[Anime Review] Gakkougurashi! - Anime Survival Horror + Moe dengan Bermacam Misteri yang Bikin Penasaran

Poster: Lerche, Sentai Filmworks

Judul alternatif: School-Live! (kehidupan Sekolah!)
Skor MAL: 7.68 (#355)
Anifanscore: 81% (517/642) - Menarik
Perilisan: Summer 2015
Penayangan: 9 Jul. - 29 Sep. 2015
Studio: Lerche
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 12 episode (24 men.)
Genre: Slice of Life, Psychological, School, Horror, Mystery.
Rating: D(18+) Dewasa

Takeya Yuki (Minase Inori) sangat mencintai sekolahnya hingga tak ingin pergi dari sana! SMA Megurigaoka, tempat yang unik di mana Yuki menikmati hidupnya yang tanpa beban sebagai pelajar juga anggota Klub Kehidupan Sekolah bersama Wakasa Yuuri (Ichimichi Mao), Ebisuzawa Kurumi (Ozawa Ari), Naoki Miki (Takahashi Rie) dan pembimbing mereka, Sakura Megumi (Kayano Ai), juga peliharaan mereka, Taroumaru (Katou Emiri).


Namun, kebahagian ini hanyalah ilusi kebahagian Yuki yang tak dapat memahami dan menerima akan apa yang terjadi di sekitarnya. Karena pada kenyataanya, mereka sedang berjuang, beradaptasi dengan dunia pasca wabah besar melanda. Mereka berada di tengah-tengah kiamat zombi yang mengisolasi mereka di gedung sekolah, menunggu untuk melahap mereka semua. 

Storyline

Namanya juga anime, ada aja hal yang bisa dimasukkan ke dalamnya sesuai kehendak dari sang pengarang. Berbagai macam bumbu diracik sedemikian rupa, termasuk dua hal yang saling berjauhan atau bertolak belakang, dan ini nantinya entah itu akan masuk, atau malah menjadi gagal. Mungkin beginilah pembuka yang tepat untuk anime aneh satu ini, 'Gekkougurashi'. Memiliki tema utama post-apocalyptic, seri ini membawa sesuatu yang bisa dibilang jauh dari hal tersebut, yaitu 'moe'. Maka dari itu, tak heran jika pembukanya akan membuat banyak orang salah paham, apalagi kalau belum tahu ini anime apa sebenarnya. Dan sedikit demi sedikit, seiring berjalannya cerita, berbagai macam kejanggalan mulai diperlihatkan, mulai dari kaca sekolah yang terlihat pecah, Mii-kun yang seperti tidak tahu apa yang terjadi kecuali melalui perkataan Yuki, hingga hawa keberadaan Megu-nee yang tipis. Ya, seri ini cukup baik dalam memberikan misteri-misteri guna pembangunan cerita.

Misteri yang sedikit demi sedikit terkuak membuat kita penasaran bagaimana ceritanya berlanjut

Alur anime ini juga cukup menarik, alur maju mundur membuat ceritanya tidak monoton, flashback-nya berguna untuk membangun cerita menjadi lebih dalam lagi. Ending yang dimilikinya pun tak tertebak, apakah para gadis ini akan bertahan, apa yang akan mereka lakukan, atau apa mereka akan pergi dari sekolah dan bagaimana. Karena berbagai macam bumbu-bumbu ini pula, tak heran 'Gakkougurashi' memiliki banyak elemen-elemen mengejutkan yang akan mengaduk emosi. Selain itu, anime ini juga memiliki joke yang lumayan, cukup membantu untuk kesan moe yang diberikan.

Humornya juga lucu dalam kadar yang pas

Namun sayang, untuk sebuah seri fiksi tentang post apocalyptic, 'School-live' masih memiliki kecacatan logika di sana sini. Seperti dinding luar gedung Mall yang keras terlihat hancur padahal tak ada sesuatu apapun yang terlihat yang cukup besar dan kuat untuk membuat kerusakan itu dalam waku yang lumayan singkat, yang ada hanyalah para zombi.

Character

Setiap karakternya itu penting, meski ada satu yang paling menonjol

Selain karakter Yuki, karakter lain masih terlihat kurang menonjol. Mereka hanya tampak seperti karakter anime moe biasa dan adanya sesuatu yang spesial. Kenapa hanya Yuki juga sebenarnya wajar, karena dialah yang berperan penting untuk membuat unsur psikologi dalam anime ini dengan "kelainan" yang ia miliki, tambahan seragamnya yang berbeda dengan yang lain juga masih menjadi misteri. Tapi, secara keseluruhan, semua karakter yang muncul memiliki perannya masing-masing, setiap dari mereka adalah tokoh penting juga kunci dari keseluruhan cerita. Meski Yuki memang memiliki karakter yang menonjol, tapi ia takkan bisa membangun cerita sendirian, adanya teman-temannya yang membuat ceritanya terus maju dan berkembang.

Art

Ada perbedaan tone yang jelas ketika ada dan tidaknya zombi
Tak salah jika 'Gakkougurashi' dibilang sebagai anime slice of life moe, mengingat desain karakternya sangat mendukung. Tampilan yang imut dengan rambut warna-warni dan mata besarnya, jauh sekali dari kesan anime survival horror. Penggambaran dunia post-apocalyptic-nya juga lumayan baik berikut dengan penggunaan tone yang berbeda tiap ada dan tidaknya para zombi, meski masih ada beberapa kesalahan seperti yang kami katakan sebelumnya. Sedikit kekurangan, mungkin ada pada desain zombinya ini, penggunaan aura-aura pada mereka itu terlihat sangat tidak penting, agak gimana gitu, kurang pas jika hanya bertujuan agar mereka terlihat lebih seram, malah jatuhnya hal ini seperti mengganggu.

Sound

Hal lain yang membuat anime ini sedikit rancu, ada pada soundtrack-nya yang tak ada kesan survival horror tadi. Yah, opening dan ending-nya tak lebih seperti anime-anime dengan tokoh utama gadis-gadis kecil lucu yang lain. Untuk yang lain, no comment.

Kesimpulan

Seri anime 'Gakkougurashi' atau 'School-Live' ini adalah sebuah anime yang menarik dan tidak biasa lengkap dengan berbagai macam elemen kejutan yang dimilikinya. Tiap episodenya cukup seru untuk terus diikuti, bahkan pada tahun perilisannya seri ini cukup booming. Emosi kita juga diajak untuk beraduk-aduk, entah itu sedih, takut, tegang, ataupun kesal karena tindakan para karakternya. Yang tak habis pikir mengapa mereka ke Mall hanya untuk mencari makan, kenapa tak langsung menggunakan mobilnya untuk pergi jauh, kan gampang, langsung selesai cerita, hahaha.

Oke, baiklah, berikut penilaian kami untuk 'Gakkougurashi!':

  • Storyline (7.4), misteri-misterinya membuat penasaran untuk terus diikuti.
  • Character (7.0), berkat Yuki pastinya.
  • Art (7.6), untuk desain moe mereka.
  • Sound (7.3), karena suara Inori Minase adalah segalanya, hahaha.
  • Enjoyment (7.7), cukup seru untuk diikuti tiap episodenya.
Dengan begitu, rata-rata nilai untuk seri ini adalah sebesar 7.4. Cukup kami rekomendasikan untuk kalian, terutama bagi para penikmat elemen kejutan. Oh iya, meski anime ini tergolong anime dewasa karena adegan kekerasan, namun tak begitu banyak adegan gore yang terlihat.

Gakkougurashi! (7.4)
⭐⭐⭐



(Bekaa/300519)

Comments