[Anime Revie] Hansaku Iroha - Anime Slice of Life Santai Khas P.A. Works yang Lain

Foto: NIS America, Inc./ P.A. Works
Skor MAL: 8.01 (#542)
Perilisan: Musim Semi 2011
Penayangan: 3 Apr. - 25 Sep. 2011
Side Story: Hanasaku Iroha: Home Sweet Home
Studio: P.A. Works
Adaptasi: Original
Jenis: Animasi TV
Episode: 26 Episode (24 Men.)
Genre: Slice of Life, Drama, Comedy.
Rating: R(13+) Remaja

Matsumae Ohana (Itou Kanae) adalah seorang gadis periang dan enerjik yang tinggal di Tokyo bersama sang ibu yang tak kalah heboh dari dirinya, Matsumae Satsuki (Honda Takako). Tiba-tiba, pada suatu malam, ibunya memutuskan untuk kabur, melarikan diri bersama kekasihnya dari penagih utang. Karena hal ini, Ohana dituntut untuk hidup mandiri sebagaimana yang selalu dikatakan ibunya "Bergantunglah pada dirimu sendiri!". Ia dikirim oleh ibunya ke sebuah penginapan kecil di pedesaan yang dikelola oleh ibunya, neneknya Ohana. Dengan berbagai hal baru yang ia temukan di sini, yang awalnya ia anggap bagaikan di negeri dongen, Ohana dituntut untuk terus menghadapi segala ujian dan tantangan dalam pekerjaanya kini yang sebagai pelayanan di penginapan tersebut. Ia bertemu dengan banyak orang-orang yang menarik, entah itu di sekolah ataupun di penginapan itu sendiri.


Cerita dan Alur

[AWAS SPOILER] - Sebagai salah satu karya dari studio animasi yang cukup terkenal dengan Slice of Life original-nya, 'Hanasaku Iroha' adalah pembuka yang baik. Dengan cerita yang ringan dan dapat dinikmati dengan mudah, serta ditambah dengan sedikit bumbu romansa, kisah yang diberikan terbilang menarik. Perjuangan sang karakter utama yang keras kepala hingga terkadang mampu menggerakkan hati orang lain untuk simpati kepada dirinya adalah salah satu alasan kenapa anime ini dapat dikatakan begitu. Belum lagi ending-nya yang terbilang sedikit tidak biasa, dengan akhir yang cukup memilukan namun tetap dapat membuat kita penonton berbahagia karenanya. Satu lagi tambahan untuk kelebihan anime ini adalah suasana di dalamnya yang diceritakan dengan begitu baik, kita akan paham bahwa jika para karakter sedang kepanasan, kesibukan mereka serta suasana malam hari dan siang mereka semua terasa cukup nyata, berbeda dengan anime lain (oke ini agak lebay).

Sedikit bumbu romansa menambah kelezatan anime ini

Meski begitu, tetap saja ceriya 'Hanasaku Iroha' belum dapat dikatakan sempurna, ada beberapa potensi cerita yang lumayan namun hanya ditampilkan sedikit dan tidak digali jauh lebih dalam lagi. Mengambil contoh adalah cerita mengenai persaingan antara asosiasi penginapan terhadap hotel yang baru dibangun di wilayah tersebut, yang mana mereka berhasil meraih banyak tamu dengan cara yang terbilang licik.

Penokohan Karakter

Karakter nenek pemarah yang sering ditemuin dalam original P.A. Works
Dengan cukup banyak karakter yang ditampilkan, anime ini berhasil memanfaatkan mereka dengan cukup baik. Meski tidak menyeluruh, namun sebagian besar karakter memiliki porsi tersendiri yang menceritakan kisah pribadi mereka yang akan membantu kita sebagai penonton untuk lebih memahami bagaimana mereka. Ciri khas anima Slice of Life P.A. Works juga ada disini, apalagi kalau bukan nenek pemarah yang sukanya menolak pemikiran para pemuda namun diam-diam terkadang ikut membantu mereka. Terakhir ada satu hal yang agak admin kurang suka pada penokohan karakternya, pada sang tokoh utama, Ohana diperlihatkan terlalu berpikir positif dan selalu polos, hingga membuatnya tampak seperti melecehkan citra perempuan. Hal ini terlihat jelas pada jika kalian melihat pada awal cerita saat ada konflik dengan tamu di Kamar Ombak.

Desain Karakter

Mengingat anime ini keluaran 7 tahun yang lalu, dan apabila dibandingkan dengan anime yang keluar di saat yang sama, desain yang dimilikinya terbilang baik. Karakter-karakternya digambarkan dengan begitu indah dengan kesan pada garis-garisnya yang lebih lembut dari anime yang lain (2011 kebawah) adalah kelebihan mutlak yang dimiliki anime ini. Meski begitu, kesan sedikit kaku pada garis-garisnya juga masih sedikit tampak, namun bukan menjadi masalah besar. Jika dilihat ulang, desain karakter 'Hanasaku Iroha' bagaikan transformasi yang jelas dari desain ala 90-an yang kaku ke desain karakter ala anime masa kini yang memiliki garis yang lembut.

Kualitas Animasi

Melihat dari studio yang menggarapnya, maka bisa dipastikan kualitas anime ini tidak dapat dikatakan cukup bagus, harus lebih dari itu. Sedikit hal yang kami suka dari anime keluaran P.A. Works adalah penggunaan 3DCG yang sangat minimal. Mereka lebih menonjolkan sisi 'anime'-nya, yang menjadikan ciri khas tersendiri miliknya yang sangat admin sukai.

Sound


Yang paling menonjol dari segi sound apalagi kalau bukan vokalis soundtrack-nya, nano.RIPE hampir menyanyikan seluruh opening maupun ending anime ini. Belum lagi dia sempat menjadi cameo pada salah satu karakter yang muncul di dalam cerita. Sebuah ide yang menarik dan cukup cerdas dari P.A. Works. Oh iya, untuk sound editing/ effect bisa dikatakan baik, semua tertata rapih meski belum tergolong spesial.

Kesimpulan

Hanasaku Iroha, Shirobako dan Sakura Quest (kalo ada yang lain, tolong komen yah) adalah sabagian contoh anime SoL original buatan P.A. Works yang dapat kami rekomendasikan kepada kalian untuk mencoba menontonnya. Dengan mengangkat tema yang hampir sama, wanita muda yang berjuang dalam dunia kerja, anime-anime ini memiliki cerita ringan yang sangat cocok dinikmati untuk menemani waktu santai kita. Tingkah laku para karakter utama di anime-anime ini yang begitu postif juga dapat memberikan semangat baru bagi kalian, dijamin deh.

Baiklah, berikut nilai yang kami berikan bagi 'Hanasaku Iroha': Cerita dan alur (7.7), penokohan karakter (7.6), desain karakter (8.0), kualitas animasi (7.9), dan sound (8.5). Dengan begini rata-rata yang didapatkannya adalah sebesar 7.9. Seperti yang kami katakan di atas, 'Hanasaku Iroha' termasuk ke dalam anime-anime yang kami rekomendasikan.

Hanasaku Iroha (7.9)
⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/110618)

Comments