[Anime Review] Summer Wars - Ketika Sebuah Dunia Fantasi menjadi Unsur Penting dalam Kehangatan Sebuah Keluarga

Gambar: Funimation/ Warner Bross./ Madhouse
Judul Alternatif: Peperangan di Musim Panas
Skor IMDb: 7,6/10
Skor MAL: 8.22 (#294)
Penayangan: 1 Agustus 2009 (Jpn.)
Sutradara: Hasoda Mamoru
Studio: Madhouse
Jenis: Movie
Adaptasi: Original
Durasi: 1 jam 54 men.
Genre: Sci-Fi, Action, Comedy.
Rating: R(13+) Remaja

OZ, adalah sebuah dunia virtual yang begitu populer di seluruh dunia sebagai tempat bagi orang-orang untuk melakukan berbagai macam kegiatan, mulai dari olahraga, game online, belanja hingga melakukan berbagai macam pekerjaan melalui avatar yang dapat dikustomisasi oleh penggunanya. OZ juga dikenal memiliki keamanan super ketat dengan enkripsi rumit yang membuatnya sulit untuk tertembus, memastikan bahwa setiap data pribadi yang dikirimkan oleh para pengguna akan disimpan dengan aman tanpa harus takut bocor ke tangan yang salah. Karena penggunaannya yang mudah, kini mayoritas masyarakat menjadi sangat bergantung pada dunia virtual ini, bahkan sampai mempercayakan sistem satelit tak berawak, Arawasi dalam proses pengembaliannya ke permukaan bumi.


Selain itu, di dunia nyata, Koiso Kenji (Kamiki Ryonossuke), yang merupakan seorang siswa jenius dalam bidang matematika dan bekerja paruh waktu sebagai moderator pada sistem OZ diundang oleh wanita yang ditaksirnya Shinohara Natsuki (Sakuraba Nanami) untuk ikut bersamanya selama liburan musim panas ini. Tapi tanpa sepengetahuannya, ajakn ini mengharuskannya untuk berpura-pura menjadi tunangan Natsuki. Tak lama setelah tiba di rumah keluarga Natsuki yang tampak sibuk untuk mempersiapkan ulang tahun ke-90 kepala keluarganya, dia menerima sebuah pesan dari orang yang tak dikenal yang menantangnya untuk menyelesaikan kode aneh yang ada di dalamnya. Kenji mampu memecahkan kode tersebut, tetapi karena keahlian matematikanya ini telah menempatkan Bumi dalam bahaya besar.

Cerita dan Alur

Shock moment yang akan mengembangkan jalan cerita ke depannya
[AWAS SPOILER] - Ready Player One, hahaha. Oke kesampingkan dulu hal ini, secara keseluruhan apa yang dikisahkan dalam anime movie ini adalah sebuah harmoni yang luar biasa dengan berbagai unsur menakjubkan yang dapat membuat hati para penontonnya untuk ikut tergerak. Semua ketegangan, kepanikan, haru dan duka yang dialami para tokohnya terasa begitu nyata hingga mampu membuat diri ini ikut berempati merasakan segala hal yang dialami mereka. Rasa kehangatan dan keakraban kekeluargaannya juga sama baiknya, yang dapat membuat kita senyum-senyum sendiri melihat interaksi yang begitu instens para karakter yang ada dengan berbagai kelebihan dan kekurangan mereka masing-masing. Dan kematian Jinnoichi Sakae (Fuji Sumiko), nenek Natsumi sekaligus kepala keluarga klan Jinnoichi adalah representasi yang tepat untuk kedua hal tadi, kematiannya yang membawa sedikit suasana heartwarming dan shock mampu menjulur ke benak kita sebagai penonton bukan hanya karakter-karakter anime ini sendiri.

Lanjut ke konsep cerita, dengan genre Sci-Fi yang dibawakannya, 'Summer Wars' masih belum mampu menggali secara mendalam hal tersebut. Salah satu penyebabnya adalah karena fokus mereka yang terpecah antara dunia virtual yang penuh akan fantasy sci-fi dan dunia nyata dengan drama dan romance-nya, sehingga kedua hal tersebut diceritakan dengan tanggung dan masih menyisahkan sedikit rasa penasaran di hati para penonton. Bahkan OZ sendiri, tampak masih belum cukup untuk dikatakan sebuah dunia virtual dengan segudang fitur-fitur yang mencengangkan. Yah meski begitu, secara keseluruhan bisa admin katakan cerita dari Summer Wars adalah sesuatu yang cerdas yang akan memberi kita kenikmatan dari awal hingga akhirnya.

