[Anime Review] Charlotte - Cerita yang Mengejutkan Namun Gagal dalam Eksekusi Akhir

Foto: P.A. Works/ Aniplex USA
Skor MAL: 7.92 (#646)
Anifanscore: 92% (427/462) - Terbaik!
Perilisan: Musim Panas 2015
Penayangan: 15 Jul - 27 Sep 2015
Studio: P.A. Works
Adaptasi: Original
Jenis: Animasi TV
Jumlah Episode: 13 Episode (24 Men.)
Genre: Drama, School, Super Power.
Rating: R(13+) Remaja

Satu lagi karya Jun Maeda, setelah dua anime fenomenal lainnya 'Angel Beats' dan 'Clannad'. Anime Charlotte mengeksplorasi mengenai kehidupan para remaja berkemampuan khusus dalam menghadapi kerasnya dunia dan perjuangan mereka untuk hidup sebagaimana manusia pada umumnya.


Sang tokoh utama, Otosaka Yuu (Uchiama Kaoki) adalah seseorang yang menarik dan cerdas layaknya remaja-remaja yang lain, namun yang membedaknnya adalah ia memiliki kemampuan untuk masuk ke dalam pikiran seseorang dan mengambil alih tubuh mereka sepenuhnya selama lima detik. Yuu telah menggunakan kekuatannya selama bertahun-tahun untuk mendapatkan nilai tertinggi di sekolahnya semata-mata agar ia dapat masuk sekolah tinggi bergengsi lain ketika lulus dari SMP.

Karena kecurangan yang dilakukannya, Yuu ketahuan menggunakan kekuatannya tersebut oleh Tomori Nao (Sakura Ayane) seorang gadis yang penuh teka-teki, akhirnya Nao memaksa Yuu beserta adiknya Ayumi (Asakura Momo) untuk pindah ke Akademi Hoshinoumi, sebuah sekolah untuk siswa berkemampuan khusus seperti dirinya. OSIS dari sekolah tersebut, yang dipimpin oleh Nao, secara diam-diam bertugas untuk menemukan para remaja berkekuatan lain agar tidak menyalahgunakannya kekuatan mereka, Yuu-pun dipaksa untuk bergabung kedalam pengurus OSIS. Bersama Nao dan temannya yang lain -Takajou Joujirou (Mizushima Takahiro) dan Kurobane Yusa/ Misa (Uchida Maaya)-, mereka menghadapi berbagai tantangan berat yang mana nantinya akan menuntun kepada sebuah kenyataan mengejutkan bahwa kemampuann yang ia miliki bukan hanya sekedar merasuki tubuh orang lain selama lima detik, tetapi jauh lebih kuat dibandingkan hal tersebut, jauh dari yang pernah ia bayangkan sebelumnya. 

Kelebihan

[AWAS SPOILER] - Alur yang cerdas, nilai lebih untuk seri ini. Naik lalu turun dan Naik lagi, terus seperti itu merupakan sebuah keunikan bagi 'Charlotte' dan tidak dipungkiri lagi jika ini merupakan salah satu anime remaja dengan cerita yang begitu mengejutkan. Bukan hanya itu, cerita yang mengandung plot twist yang tidak terduga menambah jajaran kelebihan anime ini, siapa yang tahu akan ada begini, meski sudah diberikan beberapa bocoran dari awal cerita namun kita tidak akan sadar akan hal tersebut hingga datangnya adegan plot twist ini. Selain hal-hal besar seperti itu, hal kecil seperti penyelesaian masalah tiap episode-nya seperti di bagian awal anime ini harus admin akui juga sebagai sesuatu yang menarik. Dan dari rangkaian kisah yang disajikan dalam anime ini hal yang paling mengejutkan bagi admin sendiri adalah kematian Ayumi. Siapa sangka karakter yang sepertinya akan baik-baik saja seperti dia akan berakhir (bukan berakhir juga sih) begitu. scene yang tak terduga tersebut cukup ajaib membuat penonton terhenyak sehingga ceritanya tidak terkesan membosankan, penilaian cerita yang awalnya hanya disekitaran 70 melejit langsung naik hampir ke 90, ditambah mengenai potongan kisah ke-frustasi-an Yuu yang merasa sebagai kakak yang gagal karena tidak dapat menyelamatkan nyawa adiknya, Ayumi menjadi salah satu deretan daya tarik untuk menonton anime ini.

