah sebuah hidangan utama yang sangat lezat untuk disantap.

BIG SPOILER!!

Sebagai penutup dari keseluruhan kisah yang ada di 'Durarara!!x2', sudah barang pasti musim ini menjadi musim berkumpulnya semua karakter-karakter yang ada. Dan mereka juga lah yang menjadi poin-poin bumbu yang menambah kelezatan sajian utama yang telah disediakan. Contoh dari poin ini tidak lain adalah invasi Saika kw-sekian di pusat kota Ikebukuro, dan yang menjadi dalang dibaliknya sendiri tak lain adalah si guru bejat, Takashi, yang pada musim mulai dari awal serial ini selalu menjadi incaran si Saika kw-3, Harima Mika.

Kacau, kacau, Ikebukuro di tengah kekacauan

Namun, ada poin tambahan yang bisa dikatakan sebagai poin utama juga, apalagi kalau bukan konfrontasi antara duo Shizuo dan Izaya. Di sini diperlihatkan bagaimana mereka bertarung secara habis-habisan dengan segala kemampuan yang mereka miliki, jika biasanya hanya sekejap kita diperlihatkan adegan pertarungan tersebut, di sini kita akan merasa sedikit lebih puas.

Terakhir, yang paling admin sukai dari musim keempat ini adalah episode final-nya. Ketegangan yang diberikan pada episode ini kental banget, adegan demi adegannya penuh segala sesuatu yang penting yang tak boleh kita lewatkan sama sekali. Klimaks yang ada di episode ini bukan cuma satu, masalah demi masalah dating bergantian, selesai yang satu dating lagi yang lain, seolah-olah kita tidak diberi waktu untuk bernapas setelah satu masalah tersebut terselaikan, cerdas memang.

Review OVA

Orang-orang pada patuh bukan karena takut, tetapi kasihan dengan dirinya di masa depan
Sebenarnya, di setiap musim dari anime 'Durarara!!' memiliki satu episode ekstra, jika sebelumnya tidak kami bahas, maka pada musim ini kami akan mencoba untuk membahasnya. OVA yang menceritakan tentang Shizuo palsu dari Numobakuro dan membuat onar di Ikebukuro ini benar-benar kocak, lucu banget. Dari keempat OVA yang telah ada juga, admin paling favoritkan adalah yang satu ini. Meski memang 'perawakan' dan namanya mirip dengan Shizuo, lalu ditambah dengan sifat pantang menyerahnya mampu menjadi obat penghilang rasa tegang setelah menonton serial Utama-nya. Jadi, apakah baiknya ini diskip atau tidak? Jawab admin, tonton aja, ini menarik!

Kesimpulan

Di musim terakhir ini pun, Karisawa-chan tetap memukau
Setelah menonton musim pertama hingga ketiga seri ini, maka sayang dong jika kita tidak melanjutkan ke musim paling akhirnya. Sebagai final season maka sudah pasti dijamin seperti apa cerita yang akan diberikan. Klimaks yang mendebarkan, ketegangan yang tiada henti adalah sebagian dari apa yang disajikan. Boleh dikatakan Durarara!!x2 Ketsu berhasil menjadi penutup yang menarik dari serial ini.

Dan berikut penilaian kami untuk 'Durarara!!x2 Ketsu': Storyline (8.5), character (8.4), art (8.7), sound (8.5) dan enjoyment (8.5). Maka dari itu, rata-rata poin yang didapatkannya adalah sebesar 8.5. Dan tentu saja, musim keempat Durarara!! ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian tonton, dengan syarat kalian harus menonton musim-musim sebelumnya juga biar gak kebingungan. Jika kalian punya komentar tersediri tentang anime ini juga jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar.

Durarara!!x2 Ketsu (8.5)
⭐⭐⭐⭐


(Pulau Kijang/100918)

Comments