[Anime Review] Kimi no Na wa. - Siapa yang Belum Nonton Salah Satu Anime Movie Terbaik dan Terlaris Ini?

Foto: Funimation/ CoMix Wave Films
Judul Alternatif: Your Name. (Namamu.)
Skor IMDb: 8,4/10
Skor MAL: 9.19 (2)
Penayangan: 7 Desember 2016 (Idn.)
Studio: CoMix Wave Films
Sutradara: Makoto Shinkai
Adaptasi: Original
Jenis: Movie
Durasi: 1 Jam 46 Men.
Genre: Supernatural, Drama, Romance, School.
Rating: R(13+) Remaja

Miyamizu Mitsuha (Kamishiraishi Mone), seorang gadis SMA yang begitu menginginkan melanjutkan kehidupannya di Tokyo yang ramai dan jauh dari kehidupannya saat ini yang sepi, di sebuah kota kecil pinggir danau, Itomori. Sementara itu, Tachibana Taki (Kamiki Ryunosuke) menjalani kehidupan yang sibuk sebagai seorang siswa SMA yang bekerja paruh waktu sebagai seorang pelayan demi menggapai mimpinya dalam bidang arsitektur.


Suatu hari, mimpi aneh menimpa diri mereka berdua. Mitsuha terbangun di sebuah kamar yang asing, lebih anehnya lagi ia menemukan dirinya menjalani kehidupan orang lain, kehidupan yang amat diimpakannya untuk tinggal di Tokyo. Sedangkan Taki menemukan dirinya di dalam tubuh seorang wanita yang hidup jauh di sebuah kota kecil yang sederhana. Dan yah, mereka berdua bertukar tubuh.

Demi mendapatkan jawaban akan fenomena aneh yang menimpa diri mereka berdua ini, mereka mulai mencari satu sama lain. Yang mana hal ini akan mengantarkan mereka kepada sebuah hal yang tidak akan pernah mereka pahami sebelumnya, yang akan berdampak pada kehidupan mereka masing-masing. Dan akhirnya terjalin, bersatu oleh nasib dan keadaan.

Cerita dan Alur

Mindblowing, cerdas, jenius. Semua hal yang terbaik dalam sebuah cerita anime bergabung dengan sempurna di Kimi no Na wa.. Makoto Shinkai benar-benar membuat sebuah mahakarya (lagi) dengan anime movie satu ini. Pada awal menonton anime ini kesan pertama untuk ceritanya bagi kami adalah ini anime sederhana, namun makin lama makin ke depan entah kenapa anime ini memiliki masalah yang begitu kompleks, sangat detail dan dalam. Sehingga jika kita kurang memperhatikan dengan baik anime ini mungkin kita akan melewatkan sesuatu yang sangat menarik darinya.

[AWAS SPOILER] - Mindblowing - Siapa yang akan mengira bahwa anime yang ceritanya terlihat seperti FTV Indonesia ini akan menjadi begitu menarik dan jauh dari apa yang kita bayangkan sebelumnya. Pikiran tentang FTV Indonesia tadi benar-benar jauh terbuang dengan kisah perjuangan Taki demi menyelamatkan Mitsuha meski sesuatu yang mustahil memisahkan mereka. Bagaimana cerita ini berawal, berlanjut dan berakhir membuat kita lupa bahwa lebih dari 100 menit waktu telah kita lewati menontonnnya.

Selain menjadi nama dewa penjaga Kuil Miyamizu, Musubi punya peran penting lain dalam anime ini.
Cerdas dan jenius - Makoto Shinkai tidak sembarangan dalam membangun cerita film anime ini. Ia memasukkan berbagai unsur mitologi dan legenda kedalamnya dengan sangat sempurna. Bahkan inti cerita ini adalah tentang 'musube', sebuah kata dengan makna mendalam yang menjadi pondasi dasar dari keseluruhan kisah anime ini. Banyak orang yang sedikit bingung sebenarnya dengan alur anime ini, namun disitulah letak luar biasanya anime ini. Alurnya yang tidak mudah ditebak benar-benar membuat rasa bosan hilang ketika menontonnya.