Dalam penokohan yang diciptakan Maeda hal yang menarik adalah keputusannya untuk membuat karakter yang apa adanya. Sifat Yuu berhasil menunjukan bagaimana tipikal para remaja kebanyakan apabila mendapat kekuatan yang persis dimilikinya, yahh kalian pahamlah apa yang admin maksud. Namun sayangnya, selain daripada ini, sisanya sangat mengecewakan, akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah.

Dari segi desain karakter dan kualitas animasi, 'Charlotte' cukup unggul. Salah satu yang menarik perhatian admin adalah Kumagami Takehito (Takemoto Eiji), meski sudah tertebak bahwa jika rambutnya itu dibuka akan tampak karakter yang berbeda (red: Ikemen) namun tetap saja penggambarannya berhasil memenuhi ekspektasi admin untuknya. Begitupun karakter-karakter yang lain, tidak ada kesan "akh karakter yang A ini kok mirip dengan yang B" yang ditemukan dalam anime ini.

Kekurangan

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, unsur yang paling mengecewakan dalam 'Charlotte' adalah penokohan karakter-nya. Sifat karakter yang terlalu terkesan dibuat-buat sangat tidak cocok untuk anime dengan cerita yang serius seperti ini, sifat-sifat mereka yang terlihat seperti hanya untuk memuaskan penonton (red: fanservice) akan terlihat garing dan mengganggu bagi sebagian penonton yang lain, seperti kami. Begitu pula pengembangan karakter, selain Otosoka Yuu sang karakter utama, karakter lain terlihat sia-sia, bahkan banyak karakter yang seharusnya mendapatkan penggalian yang lebih dalam pada cerita ini, sebutlah gadis berkulit coklat yang tidak diketahui namanya itu yang berhasil melukai mata kiri Yuu, lalu 3 orang teman kakak Yuu, Otosaka Shunsuke (Ono Daisuke) yaitu: Medoki (Seto Asami), Maedomari (Hanae Natsuki) dan Sichino (Kawanishi Kengo), bahkan cerita mengenai Shunsuke sendiri-pun masih terasa begitu singkat dan terkesan mengabaikan karakternya terkhusus pada akhir cerita.

Bukan hanya sifat para karakter, beberapa adegan juga terkesan terlalu dibuat-buat untuk kalangan tertentu, namun untuk yang lain hal ini tampak membosankan dan payah, membuang-buang potensi cerita yang ada. Dan yang perlu diingat lagi, meski mengangkat tema Super Power, fokus utama 'Charlotte' adalah drama, jadi jangan berharap Yuu akan bertemu dengan musuh-musuh kuat yang akan mengimbangi kekuatannya dan pertarungan yang mengagumkan, tidak ada, tidak ada sama sekali hal-hal tersebut. Musuh yang muncul disini pun terasa tidak berguna, kurangnya penggalian latar belakang serta kemunculan yang tiba-tiba meruntuhkan reputasi cerita anime ini yang sudah terkesan mengagumkan menjadi payah.

Bagian akhir cerita terlalu diburu-buru, harusnya diekplorasi lebih dalam lagi, bukan hanya diselesaikan dalam satu episode, karena banyak potensi besar disana yang dapat membuat cerita anime ini lebih menarik lagi. Cotohnya, perubahan besar emosi Yuu ketika mengambil kekuataan para remaja seharusnya bisa dikemas lebih epik lagi, seperti pada saat kematian Ayumi, bukan hanya sama, bahkan potensi yang dimiliki bagian akhir ini jauh lebih baik daripada itu.

Kesimpulan

Meski dengan kekurangan yang terbilang cukup besar ini bukan berarti 'Charlotte' menjadi tidak menarik untuk dinikmati. Justru sebaliknya, anime ini memiliki cerita yang cukup menghibur dan menarik untuk terus diikuti. Dan bagi kalian yang menggemari 'Angel Beats' mungkin akan sedikit tersenyum ketika melihat episode 7 saat ada cameo dari anime ini yang muncul. Terakhir, untuk sound editing, ini tidak memiliki kesan yang berarti bagi admin dan hanya sedikit lebih baik dari rata-rata.

Berikut penilaian kami mengenai 'Charlotte': Cerita dan alur (8.1), penokohan karakter (7.2), desain karakter (8.6), kualitas animasi (8.5) dan sound (7.8). Dengan begitu rata-rata untuk anime ini adalah sebesar 8.0, menjadikannya cocok dan kami rekomendasikan untuk masuk ke dalam anime list kalian.

Charlotte (8.1
⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/150318) 

Comments