Penokohan Karakter

Penampilan kedua King Kazma dengan rambut kuning emo-nya
Meski 'Summer Wars' ini adalah sebuah film dengan durasi waktu yang amat terbatas, Hasoda Mamoru mampu mengatur sedemikian banyak karakter yang ada yang muncul dalam kisah anime ini. Dengan tidak menaruh fokus yang berbelebihan pada karakter utama, Hasoda-san dengan hebatnya men-develope karakter-karakter lain sehingga terjalin hubungan yang kuat antar mereka sebagaimana  yang telah kami sebutkan sebelumnya. Namun sayangnya, untuk latar belakang, meski ditampilkan dengan cukup apik, namun karena terlalu ringkas belum berhasil menanamkan kesan yang mendalam bagi kita, para penonton.

Design Karakter

Salah satu karakter anime yang memukau bagi admin pribadi
Sebagaimana anime karya Hasoda-san yang lain, kita sudah dapat membayangkan bagaimana bentuk dari karakter-karakter yang muncul dalam film ini. Namun hal lain yang membuat-nya menjadi lebih istimewa, yaitu design avatar-avatar dalam OZ. Dengan berbagai bentuk yang dimunculkan menjadikannya salah satu dari sekian banyak hal menarik dari anime ini. Mulai dari avatar yang paling sederhana hingga yang rumit dan keren seperti Love Mechine dan Natsuki sendiri, membuat kita terpukau akan keindahan yang ditampilkan di depan mata kita ini.

Kualitas Animasi

Kontras warna yang memukau dari dunia OZ
Masih dengan keciri khas-an dari sang sutradara, kualitas animasi 'Summer Wars' terbilang cukup memukau. Dan di sini, hal tersebut dibagi menjadi dua, pertama dalam dunia nyata dan kedu dunia virtual. Untuk dunia nyata sendiri kualitasnya tidak dapat dipandang sebelah mata, detail yang diberikan sangatlah baik untuk kelas sebuah anime movie. Dan untuk dunia virtual, atau dunia OZ-nya, pewarnaan yang dilakukan terhadapnya membuat mata ini terpana, suka banget. Meski kekontrasannya terbilang tinggi, namun tidak membuat sakit mata ketika menontonnya, malah membuat diri ini terkagum akan hal tersebut.

Sound

Baik, pastinya. Sangat baik malah. Detail yang diberikan kepadanya amat memuaskan, terutama pada fight scene-nya, yang dengan bantuan sound effect yang detail, membuat kita mampu untuk lebih menikmati semua adegan-adegan tersebut.

Kesimpulan

Bagi admin sendiri, dari karya-karya Hasoda Mamoru yang sudah admin tonton, seluruhnya memiliki makna mendalam yang dapat kita petik untuk dijadikan pelajaran dalam hidup ini. Dan 'Summer Wars' termasuk daripada hal tersebut. Di sini kita diajarkan tentang tanggung jawab akan segala hal yang telah kita lakukan, kita harus berani menerima konsuekuensi apabila dari apa yang telah kita lakukan akan menyebabkan luka pada orang-orang yang ada di sekitar kita. Hal ini bisa kita lihat pada beberapa karakter dalam film ini, seperti Kenji, Kazuma dan pencipta sang pencipta Love Machine, Jinnoichi Wabisuke.

Selanjutnya, berikut penilain SanCinema untuk 'Summer Wars': Cerita dan alur (9.0), penokohan karakter (9.1), desain karakter (9.1), kualitas animasi (8.3) dan sound (8.5). Dan rata-rata yang diperolehnya adalah sebesar 8.8. Dengan nilai sebesar ini sudah pastinya, admin merekomendasikan 'Summer Wars' bagi kalian, anime movie ini wajib masuk kedalam watching list kalian yang belum menontonnya. Dan bagi kalian yang memiliki pendapat tersendiri tentang film ini, jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar yak!

Summer Wars (8.8)
⭐⭐⭐

(Bekaa/250618)

Comments