[Anime Review] GATE II - "Kalau Itami, Apa yang Akan Dia Lakukan?"

Foto: Sentai Filmworks/ A-1 Pictures
Judul Lengkap: Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri 2nd Season
Judul Alternatif:  Gate: Thus the JSDF Fought There! 2nd Season, (Gate: Demikianlah Pasukan Pertahanan Jepang Bertempur! Season 2)
Skor MAL: 7.91 (#675)
Perilisan: Musim Dingin 2016
Penayangan: 9 Jan. - 26 Mar. 2016
Prekuel: GATE I
Studio: A-1 Pictures
Adaptasi: Novel
Jenis: Animasi TV
Jumlah Episode: 12 Episode (23 Men.)
Genre: Action, MilitaryAdventureFantasy.
Rating: D(18+) Dewasa

Beberapa bulan telah berlalu sejak Insiden Ginza, di "Wilayah Khusus" negosiasi damai antara Kekaisaran dengan JSDF sedikit meningkatkan ketegangan pada kedua belah pihak. Sedangkan di dunia nyata, keserakahan dan rasa ingin tahu dari para elit global juga mulai tumbuh, karena laporan mengenai wilayah khusus yang sedikit mengusik mereka, mulai dari peradabannya yang kuno, keterbatasan teknologi serta kekuatan magis mereka yang belum terungkap.


Sementara itu, Letnan Itami Youji (Suwabe Junichi) bersama para pengagumnya yang penuh semangat berjuang di tempat lain untuk menavigasi intrik politik yang kompleks yang menimpa Istana Kerajaan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diingankan. Meskipun sudah membantu dengan segala upaya terbaiknya, Putri Piña (Tomatsu Haruka), putri kekaisaran yang menjadi mediator perdamaian menghadapi kesulitan dalam usahanya meyakinkan sang ayahanda bahwa JSDF tidak memiliki niat untuk menaklukkan Kekaisaran mereka. Dengan begitu banyaknya tekanan dari kedua sisi Gerbang, Itami-pun harus mempertimbangkan tindakan yang lebih drastis lagi demi memenuhi misinya ini.

Review Singkat  

Apa yang kami temukan pada awal-awal menonton musim kedua dari GATE adalah kualitas ceritanya yang semakin meningkat dengan berisikan berbagai konten-konten berat serta sedikit explicit, yang juga semakin memperjelas bahwa anime ini ditujukan untuk siapa. Selain muatannya yang semakin "berbobot", ceritanya juga berisikan cukup banyak konten sensitif seperti perbudakan, pemerkosaan, dan prostitusi, hingga membuat kami sedikit berpikir "Kok jadi berasa nonton Game of Thrones sih". Sedikit kekurangan darinyaa hanyalah pada ending yang tidak begitu 'Wah', rasa mengganjal menjadi muncul karena hal tersebut.

Selain kualitas cerita yang meningkat, penokohan karakternya pun dapat dikatakan demikian. Itami yang sebelumnya hanya ditampilkan terlalu 'biasa' di sini tampak ia lebih beribawa, sehingga kesan kuat pada karakternya semakin bertambah. Beberapa karakter-karakter lain juga memilki screentime lebih banyak di sini jika dibandingkan dengan musim sebelumnya. Dan tentu saja, beberapa karakter baru tidak ketinggalan diperkenalkan di sini. Terakhir, mengingat ini adalah kelanjutan dari musim sebelumnya, tentulah GATE memiliki desain karakter dan kualitas animasi yang sedikit lebih baik.

Kesimpulan

Berikut penilaian kami mengenai musim kedua dari anime GATE: Cerita dan alur (8.7), penokohan karakter (8.6), desain karakter (7.1), kualitas animasi (8.1) dan sound (7.4). Dengan begitu rata-ratanya adalah sebesar 8.0. Jauh lebih dibandingkan dengan sebelumnya, karena itulah anime ini wajib masuk ke dalam daftar tontonan kalian!

Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri 2nd Season (8.0)

(Bekaa/70618)

Comments