Yukino Yukari, heroin dari Kotonoha no Niwa
Dan terakhir, banyaknya cameo serta trivia dalam anime ini juga menjadi bumbu tersendiri dalam menikmatinya. Seperti unsur-unsur maupun karakter dari karya Shinkai sebelumnya, 'Kotonoha no Niwa'. Bahkan adanya sponsor di dalam anime ini menambah ceritanya menjadi sedikit lebih baik.





Penokohan Karakter

Momen yang mulai sedikit mengusik hati admin
Perasaan kehilangan antara Taki dan Mitsuha adalah salah satu dari sekian banyak yang admin kagumi di sini. Perasaan mereka benar-benar tersampaikan dengan baik, berhasil membuat admin berempati malahan, seolah-olah kami lah yang menjadi mereka. Perjuangan Taki serta keputusasaannya setelah mengetahui semua kebenaran benar-benar sedikit menusuk hati admin. Begitu pula pada Mitsuha, kisah mengenai dirinya yang merasa hampa dan dengan susah payah berjuang untuk pergi menemui Taki adalah momen yang cukup berkesan bagi admin, terlebih dengan adegan air mata yang sudah diperlihatkan sebelumnya.

Jangan lupa pula dengan kisah latar belakang karakternya. Memang tentang siapa Taki tidak diceritakan dengan jelas bagaimana dia, namun kisah mengenai keluarga Miyamizu sedikit meluluhkan hati bagi kami. Hubungan Mitsuha dengan ayahnya benar-benar suatu yang pelik yang dikisahkan dengan sempurna oleh sang sutradara.

Dan yang paling menakjubkan tentunya berasal dari sang seiyuu tokoh-tokoh anime ini. Khususnya Kamiki Ryunosuke, dia benar-benar totalitas dalam menyuarakan Mitsuha yang sedang berada di dalam tubuh Taki, kesan feminisnya benar-benar dapat bagi kami. Hebat.

Desain Karakter

Sederhana, namun sangat menarik 
Sebenarnya banyak anime lain yang memiliki karakter yang lebih bagus dan kompleks dari karya-karya Shinkai. Namun dengan kesederhanaannya dan lebih mengedepankan unsur realitas, semua karakter tadi terasa sudah tidak dianggap lagi. Kesederhanaan yang mengagumkan.





Kualitas Animasi

Yah ini sih jangan ditanya. Terbaik deh pokoknya. Masa iya harus dijelasin lagi. Hehe...

Sound

Sempurna yang ingin admin katakan untuk anime ini. Selain soundtrack yang benar-benar berhasil masuk ke inti cerita karena rasa yang begitu kental dalam setiap alunannya. Tak ketinggalan pula sound-effectnya. Benar-benar detail, bahkan admin meragukan ini benar-benar anime movie-kah karena saking sempurnanya hal tersebut.

Kesimpulan

Langsung to the point, inilah penilaian kami untuk Kimi no Na wa.: Cerita dan alur (9.9), penokohan karakter (9.7), desain karakter (9.2), kualitas animasi (9.8) dan sound (9.9). Nilai yang sangat besar, hal ini sangat diwajari sih dengan segala kualitas yang ditawarkan. Rata-rata yang diperolehnya sendiri adalah 9.7. Maka sangat disayangkan jika kalian belum termasuk ke dalam orang-orang yang belum menonton anime ini. Tunggu apa lagi, buruan! Tonton sekarang juga!

Kimi no Na wa. (9.7) 
⭐⭐⭐

(Bekaa/100518) 

Comments

  1. Kimi no Nawa itu best anime movie kalau menurut saya. Terima kasih reviewnya. Saya juga nulis sinopsisnya jika berkenan baca
    https://jurnalfilm.com/sinopsis-film-kimi-no-na-wa-part-1/

    ReplyDelete

Post a Comment