[Anime Review] Working!! - Anime yang Cocok Buat Menyia-nyiakan Waktu

Gambar: NIS America, A-1 Pictures
Skor MAL: 7.79 (#910)
Anifanscore: 77% (185/240) - Menarik
Perilisan: Musim Semi 2010
Penayangan: -
Sekuel: Working'!!
Setting Alternatif: WWW.Working!!
Studio: A-1 Pictures
Adaptasi: 4-koma Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 13 episode (24 men.)
Genre: Comedy, Romance, Seinen, Slice of Life.
Rating: R(13+) Remaja


Karena ketertarikannya terhadap hal-hal kecil dan imut, Takanashi Souta (Fukuyama Jun) tidak dapat menolak ajakan Taneshima Popura (Asumi Kana) yang bertubuh mungil untuk bekerja di Wagnaria, sebuah restoran keluarga yang terletak di Hokkaido. Dan tentu saja Takanashi menikmati pekerjaannya dikarenakan dia dapat bersenang-senang dengan memanjakan (red: mengganggu) Popura yang terlihat muda untuk gadis seusianya. Namun setelah bertemu rekan-rekan kerjanya yang lain, mulai dari sang Kepala Pelayan, Todoroki Yachiyo (Kitamura Eri) yang selalu membawa katana, Satou Jun (Ono Daisuke) Kepala Koki yang menyeramkan, lalu rekannya Souma Hiroomi (Kamiya Hiroshi) yang pemalas namun "berbahaya" dan sang Manager, Shirafuji Kyouko (Watanabe Kumiko) yang malasnya minta ampun hingga Inami Mahiru (Fujita Saki), yang punya phobia akut terhadap laki-laki.

Storyline

Sebagai sebuah anime komedi ringan, 'Working!!' termasuk salah satu yang cukup menghibur dengan narasi yang menarik dan komedi yang mengalir yang cukup membuat kita terpingkal-pingkal karena kejenakaan para karakternya. Meski masih ada beberapa joke yang terkesan agak memaksakan, namun itu bukan masalah besar, 'Working!!' tetap menghibur dari awal hingga akhir musim pertamanya ini.

Meski porsi romcom-nya dikit, tapi lumayan dapatlah feel-nya.

Jika kita melihat pada genre yang tertera di atas, tercantum romance yang menandakan bahwa anime ini termasuk anime komedi romantic. Namun sayangnya, porsi untuk genre ini tidak terlalu banyak dimunculkan pada musim ini. Sedikit tersirat memang dan juga romansa yang ada lumayan menarik, cuman kurang di porsi-nya aja, lebih banyak tertutupi dengan komedi yang memang menjadi tema utama serial ini.

Character

Souta-centris banget ceritanya meski banyak karakter Utama yang lain

Dari segala aspek yang menjadi bahasan kami, mungkin ini yang menjadi aspek terburuk bagi 'Working!!'. Anime ini memiliki jumlah karakter utama yang banyak (9 orang), namun sayangnya mereka tidak mampu men-develop karakter mereka dengan baik. Malahan Souta terlihat seperti karakter utama tunggal, dan orang-orang lain di sekitarnya hanyalah pembantu, entah itu dikarenakan penggalian yang kurang, screentime yang hanya berat sebelah, dll. Bahkan, terlihat beberapa karakter lain yang tak sepenuhnya dijamah, seperti Maya -meskipun dapat porsi di episode terakhir- atau dua orang koki lain yang terlihat di awal episode anime ini. Namun, masih ada yang admin sukai dari penokohan di 'Working!!' ini, tiap-tiap karakter utamanya yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda satu dan yang lain cukup menghibur dan cukup membantu bagaimana komedi anime ini mengalir dengan baik seperti yang kami katakana tadi.

Art

Masih agak sangsi dengan pewarnaannya.
Berasal dari salah satu studio animasi yang cukup besar dan berbudget lebih, A-1 Pictures, 'Working!!' memiliki kualitas animasi yang pas-pasan meski jika dibandingkan untuk standar animasi pada 8 tahun yang lalu, seri ini masih terlihat cukup baik . Dan Jika dilihat sekarang, tentu kualitas animasinya menjadi tak begitu istimewa, desain karakternya masih terlihat cukup kaku dengan pewarnaan yang terlalu cerah dan kombinasi yang terlihat sedikit kurang pas.Yah, jika kita lebih fokus ke cerita hal ini bukanlah masalah yang harus dibesarkan.

Sound

Seperti prinsip "Awan", buat anime sebanyak mungkin dengan  modal seminim mungkin. Yap, pas-pasan, biasa aja tak terlalu istimewa untuk aspek soundeffect, background music atau yang lainnya. Terkecuali pada soundtrack, karena ini sedikit menarik. Dan apa yang membuatnya begitu adalah keterlibatan para seiyuu-nya langsung untuk menyanyikan opening dan ending-nya tanpa menggunakan musisi lain dari luar. Gak modal, keliatannya…

Kesimpulan

Jika kalian sedang dalam kebingungan dalam memikirkan anime apa yang selanjutnya ingin ditonton, atau lagi kosong karena anime yang kalian nantikan tidak kunjung rilis, mungkin 'Working!!' adalah salah satu solusi untuk mengisi kekosongan waktu tersebut. Komedinya yang cukup menghibur mampulah untuk membuat kita rileks sejenak, untuk tidak terlalu memikirkan betapa lamanya kita telah menunggu untuk sesuatu yang kita nantikan tersebut. Hahaha...

Dan untuk penilaian, berikut besar nilai yang diraih oleh 'Working': Storyline (7.1) untuk komedinya yang cukup mengalir character (6.5) dikarenakan banyaknya hole yang ada di sini, art (6.8) pas-pasan dan kurang nyaman dilihat dan sound (7.0) karena soundtrack yang enjoy listening banget serta enjoyment (7.5) karena memang cocok buat ngisi waktu luang. Dengan begini, nilai rata-rata yang dirahi oleh serial anime ini adalah sebesar 7.0. Maka dari itu, tentulah 'Working!!' masuk ke dalam jajaran anime yang cukup kami rekomendasikan untuk kalian apabila tidak ada anime lain yang dapat kalian tonton.

Punya tanggapan yang berbeda? Jangan lupa menulisnya di kolom komentar!

Working (7.0)
⭐⭐⭐


(Pulau Kijang/210918)

Comments