[Anime Review] GATE - Masalah Politik-pun Akan Menjadi Imut dan Menghibur Kalau Sudah di Dunia Anime

Foto: Sentai Filmworks/ A-1 Pictures
Judul Lengkap: Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri
Judul Alternatif: Gate: Thus the JSDF Fought There! (Gate: Demikianlah Pasukan Pertahanan Jepang Bertempur)
Skor MAL: 7.89 (#715)
Perilisan: Musim Panas 2015
Penayangan: 4 Jul. - 19 Sep. 2015
Sekuel: Gate 2nd Season
Studio: A-1 Pictures
Adaptasi: Novel
Jenis: Animasi TV
Jumlah Episode: 12 Episode (23 Men.)
Genre: Action, Military, Adventure, Fantasy.
Rating: D(18+) Dewasa

Itami Youji (Suwabe Junichi), seorang Perwira dari Japan Self-Defense Forces (JSDF) yang juga seorang otaku, sedang dalam perjalanan untuk menghadiri sebuah Konvensi Doujin di Ginza, Tokyo ketika sebuah portal misterius yang berbentuk gerbang besar tiba-tiba muncul. Dari gerbang ini, bermunculan makhluk-makhluk aneh dan prajurit berbaju zirah abad pertengahan, mereka menerobos kota, membunuh dan menghancurkan segala yang mereka temui. Karena naluri-nya sebagai seorang tentara, Youji dengan cepat menyelamatkan sebanyak mungkin warga sementara itu para pasukan JSDF lainnya yang datang mengarahkan upaya mereka untuk menghentikan invasi yang mengejutkan ini.


Tiga bulan setelah kejadian tersebut, Youji yang kini telah diangkat menjadi Letnan Dua berkat usahanya tersebut ditugaskan untuk memimpin sebuah Tim Pengintaian Khusus, sebagai bagian dari gugus tugas JSDF, yang akan dikirim ke dunia di luar gerbang - yang kini disebut sebagai "Wilayah Khusus". Ia dan tim-nya harus melakukan perjalanan ke dunia yang belum mereka ketahui ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mereka hadapi dan berusaha untuk menjalin hubungan dengan penduduk setempat dengan harapan menciptakan perdamaian dengan kekaisaran yang berkuasa. Tetapi jika mereka gagal, mereka harus menghadapi konsekuensi yang  akan menelan banyak kerugian bagi kedua sisi gerbang.

Cerita dan Alur

Salah satu bukti kehebatan senjata modern

Dengan membawa genre isekai yang sudah cukup umum dalam dunia per-anime-an, 'Gate' sedikit membawa suasana baru dimana fokus cerita bukan hanya pada individual, tetapi lebih umum. Yang mana hal ini memiliki pengaruh tersendiri dalam ceritanya yang terbilang cukup berat. Tema yang diangkat bukanlah sekedar bertahan hidup atau mengalahkan monster di dungeon, melainkan masalah politik dan sedikit kolonialisme. Namun namanya juga anime, hal-hal berat tadi jadi berasa imut dan kawai karena pembawaaan cerita. Secara keseluruhan, anime ini cukup menghibur meski dalam penyajiannya kita masih dibuat bingung mau dibawa kemana cerita yang ada, hal ini terasa cukup wajar sih mengingat episode-nya yang terbatas.

Penokohan Karakter

[AWAS SPOILER] - Jika dilihat secara keseluruhan, tidak ada yang mengganjal. Bagaimana mereka memberikan latar belakang dunia di "Wilayah Khusus" ini dengan berbagai suku dan ras di dalamnya sudah cukup detail dan kompleks dan beberapa tokoh-pun mendapatkan penggalian yang cukup untuk karakter mereka.

Itami, si tokoh utama
Namun ada sedikit yang mengganjal di benak kami, khususnya pada sang karakter utama, Itami pada episode awal anime ini. Saat insiden Ginza tersebut, keaktifan sang tokoh utama serta pujian yang diberikan kepadanya terasa terlalu dilebih-lebihkan, padahal yang terlihat tidak banyak yang ia lakukan selain bertanya dan membunuh satu musuh, entahlah jika ada yang off-air. Selain itu perkenalannya juga kurang sempurna, bahkan bisa dibilang gagal, apakah dia tentara sebelum ke pameran/ penyerangan, atau bukan? Yang disebutkan hanya ia bekerja, tidak tahu itu apa, sehingga ketika adegan kenaikan pangkat akan sedikit membingungkan penonton awam yang kebanyakan akan kaget bahwa ia adalah seorang tentara.

Desain Karakter

Terlihat sama bukan?
Yang sangat disayangkan adalah pada karakter pria dalam anime ini. Di saat karakter wanita-nya meiliki desain yang cukup memukau yang cukup membantu untuk membedakan mereka satu sama lain. Karakter pria malah digambarkan biasa-biasa saja, kurang malah, hampir tidak ada ciri khas yang melekat pada mereka sehingga terkadang membuat bingung penonton untuk membedakan yang satu dengan yang lain. Bahkan pada karakter utama sendiri, jika tidak dibantu dengan ciri khas-nya yang 'pemalas' karakternya hanya tampak seperti figuran semata.

Kualitas Animasi

Seperti kebanyakan anime produksi A-1 Pictures yang lain, kualitas animasi 'Gate' terbilang cukup bagus. Dengan tambahan efek 3DCG pada kendaraan-kendaraan berat (tempur) serta hewan buas juga cukup baik meski masih terlihat agak kaku.

Sound

Selain soundtrack yang cukup enak didengar. Sound effect pada senjata yang ditembakkan, dentingan pedang dan lain-lain terdengar biasa saja, cukup baik memang, namun tidak ada yang istimewa, mungkin bisa dibilang masih kurang nyata dan membawa suasana.

Kesimpulan

Jika kalian penggemar anime yang bergenre isekai, sayang rasanya melewatkan untuk melwwatkan anime ini. Konsep cerita yang sedikit unik dan berbeda dimana kita dapat melihat bagaimana perkasanya senjata-senjata dunia modern mudah menghancurkan pasukan yang masih bermodalkan pedang dan panah terbilang sangat menarik. Bahkan jika ditilik dari intrik politiknya, admin sendiri merasa menonton 'Game of Thrones' versi kawai, hahaha - ini ngaco-. 

Oke, baiklah berikut penilaian kami untuk anime 'Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri': Cerita dan alur (8.0), penokohan karakter (7.2), desain karakter (6.9), kualitas animasi (7.9) dan sound (7.0). Dengan begini maka rata-rata yang didapatkannya adalah sebesar 7.4. Tergolong cukup baik, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba. Oh yah, season keduanya lebih menarik loh...

Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri (7.4)
⭐⭐

(Bekaa/270518)

Comments