[Short Review] Working!!! - Romansa Sebagai Penutup yang Sempurna

Gambar: Aniplex USA, A-1 Pictures

Skor MAL: 8.13 (#404)
Anifanscore: 87% (197/226) - Terbaik!
Perilisan: Musim Panas 2015
Penayangan: 5 Jul. - 27 Sep. 2015
Prekuel: Working'!!
Sekuel: Working!!!: Lord of Takanashi (Special)
Studio: A-1 Pictures
Adaptasi: 4-koma Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 13 episode (24 men.)
Genre: ComedyRomanceSeinenSlice of Life.
Rating: R(13+) Remaja

Karena kisah-kisah yang berhubungan dengan Wagnaria kini hampir berakhir, maka dipastikan restoran keluarga ini akan menjadi semakin gila dari sebelumnya. Entah itu karena kisah romansa yang canggung, pencarian istri yang tak kunjung datang atau bahkan reuni keluarga yang tampak tak menyenangkan.


Inilah kisah si pecinta hal mungil Takanashi Souta beserta teman-temannya yang aneh. Mulai dari si senpai kecil Popura, si phobia cowok Inami hingga gadis pembawa katana Todoroki. Maka nikmatilah "Working!!!" ini sebagai porsi terakhir dari berbagai tingkah laku konyol para karyawan dari restoran keluarga semua orang, Wagnaria!.

Review Singkat

Dibuka dengan adegan penyambutan tamu yang selalu konsisten sejak episode pertamanya membuat kami sedikit bersemangat untuk melanjutkan seri ini yang sempat kami tinggalkan selama sebulan sejak menonton musim keduanya. Dan apa yang kami dapati dari musim ketiga adalah sebuah perubahan yang semakin besar dan baik, entah dari segi cerita atau animasi-nya. Hal ini patut diwajarkan juga, karena perbedaan jarak yang cukup jauh dengan musim sebelumnya.

Maya-chan, favorite charater admin di ini seri

Nah pada cerita, segala aspek yang dibutuhkan padanya lumayan naik tingkat. Mulai dari komedi yang makin kesini makin mantep, kesan garing yang sempat kami dapati di musim pertama kayak terlupakan begitu jadinya. Contoh yang paling simpel aja deh, yang pembicaraan antara Izumi dengan si mba penyuntingnya, gak sempat kepikir bahwa ujung-ujungnya bakal seperti itu. Belum lagi para karakternya yang digambarkan pada versi chibi dan selalu membantu komedi-nya untuk semakin hidup dari musim pertamanya.

Jadilah pria seperti Satou

Dan untuk cerita, khusus romansa-nya, musim ini kali ini fokus-nya semakin jelas, mengingat ceritanya yang juga memang semakin serius sih. Dan jelas, ini membuatnya semakin menarik, dengan cara berbeda. Namun, diantara hubungan Inami x Takanashi dengan Todoroki x Satou, yang semakin melesat ke depan adalah yang nomor dua ini. Todoroki dan Satou yang semula canggung dan hanya saling memendam perasaan ini akhirnya sampai kepada titik temu yang membahagiakan. Kisah menuju kesananya-pun sangat menarik dan lucu pastinya, seperti hubungan segitiga mereka dengan mba manajer, Kyouko yang konyol banget. Malahan, di sini kita diberikan flashback yang akan menjelaskan tentang bagaimana hubungan antara Kyouko dan Todoroki ini. Untuk Inami x Takanashi, nanti akan kami jelaskan selanjutnya.

Selain romansa, kisah lain seperti masalah Yamada dengan keluarganya serta Otoosan dengan istrinya yang suka hilang-hilangan juga tak kalah seru untuk ditonton. Dan di sini juga, jepit rambut Inami semakin lucu, hahaha, hal kecil yang menarik.

Dua orang biang masalah

Untuk animasi, seperti yang kami katakan tadi, setelah empat tahun sejak perilisan musim kedua-nya, A-1 Pictures memberikan kembali seri 'Working!!' kepada para penontonnya dengan kualitas animasi yang lebih baik lagi. Karakternya terlihat lebih indah dan animasi-nya pun tak sekaku dua musim sebelumnya. Dan untuk sound, hal ini terlihat lebih baik, detailnya lumayan kerasa, bahkan pada episode spesial efek ketakutan yang diiringi dengan suara detakan jantung membuat-nya terlasa lebih nyata, cuman sayangnya opening soundtrack-nya saja yang tak sengebeat pendahulunya.

Review Special Episode

[AWAS SPOILER!] - Akhirnya direstui juga

Setelah tiga musim berjalan, ini adalah langkah terbaik untuk menutup perjalanan yang cukup panjang ini. Berdurasi sekitar 49 menit dengan cerita yang lebih terfokus pada satu hal membuatnya menjadi episode terbaik pada seri ini. Full romance bisa dibilang, perjuangan antara dua insan yang saling mencintai tapi terhalang oleh keinginan orang tua lalu diiringi komedi yang segar, gak garing dan yang paling ngakak dari semuanya menjadi alasan kenapa dibilang begitu. Dan di sini, misteri yang selama ini ada di benak admin juga sedikit terjawab, yakni si Nazuna, sifatnya keluar banyak, ia yang tampak polos ternyata adalah seorang penakluk aka conqueror, huhu. Oh iya, terakhir, jangan lupakan bahwa disini ada plot twist yang tak diduga-duga.

Kesimpulan

Selamat tinggal keluarga Wagnaria!

Seperti judul, penutup yang sempurna. Sebagai anime romance-comedy, working termasuk yang terbaik menurut kami. Bahkan, pemilihan tempat kerja sebagai latar romansa remaja adalah sesuatu yang tak biasa yang membuatnya berbeda dari yang lain. Yang mana biasanya genre ini lebih banyak berkutat dengan sekolah sebagai setting-nya. Namun, jika kalian menonton cuman musim pertama atau keduanya saja, tentu belum cukup. Kalian harus menontonnya hingga akhir. Seluruh keempat puluh episode-nya tanpa terkecuali agar sempurnanya cerita yang kalian dapatkan.

Sebagaimana biasanya, berikut penilaian kami untuk 'Working!!!': Storyline (7.9), character (7.9), art (7.8), sound (7.4) dan enjoyment (8.4). Dengan begitu nilai rata-rata yang didapatkan adalah sebesar 7.9 menjadikannya musim terbaik dan pastinya kami rekomendasikan untuk kalian tonton... Setelah menonton 2 musim sebelumnya pastinya.

Working!!! (7.9)
⭐⭐⭐⭐



(Bekaa/251118)

Comments