[Short Review] Charlotte: Tsuyoimono-tachi - Potensi Cerita Dari Seri Utama Disia-siakan Di Sini

Poster: P.A. Works/ Aniplex USA
Judul Alternatif: Charlotte: Orang-orang Kuat
Skor MAL: 7.56 (#1439)
Anifanscore: 88% (384/436) - Terbaik!
Penayangan: 30 Maret 2016
Parent Story: Charlotte
Studio: P.A. Works
Adaptasi: Original
Jenis: Episode Spesial
Jumlah Episode: 1 Episode (24 Men.)
Genre: School, Super Power.
Rating: R(13+) Remaja

Mengambil cerita Otosaka Yuu yang masih sibuk bersama Nao, Joujirou dan Yusa di OSIS sekolah mereka, dengan aneka rutunitas yang biasa mereka jalani, Kumagami datang membawa sebuah kabar mengenai seorang anak berbakat lain, mereka langsung terlibat untuk mencegah anak tersebut menyalahgunakan kekuatan yang dimilikinya, fokusnya adalah seorang pembaca pikiran, yaitu  gadis kecil bernama Sekiguchi Iori (Minase Inori) yang terlihat depresi dengan kekuatannya tersebut. Dan di saat mereka mencoba mendekati Iori, mereka menyadari bahwa kekuatan gadis ini bukan hanya membaca pikiran saja, tapi lebih daripada itu, hal ini-lah yang menyebabkan dirinya merasa terkucilkan dari orang-orang di sekitarnya karena dengan keberadaanya diantara mereka akan menimbulkan perselisihan ataupun pertengkaran.

Dengan kekuatan yang cukup merepotkan ini, sebagai ketua Nao memutuskan bahwa dia dan Yuu sajalah yang akan menyelesaikan masalah si gadis tersebut. Mereka berdua-pun mulai mendekati Iori dan mendengarkan cerita mengenai masalah kekuatan yang dimilikinya ini. Dan setelah mengetahui bahwa masalah utama yang menyebabkan Iori merasa depresi dengan kekuatannya adalah putusnya persahabatan antara dirinya dengan temanya Honoka (Lynn), mereka berdua-pun berusaha untuk menyelesaikan masalah ini, dimana pada akhirnya mereka harus mendengar pernyataan yang cukup menyedihkan dari Honoka tentang Iori, akankah Nao dan Yuu berhasil memperbaiki hubungan mereka berdua?

Kesimpulan


Ekpektasi admin sebelum menonton episode spesial ini sebenarnya cukup tinggi, karena mungkin saja yang ditampilkan akan mengambil latar setelah kejadian di seri utama, apalagi memang serialnya berjudul "Orang-orang Kuat". Namun ternyata tidak, yang ditampilkan malah seperti episode filler yang mengambil latar sebelum arc final di seri utama, seketika runtuh harapan admin akan episode spesial ini. Padahal potensi cerita pasca seri utama lebih besar, Yuu dengan kekuatan yang sangat besar dalam dirinya dapat dijadikan berbagai cerita yang menarik, mulai dari apa yang akan dia lakukan dengan kekuatan tersebut atau mungkin cerita mengenai dirinya yang ingin lepas dari semua kekuatan ini layaknya remaja-remaja lain yang telah bebas dari kekuatan mereka.

Dan lagi ada sebuah miss pada animasinya, yang mana pada sebuah adegan terlihat Tomori dan Yuu berdiri diatas aspal sedang mengobrol bersama Honoka, namun pada adegan berikutnya posisi mereka sudah berdiri diatas rumput, padahal mereka tidak beranjak sedikitpun dari posisi sebelumnya. Hal ini membuat kekecewaan admin sedikit bertambah pada episode spesial ini. Selain mengenai cerita dan kualitas animasi, sisanya masih sama seperti penilaian admin sebelumnya, tidak begitu banyak yang berubah.

Dengan begitu, sebagai bentuk kekecewaan kami, inilah penilain mengenai episode spesial 'Charlotte': Cerita dan alur (6.3), penokohan karakter (7.3), desain karakter (8.6), kualitas animasi (7.5) dan sound (7.8). Dengan begitu rata-rata yang dimilikinya adalah sebesar  7.5. Bagi kalian yang masih ingin melihat petualangan Yuu dkk tanpa memikirkan inti cerita, maka silahkan, tontonlah, mungkin kalian akan menyukainya. Namun jika kalian tipe yang kurang begitu suka episode filler, yah lebih baik jangan, cari yang lain saja.

Charlotte: Tsuyoimono-tachi (7.5)
⭐⭐⭐

(Bekaa/170318) 

Comments